Senin, 03 Oktober 2022

5 Cara Optimasi SEO Off Page yang Mudah Dilakukan Pemula

Tidak sedikit pemula yang melupakan SEO off page, padahal perannya sama pentingnya dengan SEO on page. Cara optimasi SEO off page juga tidak tergolong sulit hanya saja perlu dilakukan dengan rutin sehingga hasilnya bisa lebih cepat terlihat.

Kamu sebagai pemula sebaiknya terus melakukan strategi SEO off page ini terus beriringan dengan on page. Jadi jangan hanya fokus untuk memperbaiki faktor internal website saja, tetapi juga eksternalnya. Berikut ini cara-cara sederhana yang bisa dilakukan.

(Baca Juga : Apa itu Backlink? Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya)

5 Cara Optimasi SEO Off Page Wajib Dilakukan Rutin

SEO off page merupakan optimasi yang fokusnya pada hal-hal di luar website misalnya memanfaatkan forum di media sosial hingga link building. Hal yang tampaknya remeh temeh ini ternyata memberikan dampak yang cukup besar terhadap kenaikan visitor.

Para pemula bisa menyimak kelima cara berikut ini untuk menjalankan strategi SEO off page.

1.    Mention Konten di Berbagai Media Sosial

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan pengunjung ke web hanya dengan mention konten. Bisa berupa judul artikel hingga URL. Misalnya kamu membuat status yang mengajak orang lain untuk mengunjungi link.

Manfaatkan fitur share konten yang ada di website agar bisa langsung terhubung ke media sosial. Lakukan setiap kamu posting artikel baru, lebih baik lagi jika masuk ke grup di sosial media. Namun pastikan grup tersebut relevan dengan konten yang dibagikan.

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

2.    Melakukan Guest Blogging

Cara ini termasuk dalam salah satu strategi link building yaitu dengan menulis dan posting artikel yang berkualitas pada website lainnya. Bukan hanya menulis artikel, kamu bisa menambahkan link yang ditautkan ke website sendiri.

Jadi kamu tidak hanya membagikan konten yang menarik tetapi juga mendapatkan backlink yang mengarah ke website. Supaya bisa menjadi guest blogging, kamu tentu harus membangun relasi yang luas.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

3.    Melakukan Blog Walking

Hampir mirip dengan yang pertama, hanya saja di sini medianya adalah blog. Kamu bisa lebih rajin untuk mengunjungi blog yang topiknya relevan dengan website yang dimiliki. Memberikan komentar dan menautkan link ke setiap komen blog bisa jadi salah satu cara SEO off page.

Dibutuhkan waktu khusus untuk bisa melakukannya karena ada jutaan blog yang saat ini tersedia di mesin pencari. Kamu bisa menyeleksi mana blog dengan potensi visitor bagus untuk dipilih. Baru berikan komen yang menarik dan sebarluaskan link website kamu.

4.    Mendapatkan Ulasan yang Positif

Saat ini ada banyak sekali website atau platform yang menyediakan ulasan-ulasan mengenai produk hingga website. Kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk mendapatkan ulasan yang positif.

Tentu saja sebelumnya kamu harus memperbaiki konten yang dimiliki sehingga bisa memberikan pengaruh dan memperoleh review positif ini.

(Baca Juga : Rekomendasi Website/Platform Penyedia Blog Gratis Terbaik)

5.    Memasang Backlink

Backlink adalah link building yang memberikan pengaruh sangat besar. Jika ingin mendapatkan backlink secara alami maka kualitas konten harus luar biasa. Namun tidak ada salahnya juga untuk membeli backlink melalui jasa tertentu.

Pembelian backlink ini juga harus dicek ulang apakah website atau blog yang dipilih berkualitas dengan relevansi terbaik. Pastikan kamu hanya memasang backlink di website atau blog yang berkualitas pula.

(Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!)

Inilah berbagai cara optimasi SEO off page yang bisa kamu dilakukan. Setiap caranya harus dilakukan dengan sabar dan juga rutin. Konsisten adalah kunci keberhasilan agar trafik website terus naik sehingga bisa segera masuk ke page one Google.

Terutama kamu yang membuat website untuk keperluan bisnis. SEO off page menjadi bagian yang harus lebih diperhatikan.

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

0 comments

Posting Komentar