Senin, 05 September 2022

Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console

 

Dulunya bernama Google Webmaster Tool, peran Google Search Console masih sangat besar dalam monitoring kinerja blog. Blogger pemula pun harus tahu bagaimana cara submit artikel blog ke Google Search Console dengan benar. Tujuannya adalah untuk mempermudah artikel terindex oleh Google.

Bayangkan saja jika kamu sudah menulis puluhan artikel tapi ternyata tidak muncul di Google. Tidak ada traffic yang masuk karena artikel blog milikmu tidak terindex. Salah satu penyebabnya bisa karena belum terdaftar di Google Search Console. Lalu bagaimana cara submit artikel yang benar, kamu bisa cek di sini. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum)

Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console secara Lengkap

Fungsi dari Google Search Console ada beragam, mulai dari monitoring blog hingga mempercepat artikel untuk terindex. Oleh karena itulah sebuah blog harus terhubung dengan Google Search Console terlebih dahulu pada saat baru dibangun.

Tenang, caranya mudah karena kamu tidak harus tahu soal coding. Panduan ini akan membantu kamu untuk submit artikel ke Google Search Console dengan mudah. Sebelumnya pastikan kamu sudah mendaftarkan blog ke Google Search Control.

1.    Memasukkan Link Artikel

Langkah pertama adalah mengecek artikel apakah terindex pada mesin pencari Google. Siapa tahu setelah kamu posting ternyata artikel sudah terindex, jadi kamu tidak perlu submit lagi. Namun jika belum maka bisa mulai submit untuk mempercepat indexing.

Kamu tinggal masuk ke Google Search Console dan pastikan menggunakan email atau akun sesuai blog. Setelah itu di kolom kiri pilih menu inspeksi URL, baru masukkan URL atau link artikel ke bagian kolom pencarian.

Tekan Enter atau klik ikon kaca pembesar untuk mendapatkan hasilnya. Jika artikel sudah terindex maka informasinya adalah URL ada di Google. Jika belum, kamu akan melihat informasi URL tidak ada di Google.

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi)

2.    Meminta Pengindeksan pada Google

Masih berada di halaman yang sama, kali ini kamu bisa mencari menu Mina Pengindeksan. Menu ini bertujuan untuk mempercepat proses indexing sesuai URL artikel yang tadi telah kamu cek.

Cukup sekali klik saja maka Google Search Console akan bekerja untuk indexing. Jika tidak ada masalah lain maka prosesnya akan berjalan dua hingga lima menit. Menu yang tadi diklik akan berubah menjadi Minta Lagi namun kamu tidak perlu klik dan bisa lanjut ke langkah berikutnya.

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Penting Backlink Terhadap Website / Blog Kamu!)

3.    Menguji Coba URL Blog

Apabila Google Search Control selesai memproses indexing, maka halaman belum tentu akan langsung berubah. Artinya informasi yang muncul adalah URL tidak ada di Google. Jika yang muncul masih informasi ini maka kamu bisa uji coba URL.

Caranya tinggal klik menu Uji URL Aktif yang ada di pojok kanan atas. Tinggal sekali klik saja dan kamu akan melihat hasilnya. Seharusnya informasinya akan berubah menjadi URL tersedia di Google. Apabila informasinya masih sama atau tidak terindex maka bisa terjadi masalah pada jaringan dan perlu dicoba kembali beberapa saat.

Demi memastikan apakah artikel selesai di-submit maka kamu bisa cek langsung melalui Google Search. Bisa dengan memasukkan URL artikel atau judulnya. Maka akan langsung terlihat artikel dari blog kamu sudah muncul.

Ulangi cara submit artikel blog ke  Google Search Console ini pada semua jenis artikel yang sudah kamu buat namun belum terindex. Cara ini akan mempercepat artikel dikenali oleh Google dan segera naik rankingnya. Tinggal sisanya bagaimana kamu melakukan optimasi terhadap artikel sehingga kenaikan rangking bisa semakin cepat.

(Baca Juga : Mengenal Perbedaan SEO dan SEM, serta Pengertian dari Keduanya)

0 comments

Posting Komentar