Senin, 19 September 2022

Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing

 


Ada beberapa jenis istilah dalam SEO yang memiliki fungsinya masing-masing untuk keberhasilan teknik itu sendiri pada sebuah website. Pada dasarnya, SEO adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat website berada di peringkat teratas mesin pencarian Google.

Ketika traffic website bisa selalu meningkat secara positif, hal ini dapat membuat website tersebut mampu meraih peringkat yang tinggi di mesin pencarian Google. Dengan begitu, audiens bisa lebih mudah untuk menemukan keberadaan website tersebut.

Membahas tentang teknik SEO itu sendiri, penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya di dalam teknik ini akan tersedia beberapa istilah yang memiliki pengertian dan fungsinya masing-masing.


Istilah dalam SEO

Ketika seseorang sudah memahami istilah dasar yang ada di dalam SEO, mereka dapat lebih mudah untuk menjalani praktiknya sehari-hari. Jadi, tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut kami sampaikan pengertian dan fungsi dari 13 istilah yang ada dalam SEO:

    1.   Keyword

Istilah dasar dalam SEO yang pertama adalah keyword. Keyword adalah ide atau topik utama dari sebuah konten yang akan diunggah di suatu website tertentu. Dalam hal ini, artikel maupun konten yang diunggah di suatu website harus dioptimalkan dengan menggunakan keyword yang relevan. Dengan begitu, target pasar yang telah ditentukan dapat menemukan konten tersebut secara lebih mudah.

    2.   Anchor Text

Anchor text adalah teks yang dikombinasikan dengan link dan dapat mengarahkan seseorang ke suatu halaman tertentu. Jika dijelaskan secara lebih rinci, maka anchor text adalah sebuah teks dan link yang dapat membantu mesin pencarian dalam memahami halaman yang akan dituju. Jadi, anchor text juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

    3.   Heading

Dengan adanya heading pada suatu artikel maupun konten website, hal ini dapat membantu pengguna dan mesin pencarian dalam memahami struktur dari sebuah teks secara keseluruhan. Sebab, fungsi dari heading itu sendiri adalah sebagai penentu dari poin-poin utama yang ada dalam sebuah teks.

    4.   Meta Deskripsi

Meta deskripsi juga sering disebut dengan nama meta description. Istilah ini memiliki arti penjelasan singkat yang akan menjelaskan isi dari sebuah konten maupun artikel dalam website. Umumnya, meta deskripsi akan berisi keyword yang relevan dengan target pasar. Nantinya, meta deskripsi akan muncul di bawah judul sebuah halaman ketika seseorang sedang melihatnya di mesin pencarian.

    5.   Link Building

Link building adalah suatu proses yang akan dilakukan untuk mendapatkan inbound link ke dalam website yang sedang dikembangkan. Dengan adanya link building yang profesional seperti ini, dapat membuat peringkat website Anda di mesin pencarian Google terus meningkat. Jadi, dapat dipastikan bahwa Anda harus mendapat inbound link dari website yang berkualitas, agar kredibilitas dari website Anda sendiri juga bisa meningkat secara pesat.

    6.   HTML

Istilah SEO yang satu ini memang sudah sangat familiar bagi sebagian orang. HTML adalah singkatan dari hypertext markup language yang berarti sebuah bagian kode dari website, yang nantinya dapat dibaca oleh mesin pencarian yang bersangkutan. Dengan adanya HTML seperti ini, mesin pencarian akan lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan website Anda.

    7.   ALT Text

Penting untuk Anda ketahui bahwa cara kerja search engine atau mesin pencarian pada dasarnya berbeda dengan cara kerja manusia. Untuk cara kerja search engine atau mesin pencarian sendiri akan membaca ALT text yang telah disediakan untuk gambar-gambar tertentu. Jadi, Anda perlu mengisi ALT text yang sesuai dengan gambar serta keyword dalam konten yang diunggah.

    8.   Index

Index memiliki arti database yang digunakan oleh mesin pencarian untuk mendeteksi keberadaan website tertentu. Dalam hal ini, index akan berisikan sebuah informasi dari semua website yang berhasil ditemukan oleh mesin pencarian. Maka dari itu, pastikan website yang Anda buat sudah ter-index dan dapat dicari oleh para audiens di mesin pencarian secara mudah.

    9.   Spider (Crawler)

Istilah ini juga sering disebut dengan nama crawler. Pada dasarnya, spider atau crawler adalah bot dalam internet yang dapat merayapi isi konten dan semua informasi yang ada di dalamnya. Dalam hal ini, spider atau crawler dapat membantu website untuk lebih mudah di-index oleh mesin pencarian.

    10.        SERP

SERP adalah singkatan dari search engine ranking page, yang merupakan poin penting ketika seseorang ingin konten yang dibuat di website-nya dapat masuk ke peringkat atas search engine. Nantinya, 10 halaman yang ada di hasil pencarian dapat disebut sebagai SERP.

    11.        Traffic Rank

Berbeda dengan traffic website yang memiliki arti jumlah pengunjung yang datang ke suatu website tertentu, untuk traffic rank sendiri adalah perbandingan antara satu website dengan website lainnya. Fungsi traffic rank adalah untuk mengetahui perbandingan traffic antara satu website dengan website lainnya, sehingga seseorang bisa lebih mudah dalam mencari strategi yang tepat untuk meningkatkan traffic-nya tersebut.

    12.        Nofollow

Istilah nofollow sering digunakan untuk menggambarkan situasi di mana sebuah link tidak dapat memberikan kredit ke suatu website yang sedang dituju. Jika Anda menggunakan link nofollow ini, maka Anda tidak bisa membantu situs tersebut untuk meningkatkan peringkatnya.

    13.        Sitemap

Sitemap adalah sebuah dokumen yang ada dalam website dan akan berisikan daftar setiap halaman yang ada dalam website itu sendiri. Sitemap digunakan untuk melakukan indexing dan mengetahui seluk-beluk dari website tertentu. Jika penjelasan tersebut lebih berfokus pada fungsi sitemap bagi pemilik website, untuk fungsi sitemap bagi pengunjung adalah untuk mencari sebuah halaman secara lebih spesifik.

 

Sampai di sini dapat dipastikan bahwa istilah dalam SEO akan memiliki perannya masing-masing. Sehingga, kamu perlu memahami pengertian dan fungsi dari masing-masing istilah tersebut. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar