Minggu, 09 Oktober 2022

Cara Riset Keyword agar Artikel Melesat di Peringkat Atas Google


Sudah lama menggeluti dunia blogging, pasti tidak asing lagi dengan penggunaan kata kunci. Sebelumnya, penting untuk diperhatikan soal cara riset keyword yang tepat sehingga memudahkan artikel hingga blog naik di peringkat pertama Google. Seperti apakah cara kamu untuk riset kata kunci selama ini? 

Banyaknya alat atau tools gratisan untuk riset keyword sangat membantu para blogger pemula untuk menemukan kata kunci. Namun tidak semua kata kunci ini efektif menaikkan peringkat halaman blog atau artikel. Lalu seperti apa cara riset yang tepat? Kamu bisa cek di sini. 

5 Cara Riset Keyword yang Benar untuk Menaikkan Peringkat Artikel 

Kunci penting dalam riset adalah menemukan kata kunci yang memiliki persaingan rendah sehingga memudahkan artikel kamu naik di halaman pertama mesin pencari. Karena semakin banyak yang menggunakan artinya persaingan semakin ketat. 

Selama kamu bisa menggunakan lebih banyak kata kunci dengan persaingan rendah, maka potensi untuk blog semakin naik juga tinggi. Berikut ini beberapa cara riset kata kunci yang bisa kamu ikuti. 

(Baca Juga : 5 Tools SEO Gratis untuk Research Keyword Wajib Digunakan)

1. Mencari Topik melalui Google Trends 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari topik. Kamu perlu menyesuaikan topik dengan niche. Baru setelah itu bisa mencari topik melalui Google Trends. Kamu bisa mengecek topik apa yang sedang tren di bagian Beranda. 

Setelah itu coba untuk mengetik kata kunci yang berhubungan dengan niche. Maka akan muncul turunan topik yang berkaitan. Kamu juga bisa mengetahui perkembangan topik tersebut dari waktu ke waktu. Kata kunci yang muncul pada Google Trends juga bisa kamu gunakan sebagai keyword di artikel. 

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

2. Memahami Search Intent

Setelah menemukan topik sekaligus kata kunci dari Google Trends kamu juga harus tahu soal search intent. Apa yang dimaksud dengan search intent adalah informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna mesin pencari saat menggunakan search intent. 

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan memasukkan kata kunci yang sudah diperoleh tadi pada Google Search. Maka kamu akan melihat informasi apa saja yang tersedia di halaman pertama. Cek artikel dan pahami isi dari konten tersebut, baru kamu bisa menggunakan kata kunci tersebut. 

(Baca Juga : Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing)

3. Membuat Daftar Kata Kunci yang Relevan 

Cara selanjutnya adalah membuat daftar kata kunci serta yang lebih relevan. Biasanya cara ini digunakan ketika kamu sudah membuat artikel dengan banyak kata kunci utama. Maka untuk menciptakan variasi artikel penting untuk menggunakan kata kunci relevan dan mengembangkannya. 

Misalnya kamu sudah menggunakan kata kunci utama ‘cara memasak mie’. Maka bisa juga membuat kata kunci relevan seperti ‘cara memasak mie dengan telur’. Bisa juga ‘cara memasak mie dengan sayur’. Semakin banyak kata kunci yang berhubungan atau variasinya maka banyak pula konten yang bisa kamu buat. 

(Baca Juga : 5 Hal yang perlu Disiapkan dalam Membuat Blog, Catat dan Terapkan)

4. Memperhatikan Persaingan Kata Kunci 

Saat menggunakan tools riset kata kunci maka ada beberapa metrik yang bisa kamu temukan. Informasi seperti volume pencarian, tingkat kesulitan, variasi kata kunci dan masih banyak lagi. Saat memperhatikan persaingannya akan lebih baik jika kamu memilih yang volume pencarian banyak namun tingkat kesulitan rendah. 

Memang sulit untuk menemukan kata kunci dengan dua karakter tersebut. Sebagai alternatif kamu bisa juga memilih kata kunci yang kesulitan atau kompetisinya rendah. Kamu berpotensi untuk bisa menciptakan konten yang lebih unik karena persaingannya tidak terlalu berat. 

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

5. Menggunakan Tools dengan Hasil Akurat

Berkaitan dengan cara nomor empat, kamu bisa mengandalkan tools yang saat ini banyak tersedia. Hanya saja saat memilih harus pastikan bahwa hasilnya benar-benar akurat. Cara mengetesnya adalah dengan memasukkan kata kunci dan cek hasilnya di Google Search. 

Apakah benar artikel yang muncul pertama pada Google Search sama pada pencarian dari tools tersebut. Jika tidak artinya kurang relevan. Kamu juga bisa membandingkan antar tools sehingga tahu mana yang lebih akurat dan mudah untuk dibaca. Jika perlu kamu bisa berlangganan tools per bulan seperti Ahref atau Moz. 

Baca Juga : 

9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website

Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya

Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas

Kenali Cara Cek Uniq Artikel agar Terbebas dari Duplikat Konten

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara riset keyword yang benar. Sering praktek untuk mencari kata kunci jauh lebih baik. Persiapkan kata kunci yang banyak per bulan atau mingguan sehingga kamu tidak perlu riset terlalu sering. 

0 comments

Posting Komentar