Jumat, 16 September 2022

Apa Itu Domain? Kenali Pengertian dan Jenis-Jenisnya


Baru pertama kali ingin membuat website? Mengenali apa itu domain merupakan hal dasar yang harus diketahui pemilik atau admin website. 

(Baca Juga : Cara Mudah dan Cepat Membuat Blog)

Pengaruh domain terhadap kredibilitas website pun cukup tinggi, khususnya kamu yang mengejar agar website bisa berada di peringkat pertama mesin pencari. Tidak hanya mengenali pengertiannya, kamu juga bisa mempelajari apa jenisnya agar tidak salah pilih.

Pengertian Apa Itu Domain

Domain merupakan alamat yang akan mengantarkan pengguna untuk masuk ke sebuah website. Mengingat domain adalah sebuah alamat maka komponen ini harus ada dalam website.

Pengelolaan registrasi nama domain ini dilakukan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Organisasi inilah yang akan menentukan apakah ekstensi domain tersedia dari database terpusat yang dimiliki.

Sistem komputasi bekerja dari kombinasi angka-angka. Oleh karena itu setiap website diwakili alamat IP. Namun jika bentuknya adalah alamat IP tentunya akan sulit untuk mengidentifikasi website. Oleh karena itulah untuk mempermudah akses ke sebuah website domain digunakan.

Domain tidak berbentuk angka melainkan nama yang bisa diketik oleh pengguna tanpa harus menghafalkan alamat IP-nya. Fungsi lain dari domain adalah untuk memudahkan pengalihan atau redirect ke situs web lain.

Biasanya fungsi ini dimanfaatkan oleh microsite dan campaign agar tidak salah mengetik alamat IP.

Jenis-Jenis Domain yang Banyak Digunakan

Memperhatikan pengertian domain, masih banyak juga yang salah kaprah mengartikan URL sebagai domain. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. URL atau Universal Resource Locator merupakan alamat web lengkap.

Artinya dengan URL kamu bisa diarahkan pada halaman website secara spesifik. Berbeda dengan domain yang hanya mengarah pada halaman utama saja. Selain berbeda dengan URL, domain juga memiliki beberapa jenis.

Mengenali jenis domain ini kamu akan memudahkan kamu untuk memilih mana yang tepat sesuai kebutuhan.

1.   Top Level Domain

Disebut juga sebagai TLD, jenis ini merupakan klasifikasi domain tingkat paling atas dalam sistem di internet. Ribuan website telah menggunakan TLD untuk meningkatkan kredibilitas dan kemudahan mesin pencari melakukan pencarian.

TLD biasanya adalah .com, .net, .id dan masih banyak lagi. Pengelolaan TLD resmi dilakukan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Selain untuk meningkatkan kredibilitas, TLD juga menjadi unsur branding dan optimasi SEO.

Fungsi TLD bisa sebagai menandakan jenis website, asal negara pembuat dan masih banyak lagi. Contohnya adalah ketika kamu memiliki toko online maka menggunakan domain TLD .id akan diutamakan mesin pencari dengan kata kunci berbahasa Indonesia.

2.   Country Code Top Level Domain

Kode domain negara atau ccTLD ini akan menunjukkan identitas negara dari website tersebut. Biasanya digunakan oleh masyarakat dari negara tersebut. Eksistensinya sendiri menggunakan inisial negara.

Contohnya saja untuk negara Indonesia maka ekstensinya adalah .id. Ada juga tambahan di depannya yang menunjukkan identitas website itu sendiri. Misalnya untuk website .ac.id maka website yang dibuat oleh lingkungan pendidikan di Indonesia.

Kelebihan dari ccTLD adalah segi keamanannya yang tinggi maka untuk mendaftarkan nama domain dibutuhkan identitas yang lengkap. Karenanya website akan sulit digunakan untuk hal-hal yang ilegal.

Penggunaan ccTLD hingga saat ini masih belum terlalu banyak sehingga kamu masih memiliki kesempatan besar untuk menggunakannya. Efeknya website pun akan tampak lebih eksklusif.

3.   Generic Top Level Domain

Jenis yang terakhir ini sangat umum digunakan di seluruh dunia. gTLD merupakan domain yang mempersingkat fungsi dari website. Contohnya saja untuk .edu yang artinya website berhubungan pendidikan.

Ada juga .net yang menjelaskan website untuk jaringan sosial. Begitu juga dengan .gov yang artinya website milik pemerintahan. kamu bisa dengan mudah mengidentifikasi isi website dari domain ini.


Setelah mengenali apa itu domain hingga jenis-jenisnya kini kamu bisa mengetahui apa domain yang sebaiknya dipilih. Sesuaikan dengan kebutuhan apakah untuk keperluan pribadi, usaha atau pemerintahan.

Buatlah nama domain yang mudah diingat dan sesuaikan dengan niche sehingga orang tidak kesulitan untuk mengetiknya. kamu bisa membeli domain dan juga hosting di satu tempat untuk mempermudah pengelolaan ke depannya. -SegudangCara


0 comments

Posting Komentar