Sabtu, 01 Oktober 2022

5 Hal yang perlu Disiapkan dalam Membuat Blog, Catat dan Terapkan


Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam membuat blog. Bagi kamu yang tertarik menjadi blogger, maka jangan khawatir karena membuat blog ternyata tidaklah sulit.

Blog merupakan sarana informasi yang bisa didapatkan melalui akses internet. Tak jarang, orang salah kaprah menyebut blog dan website adalah sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok.

Beberapa perbedaan tersebut diantaranya, blog bersifat dinamis, sementara website statis. Artinya, informasi yang terdapat di dalam blog selalu ter update secara berkala, sedangkan di website tetap dan tidak berubah.

Tidak hanya itu, bahasa yang digunakan dalam konten blog cenderung santai karena berisi opini dan pengalaman penulis. Sementara, di dalam website berisi informasi yang lebih formal.

Di dalam blog juga berisi kolom komentar, sehingga setiap tulisan selesai di posting, maka penulis bisa langsung berinteraksi dengan pembaca yang menulis komentar tentang tulisan tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tidak sedikit orang tertarik membuat blog.

Hal yang perlu disiapkan dalam membuat blog

Jika kamu tertarik membuat blog untuk berbagi informasi dengan orang lain, maka sebaiknya simak beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog berikut ini.

Tentukan tujuan

Ketika seseorang sedang melakukan sesuatu, pasti ada alasan atau tujuan mengapa hal itu dilakukan, sama halnya dengan membuat blog.

Langkah pertama yang harus dipersiapkan ketika membuat blog adalah tentukan terlebih dahulu tujuan yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan topik dalam penulisan konten, khususnya artikel.

(Baca Juga : Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas)

Umumnya, ada tiga poin yang menjadi tujuan seseorang memutuskan untuk membuat blog, diantaranya hobby, sebagai media informasi, dan bisnis usaha atau periklanan. Namun, dari semua tujuan tersebut pastinya akan menghasilkan cuan jika kualitas blog yang dimiliki cukup bagus.

Membuat email

Setelah mantap menentukan tujuan membuat blog, selanjutnya adalah membuat email dengan Gmail. Email memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk proses pendaftaran dan juga sebagai media komunikasi dengan pihak Blogger.

Biasanya, pemberitahuan dari beberapa informasi penting akan masuk melalui email, seperti informasi seputar blog, follower blog, serta komentar para pengunjung blog.

Oleh sebab itu, pastikan email sudah siap dan tentu sudah ter verifikasi agar bisa berfungsi dengan baik.

(Baca Juga : Cara Membuat Email Gmail Cepat dan Mudah)

Tentukan platform blog

Perlu diketahui bawah ada banyak macam platform blog yang bisa digunakan, diantaranya blogger, wordpress, thumblr, blog, dan mywapblog. Platform sendiri berfungsi sebagai media atau alat untuk mempublikasikan artikel yang sudah dibuat. 

Saya pribadi lebih memilih menggunakan Blogger, karena Blogger cukup mudah digunakan untuk pemula seperti saya yang tidak perlu repot-repot setting vps, plugin, dan lain-lain. 

Untuk kelebihan dan kekurangan Blogger saya bahas di artikel yang berbeda, kamu dapat membacanya di artikel ini : Kelebihan dan Kekurangan Blogger.

Namun, jika kamu masih bingung untuk menentukan platform mana yang harus dipilih, maka sebaiknya pilih wordpress.org. Alasanya adalah karena dapat digunakan secara gratis namun perlu layanan hosting.

(Baca Juga : Rekomendasi Website/Platform Penyedia Blog Gratis Terbaik)

Wordpress ini cukup populer di kalangan karena banyak blog dan website menggunakan layanan ini. Ada beberapa hal mengapa banyak orang yang minat menggunakan wordpress.org selain gratis, diantaranya:

1. Mudah digunakan, alias user-friendly

2. Komunitas yang dimiliki cukup besar

3. Ada banyak tutorial yang bisa diikuti

4. Tersedia plug in yang melimpah

5. Dan yang terakhir menurut saya ini kelebihan utama dari wordpress, yaitu website bisa kamu kelola sepenuhnya, juga tidak perlu kuatir website kamu dihapus secara tiba-tiba seperti pada layanan Blogger.

Lebih lanjut mengenai kelebihan wordpress saya bahas di artikel : Apa Kelebihan Wordpress dibanding CMS Lain?

Tentukan tema blog

Menentukan tema blog atau yang biasa disebut dengan niche sangatlah penting. Sebab, dengan adanya tema atau niche yang jelas maka kamu akan fokus pada pembahasan ketika sedang menulis konten blog.

Dalam menentukan niche, maka sebaiknya harus perhatikan beberapa hal penting berikut.

1. Sesuaikan niche dengan passion atau apa yang kamu minati. 

Tujuannya agar nanti kamu bisa lebih semangat dalam mengolah konten blog. 

Selain itu, juga bisa menghilangkan rasa bosan dan jenuh ketika menulis konten sehingga bisa selesai dalam waktu yang tepat juga dengan hasil yang maksimal.

2. Pilihlah satu niche saja dan fokus untuk mengembangkannya. 

Dengan memilih dan fokus pada satu niche maka orang akan menjadi lebih mudah mengingat bahwa blog mu hanya berisi satu topik saja. 

Selain itu mereka juga akan mendapatkan banyak informasi penting yang dibutuhkan melalui blog mu, dan kemungkinan besar mereka akan menjadi pengunjung yang loyal dan berpotensi menjadikan visitor kamu menjadi return visitor.

Artikel yang ditulis harus baik

Karya tulis berupa artikel merupakan hal penting dalam blog, karena tujuan para pengunjung membuka blog mu adalah membaca dan mendapatkan informasi dari artikel yang kamu tulis.

Oleh sebab itu, tulis lah artikel sebaik mungkin, yakni bahasa yang digunakan harus sesuai dengan EYD, dan mudah dimengerti. Selain itu, gunakan bahasa yang komunikatif dan persuasif agar tidak membosankan.

Tidak hanya itu, masih ada kriteria lain yang bisa menentukan bahwa artikel yang kamu tulis sudah baik atau belum (SEO Friendly), diantaranya jumlah minimal kata adalah 500 kata per artikel, terdapat minimal satu gambar, gunakan subjudul, isi artikel bermanfaat untuk banyak orang.

Dan menurut Google, konten yang berkualitas pun dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu dan berpotensi mendapatkan backlink yang natural, yaitu sebuah link tautan yang menjadikan blog kamu sebagai referensinya.

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)


Untuk yang ingin lebih mendalami tentang blog / website atau ingin membuat blog kamu muncul di halaman pertama Google, kamu harus mulai memahami apa itu SEO serta istilah-istilah didalamnya, karena ini juga merupakan salah satu kiat untuk meningkatkan pengunjung blog kamu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu disiapkan dalam membuat blog. Semoga dengan artikel ini kamu bisa memperoleh informasi yang kamu cari. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar