Selasa, 01 November 2022

Cara Meningkatkan Pengunjung / Trafik Blog Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Cara Meningkatkan Pengunjung / Trafik Blog Dengan Cepat - Bagi seorang blogger dan pembisnis online, tentunya pengunjung atau trafik sangatlah penting. Pengunjung sangat berguna untuk mendongkrak popularitas website yang kita miliki. Dengan populernya blog atau website, maka aset kita dalam berbisnis online akan semakin besar.

Sebenarnya cara meningkatkan pengunjung blog ataupun website itu ada banyak sekali, baik secara Gratis ataupun Berbayar. Jika memang kamu serius menjadikan dunia maya sebagai ladang bisnis, ane sarankan memakai keduanya. Berikut beberapa cara meningkatkan trafik blog dengan cepat yang bisa kamu lakukan sekarang juga.


Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog Gratis


1. Melalui Blog Walking


Blog walking merupakan aktivitas mengunjungi blog orang lain kemudian kita meninggalkan komentar disana. Blog walking hanya bisa kamu lakukan ke blog yang menyediakan kolom komentar. Apabila sudah menemukan, jangan sia-siakan kesempatan satu ini.

Kebanyakan para blogger pemula mengganggap kolom komentar sebagai lahan tanam backlink sebesar-besarnya. Jika kamu masih melakukan hal demikian, maka bisa jadi bulan depan website kamu dianggap sebagai SPAM. Oleh sebab itu, berkomentarlah dengan sewajarnya saja.

(Baca Juga : Apa Itu Blogwalking?)

Sebelum berkomentar, sangat disarankan untuk membaca artikel postingan blog tersebut terlebih dahulu. Apabila dalam artikelnya ada yang kurang, kamu bisa menambahkan melalui kolom komentar. Kemudian jangan lupa letakkan URL situs kamu disana. Jika komentar kamu menarik dan bermanfaat, besar kemungkinan pengunjung dari situs tersebut akan menuju ke website kamu.

2. Melalui situs Social Bookmarking


Situs-situs social bookmarking pada awalnya dibuat untuk para netter agar lebih mudah dalam mengakses suatu alamat website tertentu. Namun seiring dengan perkembangannya, situs social bookmark digunakan oleh para blogger untuk optimasi SEO dalam meningkatkan pengunjung.

Caranya kita bisa menyimpan URL situs atau URL postingan ke beberapa situs social bookmark, dengan harapan pengguna lain tertarik terhadap URL tersebut dan mengunjungi website kita. Selain itum situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi menurut ane, situs-situs tersebut cukup potensial dan harus digunakan secara maksimal.


3. Promosi melalui Sosial Media


Orang bilang sekarang ini jamannya sosial media. Anggapan tersebut memang sangat benar sekali, pasalnya di Indonesia dan negara lain sendiri peningkatan jumlah pengguna sosial media cukup drastis. Apalagi ditambah sekarang ini banyak sekali masyarakat ayang menggunakan smartphone. Hampir bisa dipastikan setiap pemilik ponsel pintar pasti minimal mempunyai satu akun media sosial.

Bisnis yang cukup populer di sosmed akan banyak mendapatkan profit dari pada yang lain, itulah mengapa banyak pebisnis online yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Beberapa sosial media yang sering dipakai untuk mendapatkan trafik antara lain seperti Facebook, Google+, Pinterest, Youtube, Twitter, dan Linkedin. Sebenarnya ada lebih dari itu namun menurut penelusuran ane keenam itulah yang cukup potensial.

4. Guest Posting


Inilah tehnik SEO untuk meningkatkan trafik blog dengan cepat. Guest Posting dilakukan dengan cara kamu memberikan sebuah artikel kepada website besar kemudian menyuruh website tersebut meletakkan link website kamu saat artikel di publish. Selain bisa mendapatkan trafik pengunjung, kamu juga bisa mendapatkan backlink dari situs tersebut. Backlink akan semakin berkualitas tinggi apabila situs yang kamu gunakan sudah memiliki DA PA yang cukup baik.

5. Melali situs Forum


Ada banyak sekali situs forum yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah trafik. Namun agar hasilnya maksimal, kamu harus aktif dalam forum tersebut. Misalnya saja blog kamu tentang kesehatan, maka situs forum yang tepat untuk kamu adalah tentang kesehatan. Jadi, usahakan situs forum yang kamu gunakan untuk promosi website adalah situs yang se-niche.


Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog dengan Berbayar


Bagi kamu yang masih belum faham mengenai tehnik SEO dan sejenisnya, ane sarankan promosi website melalui media periklanan yang ada. Namun agar biaya tidak boros, ada baiknya kamu memakai periklanan yang sudah terbukti potensial menambah pengunjung. Berikut beberapa cara meningkatkan pengunjung / trafik blog dengan cepat secara berbayar melalui media periklanan yang ada.

1. Pasang Iklan di Situs Media Sosial


Meskipun sekarang banyak media sosial yang cukup populer, tetapi menurut ane Facebook lah yang paling efektif. Selain pneggunanya lebih banyak, dalam Facebook Ads kita juga bisa menentukan target pengunjung ketika beriklan nantinya. Sehingga akan lebih efektif dalam menjaring visitor.

Berdasarkan pengalaman sendiri, beriklan melalui medsos Facebook sangatlah mudah sekali. kamu bisa mengatur berapa biaya untuk satu klik iklan. Biaya akan semakin tinggi apabila target kamu semakin besar.

2. Memasang Iklan PPC (Pay Per Click)


Salah satu perusahaan penyelenggara iklan PPC yang paling terkenal adalah Adwords. Dia adalah perusahaan milik Google sendiri yang sudah memiliki banyka sekali advertiser (penginklan) dan publisher di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia. Keunggulan dari periklanan Google Adwords adalah iklan yang muncul akan sesuai dengan artikel publisher tersebut.

Akan tetapi, ane sendiri belum pernah memasang iklan di Google Adwords. Meski demikian, banyak pula testimmonial para pengiklan yang merasa puas setelah menggunakan Google Adwords. Oleh sebab itu, bagi kamu yang memang ingin mendapatkan pengunjung potensial dari Google, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan di Google Adwords.

3. Pasang Iklan di Situs Baris Online


Cara meningkatkan trafik blog dengan berbayar yang terakhir adalah dengan melalui iklan berbaris. Sebenarnya tidak semua iklan baris itu berayar, ada pula yang gratis. Namun apabila kamu beriklan melalui situs iklan baris, ane sarankan menggunakan yang berbayar saja. Karena menurut ane hasilnya akan jauh lebih optimal dari pada gratisan.

Catatan penting:

Kamu tidak harus melakukan semua strategi peningkatan pengunjung diatas. Sebelum melakukan beberapa cara diatas, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu kondisi website. Misalnya kualitas konten, jumlah konten, SEO On Page, kecepatan loading, dan masih banyak lagi. Hal sepele semacam ini sebenarnya sangat penting sekali untuk meningkatkan profit bisnis online kamu.


Itulah beberapa cara meningkatkan pengunjung / trafik blog dengan cepat. Sebelum menggunakan cara berbayar, ada baiknya menggunakan cara gratis terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!