Minggu, 02 Oktober 2022

Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas


Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya, apa pentingnya konten bagi blog? Salah satu peran penting konten bagi blog adalah sebagai inti atau nyawa dari blog itu sendiri.

Konten merupakan isi atau materi yang berisi berbagai informasi penting. Di dalam blog atau website, konten dibagi menjadi dua, yakni konten utama yang merupakan cerminan dari tujuan blog dibuat, dan konten pendukung yakni mater atau isi yang tujuannya untuk mendukung agar blog menjadi lebih lengkap.

(Baca Juga : Apa itu Blog?)

Pentingnya konten bagi blog

Tidak hanya sebagai inti atau nyawa dari blog itu sendiri, rupanya masih banyak alasan mengapa konten sangat penting bagi blog, diantaranya:

Membangunkan SEO dan meramaikan pengunjung

Kekuatan SEO juga ditentukan oleh konten, tak heran jika konten kerap disebut sebagai segalanya bagi SEO. 

Mesin pencari akan menampilkan konten pada hasil pencarian, serta deskripsi materi dari isi konten juga sangat penting untuk membentuk kata kunci atau yang biasa disebut dengan keyword.

Ketika SEO sudah terbentuk dengan sempurna, maka pengunjung yang datang ke blog akan semakin ramai. Dengan demikian, blog akan menjadi semakin terkenal dan traffic semakin naik.

(Baca Juga : Apa itu SEO? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya)

Menyampaikan tujuan dari pembuat konten

Tujuan membuat sebuah blog tentunya untuk menyampaikan apa yang ada dibenak sang pembuat, salah satunya adalah mengenai informasi berbagai hal.

Biasanya, tujuan dari pembuat blog bermacam-macam, seperti memperbanyak relasi atau teman, bisnis dan mencari penghasilan, bertukar pendapat, melakukan promosi atau kampanye, dan masih banyak lainnya.

Tak jarang pula, blog dibangun hanya untuk melakukan hate speech atau ujaran kebencian untuk menjatuhkan pihak lain. Dan blog seperti itu biasanya dibangun oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Trafik Blog / Website)

Menginterpretasikan blog dan pemilik

Mungkin sebagian orang masih belum tahu bahwa konten sangat penting untuk menginterpretasikan pemilik dan blog itu sendiri. Artinya, ketika seseorang yang sedang mendirikan blog, tentunya ia memiliki tema tertentu untuk dijadikan patokan konten apa yang akan diisi dalam blog nya.

Misal, blog A memiliki tema tentang biografi artis atau tokoh penting, maka tulisan pada konten yang dibuat akan selalu mengulik seputar biografi artis dan tokoh.

Sehingga, pengunjung yang mampir ke blog tersebut akan mengingat dan menyerap informasi bahwa blog A adalah blog yang berisi tentang biografi para artis dan tokoh penting.

Tidak hanya blog nya saja yang diingat, bahkan pemilik blog juga akan terlihat dan diingat. Hal tersebut dikarenakan, setiap tulisan yang dibuat pasti berdasarkan dari pola pikir si penulis yang juga sebagai pemilik blog. 

Sehingga, para pengunjung blog akan tahu seperti apa orang dibalik blog yang mereka kunjungi hanya melalui konten tulisan yang mereka baca.

(Baca Juga :  Apa itu SEO Friendly? Ini Dia Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya)

Sumber penghasilan

Di dalam konten sebuah blog pasti ada tempat kosong yang disediakan khusus untuk iklan. Tempat tersebut biasanya cukup strategis sehingga pengunjung dapat melihat iklan dengan jelas ketika sedang membaca dan melihat konten di dalam blog.

Iklan yang ada di dalam konten memberikan keuntungan bagi pemilik blog. Sebab, ia akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang tampil.

Semakin sering orang membaca konten, maka semakin banyak pula yang melihat iklan tersebut. Dengan demikian, penghasilan dari iklan akan semakin banyak. 

Tidak hanya dari klan yang ada di dalam konten, sumber penghasilan lainnya juga bisa didapatkan dari konten yang berisi tentang promosi sebuah produk.

Misalnya, ada sebuah produk kecantikan yang meminta dipromosikan dalam satu konten artikel pada pemilik blog, maka dalam satu konten artikel tersebut akan dipatok harga yang sesuai.

Pemilik blog akan membuat satu artikel yang berisi informasi lengkap hingga review yang bagus mengenai produk kecantikan tersebut.

Jadi, semakin banyak produk yang meminta untuk diiklankan dalam materi konten, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan diperoleh.

(Baca Juga : Perbedaan SEO dan SEM)

Syarat konten yang bagus dalam blog

Mengingat pentingnya sebuah konten dalam blog, maka sebagai penulis atau pemilik blog haruslah bisa menciptakan konten yang berkualitas. Lantas, seperti apa konten yang berkualitas tersebut?

Konten yang berkualitas harus orisinal alias asli. Jadi, konten yang dibuat isinya harus menggunakan gaya bahasa si penulis dan tidak boleh mencontek atau menyalin artikel dari blog atau website lain.

Konten yang asli akan dilirik oleh mesin pencarian Google, sehingga kemungkinan besar konten mu akan masuk dalam halaman utama mesin pencarian.

Selain itu, buatlah konten yang isinya sesuai dengan apa yang ditanyakan oleh pengunjung. Artinya, konten artikel yang harus dibuat harus bersifat informatif dan mengandung unsur manfaat.

Cara penulisan konten artikel juga sangat penting. Usahakan tulisan harus berdasarkan EYD dan juga tidak bertele-tele. Tepatnya, isi dari tulisan harus singkat, padat, dan jelas.

Nah. Itulah penjelasan lengkap mengenai pentingnya konten bagi blog yang mungkin masih belum banyak diketahui. Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, maka sebaiknya buatlah konten yang berkualitas agar bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan juga diri sendiri. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar