Senin, 03 Oktober 2022

Apa Itu Blogwalking? Blogger Pemula Wajib Tahu


Kamu adalah blogger pemula? Banyak istilah yang harus diketahui salah satunya adalah blogwalking. Apa itu blogwalking? Seperti apa manfaat melakukannya? Bukan hanya definisi saja yang harus kamu ketahui tetapi juga cara melakukannya.

Pasalnya blogwalking memberikan pengaruh besar terhadap trafik. kamu yang nge-blog tentu memiliki cita-cita agar hasil tulisan banyak dikenal bukan? Oleh karena itulah penting mengenali pengertian blogwalking hingga cara melakukannya yang benar.

Apa Itu Blogwalking dan Manfaatnya

Mendengar istilahnya saja kamu tentu sudah bisa menebak apa pengertian dari blogwalking. Jalan-jalan menjelajahi blog inilah yang harus dilakukan seorang blogger untuk bisa mendapatkan ide, bersosialisasi dengan sesama blogger dan masih banyak lagi.

(Baca Juga : Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing)

Bukan hanya sekedar mengunjungi, kamu juga perlu menuliskan komentar yang bisa menjadi awal mula diskusi. Di sinilah kamu bisa saling mengenal dengan blogger lainnya. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan setelah melakukan blogwalking, berikut deretannya.

1.    Mengetahui Trend dan Memperoleh Bahan Tulisan

Manfaat yang pertama ini bisa membuat kamu memperluas wawasan akan trend yang sedang berlangsung. Ide dari trend inilah yang bisa menjadi bahan tulisan untuk blog kamu nantinya.

kamu jadi lebih mudah untuk mengetahui trend tulisan seperti apa yang banyak dipilih. Begitu juga dengan topik apa saja yang banyak disukai. Belajar dari blogger lainnya kamu tentu bisa memperoleh bahan tulisan dan membuat dengan sudut pandang berbeda.

2.    Saling Membantu Antar Blogger

Manfaat utama dari blogwalking adalah memperluas jaringan yang nantinya bisa mempermudah kamu untuk saling membantu. Misalnya kamu bisa saling bertukar ilmu mengenai cara mengelola blog yang benar.

Bisa juga mendapat bantuan masalah teknis yang mungkin cukup menantang. kamu yang mungkin saja bukan dari anak IT bisa memperbaiki masalah teknis dengan belajar dari blogger lainnya.

3.    Mendapatkan Bahan untuk Memperbaiki Tulisan

Tidak hanya ide baru, kamu juga perlu melakukan evaluasi terhadap tulisan di blog yang telah dibuat. kamu bisa mengetahui lebih jauh tentang gaya penulisan, ide cerita dan masih banyak lagi.

Mencontoh blogger-blogger yang sudah naik daun, nantinya kamu bisa menemukan ciri khas tersendiri pada tulisan di blog yang sedang dibangun. Selama sering melakukan blogwalking, lebih mudah untuk membandingkan karya milik kamu dengan orang lain.

(Baca Juga : Cara Optimasi SEO On Page Bisa untuk Blogger Pemula)

Cara Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula

Tidak sedikit pemula yang merasa kebingungan langkah awal apa yang sebaiknya dilakukan dalam blogwaking. Tenang, saat ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi soal blog jadi kamu tinggal melakukan penelusuran.

Beberapa langkah berikut ini bisa kamu lakukan untuk melakukan blogwalking.

1.    Mencari Blog Terkenal dengan Niche Sama

Selektif dalam memilih blog jadi kunci, jika pengunjung blog sedikit dan isinya tidak bermutu untuk apa dipilih. Selain memilih blog yang terkenal, kamu juga perlu memperhatikan niche, pastikan sudah sesuai dengan blog yang sedang dibuat.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung / Trafik Blog Dengan Cepat)

2.    Memilih Artikel Bermanfaat Baru Memberikan Komentar

Jangan sembarangan meninggalkan komentar. kamu juga harus selektif terhadap artikelnya dan isi komentar. Pastikan sudah membaca artikel menyeluruh dan berikan komentar yang positif.

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)

3.    Menunjukkan Identitas

Disebut dengan Gravatar yakni foto profil yang bisa menunjukkan identitas. Buat gravatar asli dan mudah untuk diingat atau menarik. Tujuannya agar pemilik atau pengunjung blog tersebut dapat teringat dengan identitas kamu di kolom komentar.

Inilah pengertian apa itu blogwalking sampai dengan cara melakukannya. kamu tentunya tidak akan merasa kesulitan karena hanya butuh waktu luang saja. Pilih terlebih dahulu blog kemudian cari artikel yang menarik baru tinggalkan komentar. Lakukan dengan rutin hingga kamu bisa membangun hubungan baik dengan blogger lain.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

0 comments

Posting Komentar