Kamis, 27 Oktober 2022

Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Sudah Coba yang Mana?

Mencari cuan melalui blog kini bukan hal yang asing lagi. Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang efektif itulah yang banyak dicari. Jika kamu adalah blogger pemula maka artikel ini akan membantu kamu mendapatkan cara yang tepat. 

Kunci keberhasilan mendapatkan uang dari blog adalah kamu harus rutin mengisi konten, memperluas wawasan dan terus aktif di komunitas. Tanpa ketiga hal tersebut kamu akan sulit menaikkan trafik dan mendatangkan uang. Soal cara lebih detail yang bisa kamu lakukan bisa simak di sini. 

10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Wajib Dicoba 

Sumber penghasilan seorang blogger sangatlah banyak. Mulai dari endorsement, afiliasi, webinar, dan masih banyak lagi. Nah supaya kanal-kanal untuk mendapatkan uang tersebut aktif maka kamu harus melakukan beberapa hal. 

Mulai dari bagaimana cara membuat blog yang bagus hingga mendatangkan klien untuk mau bekerja sama. Khususnya kamu yang sedari awal belum memiliki pengetahuan mengenai soal blog. 

Sepuluh cara ini bisa kamu ikuti perlahan dan dengan tekun supaya kegiatan blogging mu dapat menghasilkan. Apa saja caranya bisa kamu cek berikut ini. 

1. Persiapkan Blog yang Memberikan Manfaat dan Solusi 

Meskipun ada banyak tujuan orang membuat blog untuk mendapatkan uang, namun jangan pernah lupakan soal manfaat yang akan didapatkan oleh pengunjung. Layaknya pedagang, dalam blog yang kamu jual adalah konten. 

Pastikan bahwa kamu membuat blog yang menarik, memberikan manfaat serta solusi. Hal ini bisa kamu tentukan dari niche blog. Contohnya saja kamu ingin mengulas mengenai serba serbi teknologi di dunia. 

Nah pastikan bahwa semua konten yang kamu buat berhubungan dengan teknologi. Bukan sekedar informasi berupa berita teknologi tetapi juga tutorial atau cara menggunakan teknologi. Konten yang bermanfaat pasti akan dicari sehingga kamu lebih mudah mendapatkan banyak pengunjung. 

(Baca Juga : 5 Hal yang perlu Disiapkan dalam Membuat Blog, Catat dan Terapkan)

2. Menentukan Nama Domain yang Mudah Diingat

Lebih baik lagi jika kamu menyesuaikan nama domain dengan isi konten. Tujuannya agar pengunjung langsung teringat akan blog yang kamu buat setelah membaca isinya. Keserasian antara nama domain dan niche ini membutuhkan kreativitas yang tajam. 

Contohnya melanjutkan blog tentang teknologi, kamu bisa membuat nama domain seperti www.tekno123.com atau www.tech123.com. Nama domain ini selain harus sesuai dengan niche juga mudah diingat. Membuat nama domain dari satu kata akan jauh lebih mudah diingat daripada lebih dari dua kata. 

(Baca Juga : Pengertian Apa Itu Domain Rating dan Cara Meningkatkannya)

3. Membuat Artikel yang SEO Friendly 

Tidak jarang blogger yang kebablasan menulis tanpa memperhatikan aspek SEO nya. Kamu sebagai pemula harus tahu dulu apa itu artikel SEO friendly. Artikel ini ditulis sesuai dengan optimasi mesin pencari atau SEO. Tujuannya agar tulisan dapat terindex dan muncul di mesin pencari seperti Google. 

 Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan mulai dari pemilihan kata kunci dan penempatannya, search intent, dan masih banyak lagi. Selain artikel SEO friendly kamu juga harus memperhatikan strategi SEO secara keseluruhan. Baik itu kinerja situs, kualitas konten dan strukturnya. 

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini dia Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya)

4. Menciptakan Kedekatan terhadap Pengunjung 

Blogger juga harus membuat kedekatan yang baik terhadap pengunjung atau pembaca. Kamu mungkin sudah berhasil mendatangkan trafik dari penulisan artikel friendly. Namun kamu juga harus bisa menjaga agar jumlah pengunjung tersebut terus meningkat

Triknya adalah dengan menciptakan kedekatan. Dalam sebuah blog penting untuk memberikan kolom komentar yang menjadi ruang interaksi. Pastikan kamu selalu membaca dan membalas komentar yang masuk. Begitu juga dengan email yang merespon artikel baik itu positif maupun negatif. 

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

5. Jangan Lupa untuk Mendaftar di Google AdSense 

Iklan merupakan salah satu sumber penghasilan blogger. Kamu bisa mendapatkannya setelah mendaftar terlebih dahulu melalui Google AdSense. Salah satu layanan dari Google ini sangat membantu pemilik blog untuk bisa mendapatkan cuan dari iklan dengan sistem pay per click (PPC). 

Biasanya iklan yang muncul ini akan disesuaikan dengan niche blog. Jadi memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan target pembaca juga. Jika niche blog kamu jelas, trafik tinggi maka akan semakin banyak iklan yang dipasang menghasilkan uang. 

(Baca Juga : Simak Daftar Istilah dalam Google AdSense yang Perlu Dipahami)

6. Membuat Akun Media Sosial 

Tidak hanya meningkatkan kualitas blog dari dalam, kamu juga perlu menambah trafik dari SEO offpage salah satunya adalah media sosial. Peran media sosial kini sangat besar karena ada banyak penggunanya. Di sinilah yang harus bisa memanfaatkannya. 

Buat akun media sosial dan terus upload konten dari blog. Lebih baik lagi jika kamu bisa mengemas konten blog di sosial media dengan menarik. Misalnya kamu membuat akun Instagram, maka membuat infografik dan mengarahkan pengguna IG untuk mengunjungi blog bisa jadi trik yang cukup ampuh. 

(Baca Juga : 5 Cara Optimasi SEO Off Page yang Mudah Dilakukan Pemula)

7. Membuat Artikel Ulasan Produk 

Mengulas produk juga menjadi sumber penghasilan para blogger. Awalnya mungkin belum ada yang tertarik untuk memasang content placement atau review produk di blog kamu. Oleh karena itulah kamu bisa mengulas produk terlebih dahulu secara free. 

Semakin menarik pengunjung pada artikel ulasan tersebut bisa menjadi penawaran yang menarik kepada produk lainnya. Jika trafik ulasan tersebut tinggi sudah pasti akan ada banyak yang ingin memasang iklan berupa artikel ulasan produk di blog milikmu. 

(Baca Juga : Kenapa Blog Ga Muncul di Google? Cek Alasan dan Solusinya)

8. Berjualan Produk yang Bermanfaat 

Cara lain agar blog menghasilkan adalah dengan berjualan. Blog menjadi media marketing yang tepat untuk menawarkan produk bermanfaat yang kamu miliki. Misalnya saja kamu memiliki bisnis percetakan maka kamu bisa menawarkan jasa tersebut melalui blog. 

Sebagian besar pebisnis kini telah memanfaatkan blog sebagai bagian dari marketing online. Kamu bisa mendapatkan konsumen baru dari blog. Bahkan jika blog tersebut berhasil, bisa juga menawarkan jasa pembuatan blog kepada pebisnis lain. Hal ini  membuat peluang usaha baru yang bisa kamu dilakukan.

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

9. Rajin Mengikuti Lomba

Perlombaan blog saat ini ada begitu banyak, hadiahnya pun bisa sampai jutaan. Kesempatan ini tentu tidak boleh dilewatkan. Banyak juga blogger yang kerap menjadi pemenang di berbagai ajang. Kuncinya adalah menulis artikel yang menarik sesuai ketentuan lomba dan memperoleh trafik tinggi. 

Kamu bisa berhasil selama bisa membuat konten berkualitas, menjalankan SEO dan rutin mengikuti lomba apapun. Namun pastikan juga bahwa lomba tersebut sesuai dengan niche blog kamu ya. 

(Baca Juga : Manfaat Internal Link Building yang Tidak Boleh Disepelekan)

10. Menjadi Pembicara

Hal ini kerap dilakukan oleh blogger-blogger yang sudah melambung trafiknya. Tidak sedikit ajakan untuk menjadi pembicara di berbagai acara seperti webinar. Kamu yang sudah dianggap profesional di bidangnya bisa mendapatkan tawaran ini. 

Biasanya didapatkan dari perusahaan penyedia domain dan hosting atau yang berhubungan dengan niche blog. Kamu yang selama ini sering mendapatkan content placement bisa juga memperoleh tawaran ini dari klien. 

Setelah melihat semua cara menghasilkan uang dari blog ini, kunci paling penting adalah mendapatkan trafik tinggi terlebih dahulu. Ketika blog sudah memiliki trafik tinggi akan lebih mudah untuk mendapatkan tawaran pemasangan iklan sampai menjadi pembicara webinar. 

Tentunya perlu usaha dan kesabaran sehingga blog kamu mendapatkan trafik tinggi. Terus menerapkan strategi SEO yang tepat akan menjadi cara paling tepat. 

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

0 comments

Posting Komentar