Selasa, 20 September 2022

Apa Saja Kelebihan WordPress Dibanding CMS Lain?

 


Banyaknya kelebihan WordPress dibanding CMS lain membuat platform pembuat website ini masih menjadi salah satu pilihan utama masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh data yang menunjukkan bahwa dalam waktu sehari lebih dari 500 situs web dibuat dari sini

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada 2004. Sebagai CMS, WordPress dapat membantu kamu membangun dan mengelola situs web tanpa memerlukan coding yang rumit. kamu dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dan nuansa, menambahkan berbagai fitur, dan membuat konten di situs web kamu tersebut. Platform ini juga sangat cocok digunakan bahkan untuk para pemula sekalipun. kamu juga bisa menggunakan WordPress secara gratis karena platform ini bersifat open-source.

Kelebihan WordPress Dibanding CMS Lain

1.   Menyediakan berbagai variasi plugin

Untuk menambahkan berbagai fitur di WordPress, kamu memerlukan yang namanya plugin. Saat ini ada lebih dari 50.000 plugin gratis yang tersedia di WordPress dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, masih ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh pengembang pihak ketiga, baik secara gratis maupun berbayar.

Dengan banyaknya plugin yang tersedia ini, para pengguna WordPress akan dengan mudah membangun situs web mereka sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing.

2.   Template yang sangat beragam

Dilansir dari WP Beginner, WordPress menyediakan ribuan template atau tema situs web gratis yang bisa kamu download. Di repository miliknya sendiri, terdapat lebih dari 7.000 tema gratis yang bisa kamu pilih. Hal ini akan memudahkan kamu dalam memilih tema mana yang tepat untuk situs web kamu.

kamu juga tidak perlu mengetahui bahasa pemograman yang rumit untuk mengganti tema di WordPress. kamu hanya perlu melakukan beberapa klik jika ingin mengubah font, warna font, atau tata letak website kamu.

3.   Mudah untuk diinstal dan diperbarui

WordPress dikenal dengan proses instalasinya yang dapat dilakukan dalam kurun waktu kurang dari lima menit. Bahkan banyak penyedia web hosting yang menawarkan isntalasi instan dengan sekali klik.

Tidak hanya itu, perbaruannya pun sangat mudah. Saat versi terbaru CMS ini diluncurkan, kamu akan diberi tahu dan juga dapat memperbaruinya secara langsung dengan satu klik. Hal ini juga berlaku untuk update plugin dan template.

4.   Multifungsi

Dengan banyaknya template dan plugin yang disediakan dan ditawarkan oleh WordPress, bisa dibilang bahwa tidak ada website yang tidak bisa dibuat oleh CMS ini. kamu tidak hanya bisa membuat blog pribadi atau toko online sederhana, namun kamu juga bisa membuat profil perusahaan (company profile) atau bahkan situs e-commerce yang tampak profesional yang tidak kalah dengan situb web lainnya.

5.   Fleksibel

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa WordPress tidak hanya bisa digunakan untuk membuat situs web sederhana seperti blog pribadi atau bahkan toko online dengan berbagai macam produk, namun fleksibilitasnya tidak berhenti di situ saja. CMS ini ternyata juga mobile-friendly, di mana kamu bisa menyesuaikan tampilan dan nuansa situs web kamu untuk ukuran layar yang beragam. Tidak hanya itu, mengubah hal tersebut tidak memerlukan keahilan teknis apapun.

Untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa konten situs web kamu, kamu cukup membuka menu kostumasi template-nya saja. Selain itu, ada juga beberapa plugin yang bisa membantu kamu dalam membuat website yang mobile-friendly.

6.   Aman

Keamanan data merupakan salah satu hal jika kita membahas dunia maya atau digital, apalagi jika kamu memiliki sebuah website. Namun tidak perlu khawatir, WordPress menyediakan berbagai plugin peningkat keamanan, seperti WordFence dan Sucuri Security, yang akan membantu kamu menjaga informasi pribadi atau data penting lainnya. WordPress juga akan menginformasikan kepada kamu mengenai masalah keamanan yang mungkin saja sedang terjadi.

7.   Mudah dipelajari

Kelebihan WordPress lainnya adalah kesederhanaan dan kemudahan pemakaiannya. Tidak salah jika CMS ini banyak dipilih oleh para pengguna baru atau pemula. Platform CMS ini menawarkan artikel pengetahuan basis dan forum bantuan yang mencakup berbagai topik, dari yang paling dasar hingga topik tingkat lanjut.

 

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai kelebihan WordPress dibanding CMS lain. Banyak kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan platform ini. Bahkan kamu yang masih pemula juga bisa membuat website kamu sendiri dengan menggunakan WordPress. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencobanya dan merasakan langsung kelebihan yang ditawarkan. Selamat mencoba! -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar