Senin, 10 Oktober 2022

Gampang! Ini Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel yang Akurat


Jumlah kata dalam suatu artikel menjadi salah satu penentu kualitas. Oleh karena belajar dulu cara menghitung jumlah kata dalam artikel yang benar sebelum melakukan posting. Kurangnya jumlah kata ini bisa mempengaruhi apakah artikel bisa masuk ke peringkat utama Google. 

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

Banyak sedikitnya jumlah kata juga mempengaruhi angka bounce rate. Tulisan panjang yang berkualitas akan membuat rasio pentalan pengunjung ini semakin berkurang. Lalu seperti apa cara menghitungnya bisa kamu simak di sini. 

Cara Menghitung Jumlah Kata dalam Artikel dengan Tools Gratis 

Kamu yang selama ini menggunakan Microsoft Word tentu sudah terbiasa untuk mengetahui jumlah kata dalam artikel atau konten yang sedang dibuat. Caranya tinggal masuk saja ke Menu Review kemudian pilih Word Count. Maka akan langsung muncul informasi jumlah kata, halaman, karakter dan lainnya. 

Informasi jumlah kata pada Ms Word juga akan kamu temukan pada bagian bawah kiri layar. Selain Ms Word, kamu juga bisa memanfaatkan tools gratisan yang kini tersedia banyak. Berikut ini beberapa alat yang bisa kamu gunakan sebelum posting artikel. 

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

Cek Jumlah Kata dengan Wordcounter360

Alat gratis yang pertama ini sudah cukup lama tersedia dan masih banyak digunakan para blogger. Jika menggunakan alat ini kamu bisa mengikuti langkah berikut:

1. Buka tab baru atau web browser kemudian masuk ke situs wordcounter360.com. 

2. Pada halaman utamanya kamu akan melihat box yang tersedia untuk diisi konten artikel. Kamu tinggal paste saja artikel yang ingin dicek. 

3. Setelah artikel dimasukkan maka akan muncul informasi jumlah kata sekaligus karakternya. 

Kelebihan dari tools ini adalah bisa menampilkan informasi keyword density dan rincian mengenai artikel yang berkaitan dengan SEO lainnya. Jadi kamu bisa sekaligus memperbaiki penggunaan kata kunci jika lebih dan kurang. 

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini dia Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya)

Cek Jumlah Kata dengan Smallseotools 

Ternyata alat yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengecek duplikasi konten tetapi juga terdapat layanan menghitung jumlah kata. Bagaimana cara menggunakannya, kamu bisa ikuti langkah mudah ini. 

1. Buka web dan akses smallseotools.com. 

2. Pada menu yang tersedia kamu tinggal pilih Word Counter. 

3. Baru setelah itu copy paste artikel yang ingin kamu cek jumlah katanya. 

4. Klik Count Words dan tunggu sampai hasilnya keluar. 

Hasil dari perhitungannya adalah jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi maupun tanpa spasi. Kelebihan lain menggunakan tools ini adalah ada estimasi waktu reading dan speaking. Jadi kamu akan tahu berapa lama pengunjung blog akan membaca artikel tersebut. 

(Baca Juga : Cek Cara Mengetahui Pengunjung Blog Kita Cukup dengan Tools Ini!)

Cek Jumlah Kata dengan Wordcounttool

Terakhir adalah tools yang mirip dengan Wordcounter360. Sama-sama ringan ketika dibuka, ada beberapa informasi yang bisa didapatkan ketika menggunakannya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat menggunakan tools ini.

1. Pertama buka web browser kemudian akses situs wordcounttool.com.

2. Lanjutkan dengan copy paste artikel pada box yang sudah disediakan. 

3. Hasilnya akan langsung terlihat mulai dari jumlah kata, karakter, kalimat sampai paragraf. 

Sama seperti tools lain, situs ini memiliki keunikan tersendiri. Kamu bisa melihat berapa jumlah pengulangan kata. Misalnya kamu menggunakan kata ‘yang’ sebanyak 20 kali atau kata ‘dalam’ sebanyak 10 kali dalam artikel tersebut. 

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)

Segera coba masing-masing cara menghitung jumlah kata dalam artikel dengan tools yang berbeda ini. Kamu bisa memilih mana kelebihan yang dapat membantu kamu menciptakan artikel dengan isi yang berkualitas dan tentu saja sesuai SEO. 

(Baca Juga : Kenali Cara Cek Uniq Artikel agar Terbebas dari Duplikat Konten)

0 comments

Posting Komentar