Jumat, 23 September 2022

Apa itu SEO Friendly? Ini dia Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya

 


Bagi seseorang yang baru berkecimpung di bidang web atau blog, tentu mereka masih merasa kebingungan mengenai apa itu SEO friendly?

Seperti yang kita tahu bahwa SEO sangatlah penting untuk membuat konten yang kita buat pada website atau blog dapat ditemukan dengan mudah melalui search engine, seperti Google.

Yang dimaksud dengan konten disini adalah segala informasi, khususnya artikel yang diunggah dalam website atau blog dengan tujuan agar dapat dibaca oleh banyak orang dengan menggunakan bantuan internet.

Sederhananya, konten SEO merupakan segala sesuatu yang diunggah memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic di search engine.

Jika suatu website perusahaan sudah SEO friendly, maka bisa dikatakan bahwa website tersebut sudah stabil dan memiliki traffic yang cukup bagus.

Apa SEO friendly?

SEO friendly merupakan cara untuk membuat konten yang unggah dalam website bisa ditemukan dengan mudah sehingga dapat menarik banyak pengunjung. Dengan demikian, traffic akan semakin naik.

Jika kamu seorang blogger yang kerap menulis artikel dan membahas berbagai topik, maka SEO friendly sangatlah dibutuhkan.

Sebab, sebagus apapun artikel yang kamu buat namun tidak disertai dengan SEO friendly yang bagus maka artikel yang ada di dalam website-mu tidak akan terlihat karena artikelmu tidak ada di halaman pertama Google.

Jika sudah demikian, maka kamu tidak akan mendapatkan kenaikan traffic sehingga websitemu akan semakin sepi pengunjung.

Indikator membuat konten SEO friendly

Jika kamu ingin membuat konten yang nantinya akan mudah diakses oleh banyak pengunjung, maka sebaiknya perhatikan beberapa indikator yang dapat membantu membuat konten menjadi SEO friendly, diantaranya:

    1. Reseach Keyword

Melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum memulai menulis merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan traffic melalui kolom search.

Kamu bisa mencari keyword yang tengah hangat dibahas oleh banyak orang di sosial media. Misalnya, Citayam Fashion Week yang saat ini tengah menjadi trending topic di berbagai sosial media, maka kamu bisa menggunakannya sebagai keyword artikel yang akan kamu tulis.

Dengan keyword yang sudah kamu persiapkan terlebih dahulu, maka isi atau pembahasan dari artikel yang kamu tulis tidak akan melenceng jauh.

Perlu diketahui bahwa semakin banyak keyword diperbincangkan oleh masyarakat, maka semakin besar kemungkinan artikelmu akan dikunjungi oleh banyak orang.

    2. Optimasi keyword

Optimasi keyword merupakan cara bagaimana meletakkan keyword yang tepat. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan letak dan cara untuk meletakkan keyword di tempat yang tepat dan sesuai. Tujuannya adalah agar kemampuan search pada artikel yang kamu buat bisa maksimal.

    3. Organisir artikel

Membuat artikel yang memiliki SEO friendly memang sangat dibutuhkan untuk menaikkan traffic. Namun, jangan sampai terlupakan bahwa mengorganisir artikel yang akan dibuat juga jauh lebih penting.

Artinya, kamu harus mampu menulis artikel yang memiliki isi atau pembahasan menarik. Tidak lupa juga untuk menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dan tidak bertele-tele.

Semakin bagus artikel yang dibuat, maka pengunjung yang mengaksesnya akan semakin betah untuk berlama-lama berada di website-mu.

    4. Perhatikan checklist SEO saat menulis

Perlu diketahui bahwa artikel yang memiliki SEO friendly, ciri-cirinya adalah URL-nya pendek dan mengandung keyword, terdapat keyword di heading 1, 2, atau 3, di dalam gambar terdapat alternative text, dan masih banyak lainnya.

    5. Promosi artikel

Jika memang artikel yang kamu buat tidak berada di halaman pertama Google, maka cara lain yang harus kamu lakukan adalah mempromosikannya melalui sosial media.

Tujuannya adalah agar orang bisa menemukan artikelmu dengan mudah hanya dengan meng-klik tautan yang kamu kirimkan.

Faktor yang memperngaruhi SEO

Sebagai blogger ataupun seseorang yang berkecimpung di dunia website, tentunya sangat penting untuk diperhatikan beberapa factor yang dapat mempengaruhi SEO, khususnya pada blog.

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi SEO di blog adalah sebagai berikut.

    1. Dwell time

Dwell time merupakan lama durasi pembaca yang tengah membaca artikelmu. Durasi tersebut dicatat dari mereka mulai mengklik artikel di dalam pencarian sampai mereka selesai membaca dan keluar dari halaman artikel pada blog-mu.

Google akan menganggap artikelmu relevan jika pembaca yang membacanya mengahabisakan waktu yang cukup lama. Artinya, pembaca menyimak artikelmu dengan baik karena isi atau pembahasan dari artikel yang kamu buat cukup bagus.

Namun, jika pembaca hanya menghabiskan waktu cukup singkat untuu membaca, maka Google akan menganggap artikelmu kurang relevan.

    2. Kecepatan loading

SEO blog juga dapat dipengaruhi oleh loading website. Jika loading suatu website cukup lama, maka pengunjung akan malas untuk masuk meski artikel yang terdapat di dalamnya cukup bagus dan informatif.

Dengan demikian, website-mu akan sepi pengunjung sehingga traffic akan semakin turun. Oleh sebab itu, carilah cara untuk meningkatkan kecepatan loading pada website agar mendapat penilaian yang baik dari Google.

 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu SEO friendly, indikator serta faktor yang dapat mempengaruhi SEO di blog. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar