Minggu, 18 September 2022

Apa Itu SEO? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

 


Masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya tentang apa itu SEO. Banyak orang yang mengira SEO adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar website mampu meraih peringkat yang tinggi di mesin pencarian Google. Namun, apakah pernyataan tersebut merupakan pengertian yang tepat dari istilah SEO?

Pada dasarnya, konsep SEO itu sendiri lebih rumit dibanding pernyataan singkat tersebut. Jika dijelaskan secara lebih rinci, maka SEO tidak hanya berkaitan dengan peringkat mesin pencarian saja, tapi SEO juga mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas dari suatu traffic yang masuk ke website maupun blog tertentu.

Jadi, dapat dipastikan bahwa pengertian SEO tidak hanya meliputi peringkat mesin pencarian saja, tapi juga beberapa poin penting lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak dengan baik informasi yang akan kami sebutkan di bawah ini!

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti sebuah teknik dan upaya untuk mengoptimasi suatu website, agar dapat meraih peringkat tertinggi dalam mesin pencarian Google. Dengan adanya teknik SEO seperti ini, website akan lebih mudah untuk ditemukan oleh banyak orang.

Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan potensi traffic yang lebih banyak. Fakta ini telah terbukti dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa hampir 53% traffic website akan datang dari pencarian organik atau SEO. Pencarian organik itu sendiri adalah sebuah aktivitas yang akan dilakukan untuk mencari informasi, dengan memasukkan kata kunci tertentu ke dalam kolom pencarian Google.

Dalam hal ini, jangkauannya bukan hanya tentang traffic saja, tapi juga dapat menjangkau audiens yang tepat dan sesuai dengan tujuan dari pembentukan website itu sendiri, misal seperti meningkatkan branding, melakukan transaksi yang aman, hingga sumber informasi yang jelas.

Jenis jenis SEO

Pada dasarnya, SEO dapat dibagi menjadi 3 jenis yang berbeda. Meski begitu, ketiga jenis SEO ini sama-sama memiliki tujuan untuk meroketkan peringkat website di mesin pencarian Google. Untuk lebih lengkapnya, kami akan menjelaskannya secara satu per satu:

1.   SEO on Page

Apa yang dimaksud dengan SEO on page? SEO on page adalah sebuah upaya yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO pada bagian depan website. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat dimaksimalkan:

·         Permalink

·         Judul konten

·         Struktur konten

·         Gambar konten

·         Sebaran konten

·         Kualitas dan kuantitas konten

·         Internal link

·         Elemen SEO seperti meta deskripsi, tag, dan beberapa elemen penting lainnya

Dengan adanya SEO on page seperti ini, konten pada website dapat lebih mudah untuk muncul di bagian teratas Google. Selain itu, teknik ini juga dapat membuat isi konten lebih relevan dengan keyword yang memang sedang dibidik. Dengan begitu, kebutuhan audiens pun lebih mudah untuk terpenuhi.

2.   SEO Off Page

Selain SEO on page, ada juga jenis SEO lainnya yang bernama SEO off page. SEO off page adalah sebuah upaya yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO di luar website yang bersangkutan. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa aspek yang meliputinya:

·         Link building

·         Peningkatan domain authority

·         Peningkatan page authority

·         Promosi

·         Guest blog

·         Backlink

Ketika seseorang mampu membuat SEO off page yang kuat, hal ini dapat membuat Google semakin yakin untuk menjadikan website tersebut berada di peringkat teratas. Sebab, Google akan beranggapan bahwa website tersebut mampu memberikan dampak yang positif bagi sebagian besar orang.

3.   Technical SEO

Pengertian dari technical SEO itu sendiri adalah sebuah upaya yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO di bagian dalam website. Meski memiliki pengertian yang cukup mirip dengan SEO on page, tapi beberapa aspek yang meliputi di dalamnya berbeda, yaitu:

·         Kecepatan website

·         Layout website

·         XML sitemap

·         Navigasi

·         Tema responsif

·         Keamanan situs

·         Struktur website

Dengan menerapkan technical SEO yang tepat, website dapat memiliki struktur yang lebih bagus dan mudah untuk terdeteksi di mesin pencarian. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk Google mengindeks situs yang sedang dikembangkan tersebut.

Manfaat SEO Bagi Sebuah Website

Pada dasarnya, SEO memiliki peran yang sangat besar atas keberhasilan suatu website tertentu. Berikut adalah beberapa jenis manfaat yang dimiliki SEO untuk sebuah website yang menerapkannya, yaitu:

·         Memudahkan audiens dalam menemukan website

·         Menjaring target audiens secara lebih tepat

·         Membangun brand awareness dalam suatu bisnis

·         Investasi jangka panjang yang menguntungkan dan menjanjikan

·         Meningkatkan angka penjualan dan konversi bisnis

 

Penjelasan di atas akan menjawab pertanyaan apa itu SEO yang ada di pikiran kamu. Dengan begitu, kamu bisa semakin paham bahwa SEO dapat memberikan dampak yang sangat baik terhadap website yang sedang kamu kembangkan. Pastikan kamu menerapkan teknik ini dengan cara yang tepat, agar keberhasilan website bisa lebih mudah untuk kamu dapatkan. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar