Minggu, 02 Oktober 2022

Cara Optimasi SEO On Page Bisa untuk Blogger Pemula

Cara Optimasi SEO On Page

Bukan hanya admin website saja yang harus melakukan SEO on page, kamu bloggerpemula juga perlu menerapkannya. Cara optimasi SEO on page menjadi hal utama selain SEO off page yang biasanya diperhatikan pertama kali.

Begitu kamu membuat blog baik yang gratisan atau berbayar, SEO on page ini bisa diterapkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mempermudah visitor menemukan blog kamu dan mau terus mengikuti konten yang tersedia. Apa saja caranya, simak di sini.

Cara Optimasi SEO On Page yang Mudah untuk Blogger

Apa yang dimaksud SEO on page adalah optimasi yang dilakukan terkait hal internal dalam blog atau website. Komponennya ada begitu banyak yang rata-rata perlu diperhatikan pemula adalah berhubungan dengan konten.

(Baca Juga : Apa Itu SEO? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya)

Baik itu kualitas konten sampai dengan formatnya. Biasanya untuk memudahkan optimasi dipasang tools seperti Yoast, Rank Math, dan lain sebagainya di dalam blog. Tidak sabar untuk mengetahui cara optimasinya, berikut hal yang bisa dilakukan.

1.    Pemilihan dan Peletakan Kata Kunci

kamu bisa menentukan kata kunci terlebih dahulu, pastikan bahwa hasil pencarian kata kunci tersebut tinggi. Cek juga bagaimana persaingan di kata kunci tersebut. Setelah itu kata kunci yang harus dimasukkan ke dalam artikel harus benar.

Setidaknya kata kunci berada di judul, di paragraf pertama atau kedua bisa juga di 100 kata pertama. Kata kunci juga harus di sebar di badan artikel dengan penyebutannya yang alami tidak dipaksakan. Terakhir adalah harus ada di paragraf penutup.

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)

2.    Menulis Judul yang Menarik dan Informatif

Tidak hanya menarik judul yang kamu buat juga harus informatif. Judul jadi tolak ukur apakah pengguna mesin pencari akan klik konten yang telah kamu buat. Menambahkan angka pada judul atau menggunakan kata ‘cara’ pada artikel tutorial bisa jadi trik untuk menarik perhatian.

kamu bisa mengecek judul-judul konten yang berada di halaman pertama mesin pencari. Cobalah untuk membuat yang unik dan clickbait.

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini dia Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya)

3.    Jangan Lupakan Meta Deskripsi

Meta Deskripsi adalah penjelasan isi artikel yang berada di bawah judul dari hasil penelusuran mesin pencari. Penulisannya adalah maksimal 160 karakter dan harus dibuat menarik seperti judul.

kamu bisa membuat penjelasan singkat mengenai isi artikel sekaligus mengundang rasa penasaran agar pengguna ingin tahu lebih lanjut. kamu bisa memanfaatkan plugin seperti Yoast untuk mengukur jumlah karakter katanya.

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

4.    Selalu Gunakan Heading dan Subheading

Penambahan Heading dan Subheading sangatlah penting karena di sinilah mesin pencari akan memahami struktur artikel. Penggunaan Heading dan Subheading ini tidak jauh berbeda dengan bab dan subbab jadi kamu tinggal menambahkannya saja.

Penggunaannya bisa dilakukan saat masih bentuk dokumen di Word atau Google doc. Begitu juga kamu bisa menambahkannya ketika ingin posting.

5.    Memperhatikan Penulisan URL

Tepat sebelum posting kamu harus mengecek terlebih dahulu URL yang akan digunakan. URL ini harus mengandung kata kunci dan tidak boleh terlalu panjang. Apalagi jika muncul penambahan angka di akhir URL.

Mengapa URL yang singkat ini penting adalah untuk mempermudah mesin pencari melakukan indexing. URL yang terlalu panjang dengan penambahan angka dapat mempengaruhi indexing menjadi lebih lama.

6.    Jangan Lupa Menambahkan Kata Kunci Turunan

Selain kata kunci utama, ada baiknya jika kamu menambahkan kata kunci turunan atau yang lebih dikenal sebagai LSI. Kata kunci turunan ini akan memperkaya konten kamu dengan kata kunci yang banyak dicari sehingga kemungkinan muncul semakin tinggi.

Soal penempatan kata kunci ini juga harus disebar di beberapa bagian artikel. Pencarian kata kunci turunan ini paling mudah adalah melalui Google Search. Kamu tinggal masukkan saja kata kunci turunan yang relevan.

7.    Menambahkan Outbond dan Internal Link

Ketika menuliskan berdasarkan fakta atau data ada baiknya jika kamu menyisipkan outbond link atau link yang mengarah ke website lain. Pastikan bahwa kamu mengarahkan ke website yang terpercaya seperti jurnal atau media nasional terkenal. Rujukan ini juga harus sesuai dengan konten yang sedang kamu bahas.

Selain itu pasang juga internal link yaitu tautan yang mengarah ke artikel lainnya di blog atau website kamu. Tujuannya agar mempermudah pengunjung klik artikel yang relevan. Selain itu adanya outbond link dan internal link akan meningkatkan kualitas link building website di mata Google. 

8.    Pastikan Tema Mobile Friendly

Saat ini banyak yang mengakses informasi di Google melalui smartphone. Kamu sebagai pemilik blog atau website juga harus membuat konten yang mobile friendly. Apa yang dimaksud dengan mobile friendly adalah tema yang responsif. Konten harus memiliki kecepatan yang baik saat diakses melalui ponsel.

Begitu juga dengan pembuatan tulisan seperti setiap paragraf hanya terdiri dari dua sampai tiga kalimat. Gambar yang tidak terlalu berat sehingga lebih cepat saat pengunjung membuka melalui ponsel.

Semua cara optimasi SEO on page perlu dilakukan setiap hari khususnya saat kamu ingin upload artikel baru. Lama kelamaan kamu akan terbiasa menerapkannya dan tinggal menunggu hasil artikel naik di halaman utama Google. 

Sebenarnya masih banyak cara optimasi SEO on page yang masih bisa kamu lakukan. Seperti soal gambar, internal link dan kecepatan akses blog. Hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah buat blog kamu agar mobile friendly karena sebagian besar orang kini mengakses informasi melalui smartphone. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar