Senin, 03 Oktober 2022

Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan


Ada banyak faktor yang mempengaruhi Google ranking, sehingga konten yang telah dipunggah dalam website tidak bisa muncul di halaman utama mesin pencarian Google.

Bagi seseorang yang sedang berkecimpung di dalam dunia website, Google ranking memiliki peranan penting untuk mendapatkan traffic bagus. Semakin bagus traffic maka semakin besar pula kesempatan konten berada di halaman utama mesin pencarian Google.

Jika konten selalu berada di halaman utama pencarian, maka website akan semakin ramai pengunjung. Semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan diperoleh.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Google ranking. 

Faktor yang mempengaruhi Google ranking

Sebetulnya, ada cukup banyak faktor yang dapat mempengaruhi peringkat Google, namun tidak ada yang bisa memastikan seperti apa detailnya, bahkan seorang yang ahli dalam SEO pun tidak akan bisa menemukannya.

Namun, apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan Google ranking? Jawabannya tentu saja ada. Cara lain yang bisa dilakukan adalah  fokus pada penerapan dan ketentuan SEO yang telah diberikan oleh Google. Dengan begitu, website akan menjadi semakin bagus dan kemungkinan besar akan mendapatkan traffic yang bagus.

Konten berkualitas

Untuk menaikkan Google ranking, maka sebaiknya yang harus dilakukan adalah memperbaiki kualitas konten. Misal, kamu adalah seorang penulis artikel, maka kamu harus bisa menulis sebuah artikel dengan topik unik dan isinya juga berkualitas.

Adapun kriteria konten yang berkualitas adalah harus orisinal, artinya tidak boleh mencontek ataupun menyalin artikel dari website lain.  Selain itu, cara penulisan juga harus diperhatikan. Seorang penulis yang menginginkan artikelnya masuk ke halaman utama pencarian haruslah menulis sesuai dengan EYD.

Tidak hanya itu, konten juga harus berisi gambar maupun video dan grafik agar terlihat lebih menarik dan mudah dimengerti. Tidak lupa, buatlah headline yang baik dan kuat, serta ciptakan engaging content yang sempurna.

(Baca Juga : Istilah-istilah dalam SEO)

SEO yang diterapkan harus baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa SEO merupakan salah satu faktor penting untuk bisa membuat konten berada di halaman utama mesin pencarian Google.

Untuk itu, penerapan SEO yang baik sangat penting untuk dilakukan. Disini, kamu bisa menerapkan SEO Off Page dan SEO On Page. Keduanya sangatlah penting dan harus diterapkan agar website mu bisa mendapatkan peringkat bagus dari Google.

(Baca Juga : Apa itu SEO?)

Backlink

Tidak semua backlink bisa membuat website berada di peringkat Google karena hanya backlink berkualitas lah yang mampu mempengaruhi ranking.

Backlink merupakan tautan yang nantinya akan mengarah pada website mu. Biasanya masuk dalam penerapan SEO Off Page.

Untuk itu, lakukan penyaringan backlink secara rutin untuk menghapus yang tidak penting. Sebab, jika banyak backlink yang jelek, maka akan berpengaruh pada jumlah pengunjung yang akan mengklik link yang kamu tanamkan.

(Baca Juga : Pengaruh Penting Backlink untuk Website / Blog)

Optimasi kata kunci

Optimasi kata kunci juga sangat penting dan mempengaruhi Google ranking. Hal itu dikarenakan, setiap orang yang ingin mencari informasi di Google akan mengetik kata kunci terlebih dahulu.

Kata kunci dapat memudahkan mereka menemukan informasi yang sedang dicari. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk optimasi kata kunci sebaik mungkin agar konten website mu bisa berada di halaman mesin pencarian.

Jika konten website mu berada di halaman utama, maka semakin banyak pula pengunjung yang mampir, sehingga dapat menaikkan traffic dan peringkat Google.

Salah satu cara Optimasi kata kunci adalah hindari memasukkan kata kunci terlalu banyak atau berlebihan pada konten, contohnya artikel.

Kecepatan website

Tidak hanya berisi konten yang bagus dan kata kunci yang bagus, kecepatan website juga dapat mempengaruhi peringkat Google.

Bayangkan saja, ketika ingin mencari informasi dan ternyata berada di halaman utama pencarian, namun saat di klik website tak kunjung terbuka, tentu menimbulkan rasa kesal dan malas untuk membukanya lagi. Bahkan, jalan terbaik yang akan dilakukan adalah menutupnya dan membuka website yang lain.

Jika demikian, maka percuma konten website kita berada di halaman utama namun pengunjung malas membukanya karena lambat, otomatis website akan sepi pengunjung dan tidak mendapatkan traffic yang bagus.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kecepatan website dengan cara menggunakan Tools yang bisa didapatkan secara gratis, contohnya PageSpeed Insight.

(Baca Juga : Rekomendasi Platform Blog Terbaik Gratis)

Website mobile friendly

Hampir semua orang di dunia memiliki ponsel, khususnya smartphone. Bahkan, benda ini menjadi salah satu kebutuhan utama yang wajib ada.

Sebab, dengan adanya smartphone, mereka bisa mencari dan menemukan informasi apapun dengan mudah. Untuk itu, jika kamu memiliki website, pastikan sudah mobile friendly yang artinya bisa diakses melalui ponsel.

Dengan demikian, akan banyak pengunjung yang mampir ke website mu dan membuatnya menjadi ramai.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog)


Nah, itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Google ranking yang harus diperhatikan jika ingin mengelola website, khususnya untuk bisnis. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar