Rabu, 21 September 2022

Kelebihan dan Kekurangan Blogger sebagai Media Menulis

 


Kita pastinya perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan Blogger sebelum memulai menulis di sana. Salah satu platform menulis ini masih menjadi favorit untuk banyak orang dari dulu hingga sekarang. Salah satu alasannya adalah kemungkinan dibacanya yang cukup tinggi.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Blogger, kita perlu mengenal platform ini terlebih dahulu. Blogger, atau yang lebih banyak dikenal dengan Blogspot adalah platform CMS (Content Management System) miliki Google yang digunakan untuk membuat website blog secara gratis dengan fitur-fitur tertentu yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Sesuai dengan namanya, CMS sendiri merupakan platform yang mengelola komponen situs web sebagai pembuat konten, seperti gambar, artikel, nama domain, dan lain sebagainya.

Layanan ini awalnya dikembangkan oleh Pyra Labs dan diluncurkan pertama kali pada 1999. Kemudian pada 2003, Google memutuskan untuk membeli CMS ini ketika mereka melihat potensi di masa depan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna Blogger dari waktu ke waktu. Google kemudian menyempurnakan Blogger dengan berbagai fitur untuk memanjakan penggunanya, bahkan di saat platform ini disediakan secara gratis.

Untuk bisa menggunakan Blogger, kamu kamu memerlukan akun Google yang aktif. Blogger bisa berjalan tanpa domain khusus, hanya saja akan terdapat akhiran ‘blogspot.com’ dari nama situs yang kamu buat, seperti ‘namawebsite.blogspot.com’. Untuk menghilangkannya, kamu dapat membeli domain lalu menghubungkannya ke Blogspot.

(Baca Juga : Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot )

 

Kelebihan Blogger


1.   Gratis dan Populer

Salah satu alasan yang membuat Blogger menjadi platform yang banyak digunakan adalah karena media ini gratis. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir mengenai blog kamu yang akan sepi pengunjung karena selama kamu menerapkan kata kunci (keywoard) yang tepat dan sesuai, pengunjung akan tetap berdatangan. Apalagi Google juga mendukung halaman atau situs web Blogger ini.

2.   Mudah Digunakan Untuk Pemula

Berpikiran untuk memulai sebuah blog tetapi masih bingung atau belum yakin hendak menggunakan platfom mana? kamu bisa memilih Blogger untuk digunakan karena kelebihannya dalam pembuatan akun yang mudah dan sederhana. Hanya dalam beberapa langkah saja dan tanpa perlu menginstal perangkat lunak (software) lain, kamu sudah bisa mendapatkan halaman situs kamu sendiri.

Tidak hanya itu, Blogger secara otomatis akan membantu para blogger-nya mengoptimalkan halaman mereka sehingga akan lebih mudah untuk dijangkau atau diakses oleh banyak orang di Google. Pengalaman blogging kamu akan jauh lebih mudah walau tidak memiliki banyak keterampilan teknis blogging dan dengan mudah mendapatkan blog yang layak untuk dikunjungi.

3.   Bisa Membuat Domain Sendiri

Selain menjadi platform yang gratis dan mudah digunakan, Blogger juga memiliki kelebihan, yaitu kamu, para penggunanya, bisa membuat domain sendiri. kamu bisa memilih nama domain kamu sendiri sesuai dengan apa yang kamu inginkan, selama tidak memiliki kesamaan nama domain online. Kalaupun nama domain yang kamu buat ternyata sama dengan domain lain, kamu perlu menggantinya dan mengubahnya dengan nama domain yang lain hingga tidak memiliki kesamaan dengan yang lain.

4.   Menjadi Media Untuk Mendapatkan Tambahan Penghasilan

Jika kamu mampu mengelola blog yang kamu miliki dengan baik, seperti mengunggah konten yang baik dan berkualitas, mengunggah konten secara rajin dan konsisten, kamu bisa mengubah blog kamu menjadi sebuah sumber penghasilan tamabahan dengan memanfaatkan Google Ads. Tidak hanya konten yang berkualitas, Google Ads bisa dipasang di Blogger selama pengunjung blog kamu menunjukkan trafik yang bagus.

 

Kekurangan Blogger


1.   Dikendalikan oleh Blogger

Kekurangan pertama yang dimiliki Blogger adalah setelah kamu bekerja keras untuk merawat blog kamu dengan konsisten mengunggah konten positif dan bermanfaat, blog yang kamu miliki tersebut tetaplah milik Blogger. Singkatnya, setiap kali Blogger merasa perlu untuk menghapus blog atau konten yang kamu miliki, maka blog atau konten kamu bisa hilang kapan saja.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menyimpan konten yang kamu buat tersebut sebagai antisipasi jika blog atau unggahan kamu hilang sehingga kamu bisa mempublikasikannya kembali.

2.   Tidak Terlalu Banyak Plugin yang Tersedia

Wajar bagi pengguna jika ingin memanfaat blog kamu dengan baik dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur tambahan. Namun sayangnya, kelemahan Blogger yang lain adalah tidak dilengkapi dengan banyak plugin, padahal plugin ini sangat membantu kamu untuk belajar tentang SEO yang tepat untuk digunakan dalam tulisan yang kamu buat guna memaksimalkan konten tersebut.

3.   Template yang Terbatas

Tidak hanya kualitas tulisan atau konten yang perlu kamu perhatikan, tapi kamu juga perlu memilih template untuk menunjang tampilan blog kamu. Sayangnya, Blogger tidak menawarkan banyak template yang bisa kamu gunakan. Oleh karena itu, sebagai pengguna, kita harus melakukan yang terbaik dalam membangun blog tersebut agar tetap menarik dan terlihat profesional walau hanya dengan template seadanya.


Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Blogger yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin memulai membuat konten di sana. Setelah mendapat penjelasan di atas, kamu pasti sudah bisa membayangkan kemudahan dan kesulitan apa yang mungkin akan kamu hadapi jika memilih untuk menulis di platform ini. Jika kamu tidak masalah dengan beberapa kekurangan yang telah disebutkan tadi, mungkin tidak ada salahnya jika kamu memulai menulis konten di sana. Selamat mencoba! -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar