Senin, 05 September 2022

Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!


Sudah capek-capek mengisi blog tapi belum juga terindex Google? Kamu harus segera mengambil langkah perbaikan. Sebelum itu kamu harus tahu dulu cara cek artikel sudah terindex Google atau belum. Jika sudah mengecek maka kamu bisa mulai menelusuri bagian mana yang salah.

Cara cek artikel terindex sangat mudah, kamu tidak perlu menggunakan tools berbayar. Bisa langsung menggunakan Google Search dan beberapa tools lain yang mudah. Ikuti cara lengkapnya ini.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

Pilihan Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum

Apa yang dimaksud dengan artikel terindex bukan berarti akan langsung masuk ke halaman pertama. Maksud dari indexing adalah artikel sudah dikenali oleh Google tapi belum tentu akan langsung berada di halaman teratas. Jadi jika kamu memasukkan kata kunci di Google Search maka jika artikel tidak muncul bukan berarti belum terdeteksi.

Ada cara khusus untuk mengetahui apakah artikel sudah terindex yakni sebagai berikut:

1.    Menuliskan URL Artikel pada Google Search

Setiap kamu posting artikel di blog pasti akan muncul URL hidup yang bisa langsung digunakan. URL ini akan berbeda setiap artikelnya dan bisa digunakan untuk cek artikel apakah sudah terindex.

Hanya saja pengecekan menggunakan format site: URL artikel, misalnya site: https://contoh/artikel-1. Kemudian kamu bisa tekan Enter dan lihat hasil pencariannya. Seharusnya pada urutan pertama yang muncul adalah artikel dari blog kamu tersebut.

Perlu diingat bahwa penulisan format tersebut harus benar dan tidak menggunakan spasi. Jika salah maka kamu tidak bisa mengecek secara akurat apakah artikel sudah terindex.

(Baca Juga : Apa itu Domain? Pengertian dan Jenis-jenisnya)

2.    Mengganti Kata Kunci dengan Judul Artikel

Masih menggunakan Google Search, penulisan kata kunci saja tidak cukup untuk mengecek apakah artikel sudah terindex. Kamu harus menggunakan judul lengkap dari artikel kemudian menambahkan format site: URL blog.

Fungsi dari format kedua setelah judul adalah untuk fokus pada pencarian di blog kamu. Jadi misalnya kamu bisa menuliskan ‘Cara Mengecek Artikel Blog Sudah Terindex di Google’ site:abc.com kemudian tekan Enter atau klik Search.

Sama seperti cara pertama, kamu akan langsung melihat hasil pencarian sesuai judul artikel yang dicari. Jika belum ada kemungkinan artikel belum terindex.

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya!)

3.    Mengecek melalui Google Search Console

Tidak menemukan artikel dengan dua cara di atas? Terakhir kamu bisa memanfaatkan Google Search Console dengan catatan blog sudah terintegrasi ya. Jika sudah kamu tinggal masuk saja dashboard Google Search Console sesuai blog yang dimiliki.

Setelah itu pada menu di sebelah kiri klik URL Inspection. Baru setelah itu masukkan URL artikel dari blog yang ingin dicek pada kotak yang tersedia pada bagian atas. Masukkan URL dan klik Search.

Apabila artikel sudah terindex maka akan muncul informasi URL is on Google. Namun jika belum maka notifikasinya menjadi URL is not on Google. Kamu bisa menggunakan langkah yang sama untuk semua URL satu per satu.

(Baca Juga : Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

Bagaimana, mudah bukan  cara cek artikel sudah terindex Google atau belum. Semua caranya tidak sulit dan kamu bisa lakukan setiap saat. Lebih baik jika kamu mengeceknya setiap tiga hingga lima hari setelah posting.

Tujuannya juga untuk mengetahui apakah ada perkembangan ranking dari artikel tersebut. Apakah sudah ada pengunjung yang mengaksesnya atau belum.

Baru setelah diketahui artikel belum terindex kamu wajib mengecek apakah penggunaan katakunci sudah benar atau justru terdapat kendala dalam pengaturannya. Setelah mendeteksi sumber masalah kamu bisa segera memperbaikinya.

(Baca Juga : 5 Pengaruh Penting Backlink Terhadap Website/Blog Kita)

0 comments

Posting Komentar