Senin, 10 Oktober 2022

Kenali Cara Cek Uniq Artikel agar Terbebas dari Duplikat Konten



Ada jutaan orang menulis dan upload artikel setiap harinya di internet, karena dengan menulis bisa mendatangkan uang. Hal penting yang diperhatikan adalah menghindari konten duplikat, oleh karena itu kamu para pemula harus tahu cara cek uniq artikel yang benar. 

Pasalnya konten yang terdeteksi duplikasi oleh mesin pencari seperti Google akan sangat sulit naik peringkat bahkan terancam di-banned. Hanya konten berkualitas dan relevan dengan kata kunci serta search intent pengguna yang akan naik. Menghindari duplikat konten, ini cara untuk mengecek keunikan artikel yang bisa kamu ikuti. 

(Baca Juga : Gampang! Ini Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel yang Akurat)

Cara Cek Uniq Artikel dengan Bantuan Tools Gratis 

Bagaimana cara kamu bisa tahu apakah artikel yang dibuat tersebut ternyata copy paste adalah dengan mengandalkan tools atau alat berupa website. Tools ini tersedia banyak ada yang gratis ada juga berbayar. Bagi kamu pemula, tools gratis bisa jadi pilihan untuk tahu bagaimana cara mengecek dengan benar. 

Saat ini ada beberapa tools gratis yang bisa kamu coba, langkah-langkah menggunakannya pun sangat singkat dan mudah. Cek caranya ini. 

(Baca Juga : Cara agar Artikel Blog Tidak Bisa di Copas Ternyata Mudah!)

Cek Keunikan Artikel dengan Smallseotools 

Sebuah web gratis yang bisa diakses apa saja dengan begitu banyak layanan. Mulai dari cek keunikan artikel, backlink, domain authority dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin menggunakan tools ini maka beberapa langkah ini bisa jadi acuannya. 

1. Buka website smallseotools.com terlebih dahulu dan kamu akan diarahkan ke halaman utamanya. 

2. Setelah itu pilih menu layanan yang tersedia, untuk cek keunikan artikel pilih Plagiarism Checker. 

3. Setelah itu akan muncul box yang bisa kamu isi dengan konten artikel, di sini kamu tinggal copy paste artikelnya saja. 

4. Setelah itu check pada bagian I’m not robot dan klik Check Plagiarism. 

5. Tunggu sampai muncul hasilnya, jika artikel benar-benar unik maka hasilnya 100% unique. 

Sampai di sini kamu sudah berhasil untuk mengecek apakah artikel yang dibuat tersebut unik bebas dari duplikasi. Sangat mudah dan juga cepat, hanya saja untuk akses fitur gratisnya kamu hanya bisa mengecek artikel 1.000 kata saja. Jadi jika ada 5.000 kata maka kamu harus mengeceknya berulang sebanyak 5 kali. 

Smallseotools ini juga menyediakan layanan berbayar yang kelebihannya adalah kamu bisa mengecek sebanyak apapun kata yang diinginkan. Jika kamu sudah bisa menghasilkan uang dari menulis di blog, berlangganan Smallseotools berbayar bisa jadi pilihan tepat. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

Cek Keunikan Artikel dengan Duplichecker 

Selain Smallseotools alat lain yang kerap digunakan adalah website Duplichecker.com. Tidak hanya mengecek duplikasi konten tetapi juga backlink, posisi kata kunci, reverse image search dan masih banyak lagi. Satu tools saja sudah sangat membantu kamu untuk optimasi konten. 

Cara menggunakan Duplichecker ini juga tidak jauh berbeda yaitu sebagai berikut:

1. Buka web browser kemudian akses laman duplichecker.com. 

2. Kamu akan langsung diarahkan pada halaman pengecekan keunikan artikel. Pada kotak yang sudah disediakan kamu tinggal paste saja artikel yang ingin dicek. 

3. Di sini kamu juga harus klik menu I’m not robot kemudian pilih Check Plagiarism. 

4. Tunggu hasilnya, jika konten unik maka akan muncul informasi 100% unique. 

Sampai di sini hasil tingkat keunikan artikel akan muncul. Apabila artikel tersebut terdeteksi plagiasi di beberapa bagian kamu juga bisa melihatnya. Tinggal cek hasilnya dan lihat pada bagian kalimat yang di-highlight. Kamu juga bisa melihat sumber kalimat yang digunakan tersebut. 

Hal yang sama juga akan muncul ketika kamu menggunakan Smallseotools tadi. Jika terjadi plagiasi maka kamu bisa mengubah kalimat tersebut menjadi berbeda. Jangan lupa untuk mengecek kembali keunikan artikel menggunakan tools yang sama. 

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

0 comments

Posting Komentar