Kamis, 15 September 2022

Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!


Backlink adalah tautan link yang akan mengarahkan ke sebuah halaman, post atau website. Bekerja sebagai referensi, banyak pengaruh backlink untuk web dan juga SEO. Terdapat dua jenis backlink yang bisa digunakan yaitu  dofollow dan nofollow.

5 Pengaruh Backlink untuk Web dan SEO

Peran utama dari backlink adalah untuk mempermudah mesin pencari melakukan indexing terhadap sebuah website. Penanaman backlink akan lebih baik berasal dari website lain yang mereferensikannya ke website Kamu.

Baca Juga :

Apa itu Backlink? Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya

Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

5 Cara agar Backlink Terindex Mesin Pencari Paling Jitu

Cara Cek Backlink Website dengan Tools Gratis yang Akurat

Barulah mesin pencari akan mudah membaca atau mengenali situs yang Kamu miliki. Tidak hanya itu, masih ada lima pengaruh yang dihadirkan oleh backlink baik untuk website dan juga SEO sebagai berikut:

1.   Website menjadi Lebih Kredibel

Semakin banyak backlink maka status website meningkat karena dipercaya oleh mesin pencari dan pengguna. Kamu akan memiliki situs yang dipercaya karena telah memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan bukan hoaks.

Karena itulah pengaruh yang utama adalah untuk meningkatkan kredibilitas website. Namun untuk meraih pengaruh ini, backlink juga harus dipasang pada website yang kredibel pula.

(Baca Juga : 5 Tips Buat Internal Link untuk SEO Bagi Para Pemula)

2.   Kualitas SEO dan SERP akan Meningkat

Backlink mampu meningkatkan kualitas SEO dan SERP. Website Kamu bisa berada di halaman pertama ketika dianggap kredibel sehingga memiliki SEO dan SERP yang bagus. Hanya saja sama seperti sebelumnya, perhatikan kualitas pemasangan backlink.

Kuantitas dan kualitas harus seimbang. Jika terlalu banyak backlink dipasang pada website yang kurang terpercaya atau tidak berkualitas, maka dapat menurunkan SEO dan SERP website Kamu.

(Baca Juga : Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing)

3.   Meningkatkan Trafik Website

Pengaruh yang tidak kalah penting adalah soal trafik. Backlink menjadi sumber visitor dari website lain yang harus dioptimalkan. Oleh karena itu kamu yang ingin memasang backlink di website lain harus tahu bagaimana performa website tersebut.

Pastikan juga bahwa niche dan penggunaan anchor text sesuai dengan website kamu yang digunakan sebagai rujukan. Peluang untuk mendapatkan trafik lebih tinggi pun bisa berhasil melalui backlink.

(Baca Juga : Cek Cara Mengetahui Pengunjung Blog Kita Cukup dengan Tools Ini!)

4.   Menciptakan Hubungan Baru Jangka Panjang

Kemampuan backlink tidak hanya untuk onpage tetapi juga offpage SEO. Visitor yang merasa penasaran dengan link tersebut bisa mempelajarinya lebih lanjut. Visitor atau pengguna mesin pencari bisa saja berlangganan newsletter atau mengikuti sosial media dari website yang kamu bangun.

Artinya sebuah link sederhana bisa menciptakan hubungan yang baik antara website dan juga visitor. Hubungan ini tentunya akan berlangsung dalam jangka waktu yang lebih panjang.

5.   Meningkatkan Brand Awareness

Kamu yang memanfaatkan website untuk keperluan bisnis atau memperkenalkan produk juga akan diuntungkan dengan penggunaan backlink. Pasalnya, backlink bisa meningkatkan brand awareness produk atau usaha kamu.

Terdapat link pada website lain bisa membuat visitor lebih aware dengan web yang kamu miliki. Lebih dari itu, visitor bahkan akan dengan mudah melihat apa yang kamu tawarkan di website sendiri. Bisa dikatakan backlink juga bagian dari iklan.

Mengingat besarnya pengaruh backlink terhadap website, kamu tidak bisa melupakan untuk menggunakannya. Cara mendapatkan backlink pun ada dua yaitu secara alami atau dengan membeli.

Jika ingin mendapatkan backlink alami, maka konten di website kamu harus diperbaiki. Konten harus unik, memiliki pengaruh dan perbanyak relasi pertamanan. Dengan begitu pemilik situs lain bisa menggunakan website kamu sebagai rujukan informasi.

Berbeda dengan cara alami, kamu juga bisa membeli website yaitu memasang dengan membayar sejumlah uang atau bisa barter ke pemilik website. Pembeliannya juga harus diperhatikan karena tidak semua website cocok dan tepat untuk dipilih.

Kamu bisa memperhatikan berapa jumlah backlink yang sebenarnya dibutuhkan. Kemudian menganalisis kinerja website yang akan dipasang backlink. Apakah kualitas konten, niche hingga visitor-nya bisa mendongkrak website kamu.


Menyadari bahwa pengaruh backlink untuk web cukup besar, kamu bisa membuat strategi untuk mencari dan mendapatkan backlink. Pastikan website kamu memiliki backlink yang mencukupi dan berkualitas. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar