Kamis, 22 September 2022

Rekomendasi Website/Platform Penyedia Blog Gratis Terbaik

 


Perkembangan tekonologi yang semakin pesat membuat banyaknya website/platform penyedia blog gratis yang juga semakin bertambah untuk memudahkan kebutuhan banyak orang. Hal ini pastinya juga tidak bisa dipisahkan dari kemunculan internet yang menciptakan banyak ruang untuk berinteraksi, salah satunya dengan menggunakan blog. Blog telah berhasil menghubungkan banyak penulis dengan pembaca dari seluruh dunia tanpa batas.Pertemuan antara penulis dan pembaca di platfoem ini telah berhasil menciptakan sebuah ekosistem yang sangat hidup dan bermanfaat.

Dalam dunia blogging, para penulis pasti memiliki strategi agar postingan mereka dibaca sebanyak mungkin oleh orang lain. Semakin banyak orang yang membaca karya seorang penulis, maka semakin besar dan tinggi pula peluang penulis tersebut untuk mencapai kesuksesan. Namun tidak hanya itu, pemilihan platform blogging yang tepat untuk menulis artikel ataupun karya lainnya itu juga sangat mempengaruhi keberhasilan seorang penulis.

Pada era dengan perkembangan internet yang sangat cepat dan pesat ini terdapat banyak pilihan platform menulis yang bisa dipilih. Tidak sedikit diantaranya bahkan disediakan secara gratis. Pastinya pada setiap platform atau website ini menawarkan berbagai fitur dan manfaatnya masing-masing.

Website/Platform Penyedia Blog Gratis untuk Penulis

1.   WordPress

WordPress bisa dibilang merupakan salah satu dari sekian banyak platform blogging paling populer saat ini. WordPress sendiri menyediakan dua jenis layanan utama, yaitu WordPress.org dan WordPress.com.

WordPress.com adalah platform yang disediakan WrdPress secara gratis, di mana penulis dapat mempublikasikan konten dengan sangat mudah, mulai dari tulisan, gambar, video, bahkan audio. Penulis hanya perlu mendaftar di website dan Anda bisa langsung menggunakan platfomr ini untuk mengunggah konten dengan server hosting web milik WordPress.

Platform blogging yang satu ini juga sangat fleksibel karena dapat digunakan oleh penulis untuk menambahkan berbagai plugin, mengubah template, dan bahkan membuat cutom template mereka sendiri.

2.   Medium

Platform blogging selanjutnya ini awalnya dikembangkan oleh Evan Williams, mantan CEO Twitter dan co-developer Blogger, bersama Biz Stone. Medium adalah platform yang didedikasikan penuh untuk para penulis, jurnalis, dan para ahli atau profesional lainnya. Platform ini diharapkan dapat menjadi wadah di mana semua orang dapat mengungkapkan pemikirannya dalam bentuk karangan esai atau opini. Yang tidak biasa dari Medium adalah artikel berbentuk listicles atau berita tidak begitu diminati di sini.

Alasan Medium diminati oleh banyak orang adalah karena tampilannya yang bersih, minimalis, namun tetap menarik dan membuat orang yang membaca merasa nyaman. Selain tampilannya yang santai, Medium juga menolak untuk mengiklankan atau mempromosikan segala jenis produk. Platform ini mengasumsikan bahwa aktivitas periklanan dan sponsorship menjadikan dunia konten hanya sebagai ladang untuk promosi penjualan.

Sebagai gantinya, Medium menawarkan Medium Partner Program untuk para pengguna yang ingin menghasilkan uang. Program ini merupakan bentuk kepedulian Medium kepada para penulis dengan menawarkan insentif tertentu berdasarkan lama waktu pembaca menikmati artikel yang ditulis dan berapa banyak tepuk tangan yang diberikan.

3.   Tumblr

Tumblr adalah platform blogging gratis yang sistem operasinya mirip dengan Twitter. Saat penggunanya mengunggah konten, pengikutnya bisa menyukai, memposting ulang, dan membagikannya ke platform lain. Dengan begitu, pengguna blog Tumblr akan mendapatkan banyak konten pada Dashboard mereka.

Platform blogging gratis ini sempat menuai kontroversi hingga Kementerian Komunikasi dan Informasi memblokirnya pada 2016 dan 2019. Namun saat ini sudah bisa digunakan atau diakses secara normal kembali.

Seperti platfomr blogging lainnya, Tumblr berguna untuk mengunggah tulisan, gambar, video, bahkan audio. Tampilan atau visualnya yang menarik, terutama untuk konten jenis quotes, link, dan obrolan semacam chat, membuat platform ini sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Belum lagi bisa digunakan secara gratis.

4.   Blogger

Platform blogging gratis yang satu ini pasti sudah sering Anda dengar. Blogger awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs sebelum akhirnya dibeli oleh Google. Umumnya, platform ini dapat diakses dengan menggunakan alamat domain ‘blogspot.com’.

Sebagai platform blogging, Blogger memiliki banyak fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi atau layanan Google. Setidaknya para pengguna bisa memanfaatkan fitur Adwords, Adsense, dan Google Analytics saat menggunakannya. Selain itu, jaminan keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan sebagai bagian dari Google menjadi nilai positif bali platform menulis satu ini. Pengguna Blogger secara otomatis akan menerima sertifikal SSL di blog mereka, di mana sertifikat ini beguna untuk selalu menjaga kemanan blog Anda dan mencegah upaya peretasan (hacking).

Pengembangan Blogger juga relatif mudah. Fitur yang disediakan telah diatur untuk memudahkan para penggunanya bahkan jika mereka masih seorang pemula.

 

Untuk kalian para penulis yang membutuhkan wadah untuk menyalurkan tulisan atau karya Anda yang lain, itu tadi beberapa rekomendasi website/platform penyedia blog gratis yang mungkin bisa Anda coba. Ada juga beberapa platform lain yang bisa Anda coba atau gunakan, seperti Wattpad, Weebly, Penzu, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan salah satunya, pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform agar Anda bisa mengetahui platfom mana yang sekiranya paling cocok untuk Anda. Selamat berkarya! -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar