Minggu, 02 Oktober 2022

Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya

Jumlah Kata Ideal Dalam Artikel Blog

Media blog masih terus banyak diminati, bukan sekedar untuk curhat tetapi juga strategi marketing. Pertanyaannya adalah, berapa minimal jumlah kata artikel di blog? Hal ini kerap dipertanyakan oleh blogger pemula.

Angka ideal dari jumlah kata per artikel untuk blog ini bisa bervariasi tergantung dengan acuan yang digunakan yaitu keyword. Kamu yang saat ini sedang mulai mendalami dunia blog bisa menyimak informasi berapa jumlah kata yang ideal ini.

Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog yang Bagus

Setiap orang memiliki tujuan menulis artikel di blog berbeda-beda. Ada yang ingin agar tulisannya dikenali, ada yang ingin rangking satu di Google dan masih banyak lagi. Jumlah kata bisa disesuaikan berdasarkan tujuan kamu menulis artikel.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

Berikut ini beberapa angka ideal menurut acuan tertentu yang bisa dijadikan pedoman sederhana.

1.    Angka Ideal Menurut Yoast

Yoast salah satu plugin SEO yang kerap digunakan memiliki angka ideal dalam penulisan artikel yang baik yaitu cukup 300 kata saja. Angka ini tentunya mempermudah kamu para pemula yang masih belajar menulis.

Menurut Yoast, 300 kata adalah angka yang ideal untuk tulisan artikel yang SEO friendly. Jadi selain kamu bisa memberikan informasi yang padat dan jelas, artikel juga sudah bagus dari segi SEO.

(Baca Juga : Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas)

2.    Angka Ideal Menurut Moz.com

Ada juga tools SEO lain yang berbayar dan menjelaskan berapa jumlah kata ideal dalam sebuah artikel blog. Menurut Moz.com jumlah kata yang bagus adalah sekitar 3.000 hingga 10.000 kata.

kamu yang mendengar ini mungkin akan terkejut karena perbedaan dari pedoman yang pertama. Memang benar untuk artikel yang berkualitas dengan riset mendalam akan lebih baik untuk menulis dalam jumlah kata yang lebih banyak.

(Baca Juga : Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

Selama artikel enak dibaca maka bisa membuat pembaca semakin betah. Hal ini bagus untuk trafik sekaligus menurunkan bounce rate. Mengingat kata yang begitu banyak, maka perlu latihan agar bisa mencapai tulisan yang panjang.

3.    Angka Ideal Menurut Backlink

Sebuah situs yang kerap jadi acuan untuk pelatihan SEO menjelaskan bahwa artikel yang bagus memiliki jumlah kata 1.890. Hal tersebut dilihat dari rata-rata artikel yang berada di page one Google.

Jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan acuan menurut Moz.id namun angka tersebut masih termasuk artikel yang cukup panjang. Jika melihat dari angka ini kamu yang sudah sering berlatih untuk menulis tentu tidak akan kesulitan untuk membuatnya.

Sekarang kamu tidak bingung lagi kan berapa minimal jumlah kata artikel di blog. Jika masih merasa kesulitan, sesuaikan juga jumlah kata dengan keyword. Cek berapa jumlah kata artikel yang berada di halaman pertama Google sesuai dengan keyword yang akan digunakan. -SegudangCara

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

0 comments

Posting Komentar