Selasa, 01 November 2022

Apa Itu Blog? Pembahasan Lengkap Tentang Blog!

Apa Itu Blog?


Apa itu blog? Pada dasarnya, blog adalah singkatan dari istilah weblog, sehingga dapat dipastikan bahwa blog dan website memiliki arti yang berbeda. Umumnya, blog akan digunakan oleh sebagian orang untuk mencari berbagai macam informasi di dunia maya. Jadi, bisa dibilang manfaat blog sendiri sangatlah beragam.


Meski sudah ada banyak orang yang mengenal istilah ini dengan baik, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum mengenalnya dengan baik. Untuk itu, di sini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan manfaatnya secara lengkap.

Daftar Isi Artikel Ini

 

Apa Itu Blog?


Blog dapat diartikan sebagai jurnal online yang dapat menampilkan beragam informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan unggahan terbaru yang akan muncul terlebih dahulu. Dalam arti lainnya, blog adalah wadah untuk menyebarkan berbagai macam informasi yang berupa opini, analisis, maupun jenis data digital lainnya ke dunia maya secara luas.

Untuk jenis kontennya sendiri tidaklah terbatas, bisa dalam bentuk gambar, video, audio, teks, atau bahkan grafis yang cukup rumit sekali pun. Nantinya, jika dilihat dari skalanya blog akan memiliki bentuk yang berbeda dari website. Blog memiliki skala yang lebih minimalis, murah, dan bahkan gratis.


Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat blog sendiri akan sangat dipengaruhi oleh individu-individu yang menggunakannya, cakupan konten yang diunggahnya, dan tujuan dari pembuatan blog tersebut. Meski awalnya blog lebih sering digunakan oleh individu tertentu, sekarang blog juga sering digunakan oleh media-media besar untuk menyebarkan informasi kepada khalayak publik.

Perbedaan Blog dan Website


Tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang apa saja perbedaan di antara blog dan website. Pada dasarnya, kedua jenis halaman di internet ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sampaikan informasi lengkapnya:

1. Blog


Sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan di bagian sebelumnya, bahwa sebenarnya blog dapat diibaratkan sebagai jurnal online yang bisa menampilkan beragam informasi dalam urutan kronologis yang terbalik. Dalam hal ini, blog dapat berisikan berbagai macam jenis konten yang berbeda, seperti opini, pengalaman, berita, maupun informasi-informasi pengetahuan tertentu.

Umumnya, blog akan memiliki sifat yang lebih dinamis. Maka dari itu, konten dalam halaman ini harus selalu ditambah dan diunggah secara berkala. Konten yang ada pada suatu blog dapat diibaratkan sebagai nyawa dari halaman itu sendiri. Semakin banyak konten menarik yang ada di halaman tersebut, hal ini dapat membuat blog lebih mampu bertahan di persaingan yang cukup ketat.


Selain itu, blog dan website juga memiliki perbedaan pada bidang kepemilikannya. Untuk blog sendiri lebih sering dimiliki oleh perseorangan. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ada juga beberapa perusahaan maupun lembaga yang menggunakan blog untuk kepentingannya masing-masing.

2. Website


Berbeda dengan blog, untuk website adalah kumpulan halaman online yang bisa diakses dengan menggunakan internet melalui alamat domain yang telah ditentukan. Biasanya, di dalam website akan tersedia informasi yang berkaitan dengan produk maupun layanan tertentu yang sedang ditawarkan.

Oleh karena itu, website memiliki sifat yang lebih statis. Dalam arti lainnya adalah desain dan konten dari website tersebut tidak diharuskan untuk selalu diperbarui. Sebab, website lebih berfokus pada informasi-informasi yang berkaitan dengan suatu bisnis tertentu.

Sementara itu, jika dilihat dari segi kepemilikannya pun juga cukup berbeda. Biasanya, orang-orang maupun suatu lembaga tertentu hanya akan membuat website untuk kepentingan bisnisnya masing-masing. Website bisa menjadi media promosi terbaik yang patut untuk digunakan oleh setiap pelaku usaha di Indonesia.


Struktur Blog


Blog akan memiliki struktur yang berbeda dengan website, sehingga kamu perlu mengetahui bagaimana struktur yang tepat dalam membuat blog yang profesional ini. Berikut adalah informasi lengkap mengenai struktur blog beserta beberapa komponennya:

Header: Komponen yang berada di bagian atas blog dan akan diisi dengan judul, deskripsi, serta menu blog.

Navbar: Komponen yang dapat dijadikan sebagai elemen menu untuk membantu para pengunjung dalam memilih serta menelusuri konten pada blog.

Main blog: Komponen yang akan dijadikan sebagai wadah konten blog berada. Di bagian ini akan tersedia struktur khusus yang perlu diperhatikan, yaitu judul, tanggal, nama penulis, kolom komentar, dan lain sebagainya.

Sidebar: Komponen yang berada di bagian samping blog dan dapat digunakan untuk memuat beberapa rekomendasi artikel populer, widget, iklan, maupun beberapa informasi tambahan lainnya.

Footer: Komponen yang berada di bagian bawah blog dan akan berisi tentang informasi penulis, kontak, form subscription, serta alamat email yang aktif.


Jenis-Jenis Blog


Pada dasarnya, blog dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Setiap jenis blog ini nantinya akan memiliki perannya masing-masing, sehingga kamu bisa memilih salah satu di antaranya yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa jenis blog yang memiliki fungsi berbeda, yaitu:

1. Blog pribadi


Sesuai dengan namanya, blog pribadi biasanya lebih sering digunakan untuk kepentingan pribadi dari pemilik blog itu sendiri. Umumnya, jenis blog ini akan diisi dengan beberapa konten yang berkaitan dengan hobi maupun minat dari pemilik blog tersebut. Beberapa jenis konten yang dapat diunggah dalam halaman ini adalah artikel, foto, video, maupun audio.


Blog pribadi biasanya akan memiliki sifat yang lebih terbuka, sehingga para pengunjung bisa lebih mudah untuk berdiskusi di halaman tersebut. Pemilik blog pribadi bisa menyediakan kolom komentar, agar para pengunjung bisa lebih mudah meninggalkan komentarnya di halaman tersebut. Blog pribadi akan lebih sering dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki hobi dan minat yang sama dengan isi dari blog tersebut.

2. Niche blog


Cukup berbeda dengan jenis yang sebelumnya, untuk niche blog sendiri biasanya dikategorikan berdasarkan suatu topik tertentu. Seseorang yang membuat dan memiliki jenis blog ini bisa menentukan sendiri ruang lingkup dan topik yang akan dibahas dalam halaman tersebut. Beberapa jenis niche blog yang sudah ada banyak di internet adalah blog perjalanan, blog fashion, blog otomotif, dan lain sebagainya.

Untuk isi dari niche blog sendiri tidak akan jauh berbeda dengan jenis-jenis blog yang lainnya. Yang menjadi perbedaan dalam hal ini hanyalah tema dan konsep yang diusung di blog tersebut. Jenis blog yang satu ini juga dapat diisi dengan beragam jenis konten seperti artikel, gambar, video, maupun audio yang berkaitan dengan topik blog tersebut.

3. Blog bisnis


Blog bisnis adalah suatu halaman atau jurnal online yang bisa digunakan oleh setiap perusahaan untuk memasarkan produk maupun layanan yang sedang mereka jual. Biasanya, blog bisnis akan digunakan oleh para pelaku usaha untuk menarik perhatian calon konsumen dalam membeli produk maupun layanan milik perusahaannya.

Blog bisnis dapat diisi dengan berbagai macam konten yang bersifat hardselling atau pun softselling. Selain itu, jenis blog ini juga bisa dilengkapi dengan fitur khusus yang dapat memudahkan para pengunjung dalam melakukan transaksi perdagangan. Dengan menggunakan fitur ini, pengunjung bisa lebih merasa nyaman untuk membeli produk maupun layanan dari halaman ini.

4. Blog Afiliasi


Untuk jenis blog yang satu ini biasanya digunakan untuk memuat konten yang berisi tentang tautan tertentu. Dalam hal ini, tautan tersebut dapat mengarahkan pengunjung untuk pergi ke blog lain yang menjual suatu produk maupun layanan tertentu. Blog afiliasi dapat menghasilkan uang yang cukup menjanjikan.

Selain itu, jenis blog afiliasi ini juga bisa digunakan untuk memasarkan suatu produk maupun layanan tertentu dengan mengunggah sebuah konten yang bersifat hardselling atau softselling. Kendati demikian, penting untuk diketahui bahwa kegiatan transaksi ini hanya bisa dilakukan melalui blog pihak ketiga.

5. Blog berita


Sesuai dengan namanya, jenis blog yang satu ini akan diisi dengan beragam konten yang berkaitan dengan suatu berita tertentu. Jadi, pemilik blog berita biasanya akan mengunggah setiap informasi terbaru yang dirilis di sebuah industri tertentu. Hal ini membuatnya cukup berbeda dengan jenis blog lainnya. Sebab, blog berita biasanya tidak akan dilengkapi dengan opini yang bersifat pribadi.

Manfaat Blog


Jika penjelasan di atas lebih berfokus pada pengertian dari blog itu sendiri, untuk penjelasan di bawah ini akan lebih berfokus pada beberapa manfaat yang dimiliki media internet satu ini. Berikut adalah 6 manfaat blog yang dapat memberikan dampak positif bagi sebagian orang, yaitu:

1. Ruang berbagi


Manfaat pertama dari blog adalah sebagai ruang berbagi untuk beberapa orang yang membutuhkannya. Sebagai contoh, ada seorang blogger yang gemar mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia kebugaran, maka blogger tersebut bisa menuliskan hasil dan kesimpulan dari risetnya ke dalam blognya. Dengan begitu, publik juga bisa lebih mudah untuk mempelajari tentang kesimpulan tersebut.

2. Penghasil uang


Sekarang sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk mendapat uang dengan mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat dan mengelola blog secara aktif. Seorang blogger harus berani untuk membangun audiens yang luas, agar traffic yang bisa didapatkannya selalu meningkat. 

Dengan begitu, blogger dapat menghasilkan uang dari iklan yang tayang di blognya. Semakin tinggi traffic yang berhasil mereka dapatkan, akan semakin banyak juga jumlah uang yang bisa mereka dapatkan.

3. Sarana untuk menyalurkan hobi menulis


Bagi orang-orang yang memiliki hobi menulis, blog akan menjadi poin penting dalam hidupnya. Mengapa demikian? Karena blog memiliki struktur yang tidak kaku dan dapat digunakan untuk menulis jurnal online secara bebas. Di dalam blog sendiri akan tersedia fitur standar yang terstruktur secara aman, sehingga orang-orang bisa menggunakannya sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis yang ada dalam dirinya.

4. Membangun personal branding


Pada dasarnya, blog adalah sebuah platform yang dapat berperan besar dalam menunjukkan skill maupun pengetahuan dalam diri masing-masing orang. Dalam hal ini, blog bisa dimanfaatkan untuk menciptakan kesan yang baik, ketika seseorang hendak melamar kerja dan harus menyertakan portofolio yang profesional. Jadi, dapat dipastikan bahwa blog juga memiliki peran yang cukup besar dalam dunia kerja.

5. Menjadikan SEO website lebih maksimal


Penting untuk diketahui oleh banyak orang bahwa halaman website yang memiliki blog akan lebih mudah untuk terindeks di mesin pencarian. Dengan begitu, hal ini dapat meningkatkan peluang terhadap website tersebut untuk meraih peringkat yang tinggi dalam SERP. Tidak hanya itu, blog juga dapat membantu seseorang dalam menemukan konten yang mereka butuhkan secara mudah, sehingga hal ini dapat membuat website tersebut semakin dikenal publik.


6. Mendapat pelanggan baru


Ketika seseorang mampu membuat blog dengan isi konten yang relevan dengan bisnisnya, hal ini dapat mendatangkan lebih banyak traffic dan prospek yang menguntungkan serta menjanjikan. Sebab, hampir 81% pembeli dapat dipastikan akan melakukan riset online terlebih dahulu sebelum mereka melakukan pembelian produk di suatu tempat tertentu.

Apa Itu Blogging?


Ketika membahas tentang blog, seseorang juga pasti akan mendengar tentang istilah blogging. Pada dasarnya, istilah blogging sendiri merujuk pada aktivitas mengelola blog seperti menulis, memperbarui, serta menambahkan elemen tertentu ke dalam blog tersebut. Aktivitas ini akan dilakukan oleh pemilik blog tersebut, dengan menggunakan beragam fitur serta tool digital yang ada di internet.

Sejak awal tahun 2000-an, aktivitas blogging mulai dikenal dan digemari oleh banyak orang. Bahkan, di tahun tersebut mulai ada banyak blog-blog yang membahas tentang dunia politik. Seiring berjalannya waktu, aktivitas blogging mulai dijadikan sebagai solusi terbaik bagi beberapa orang yang ingin menghasilkan uang dengan cara yang praktis.


Sebab, hanya dengan mengunggah beberapa konten menarik secara berkala, para pemilik blog dapat menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup banyak. Maka dari itu, tidak mengherankan jika sampai saat ini masih ada banyak orang yang gemar melakukan blogging.

Apa Itu Blogger?


Berbeda dengan istilah blogging, untuk istilah blogger sendiri memiliki arti seseorang yang menjalankan dan mengelola suatu blog. Dalam arti lainnya, blogger dapat diartikan sebagai suatu individu yang suka berbagi cerita dengan menulisnya di suatu halaman yang bernama blog ini.

Dalam hal ini, seorang blogger dapat mengunggah beragam jenis konten dengan topik yang berbeda. Mulai dari seni, desain, olahraga, kesehatan, politik, dunia hiburan, dan topik-topik seperti ini lainnya bisa menjadi tema dari konten yang akan diunggah di blog tersebut. Saat ini, blogger bisa dijadikan sebagai profesi tersendiri bagi beberapa orang.


Sebab, dengan menjadi seorang blogger kamu bisa menghasilkan uang yang cukup banyak. Selain itu, blogger juga bersifat mobile dan bisa melakukan tugasnya dari mana saja. Yang terpenting untuk menjadi seorang blogger adalah kreativitas yang ada dalam dirinya. 

Pasalnya, seorang blogger harus selalu mengasah kreativitasnya untuk menciptakan sebuah konten menarik yang berbeda dengan blog-blog lainnya.

Alasan Kenapa Kita Perlu Membuat Blog


Dengan semakin berkembangnya dunia internet seperti sekarang ini, tentu ini membuat popularitas blog semakin meningkat. Saat ini, semakin ada banyak orang yang tertarik untuk membuat blog dengan tujuan yang berbeda-beda.

Ada beberapa orang yang membuat blog untuk menyalurkan hobi menulisnya saja, ada juga beberapa orang yang membuat blog untuk menghasilkan uang, dan ada juga beberapa orang lainnya yang memilih untuk membuat blog dengan alasan seperti berikut ini:


1. Mengekspresikan pikiran dan pendapat


Alasan terbesar mengapa seseorang membuat blog adalah karena mereka ingin mengekspresikan pikiran serta pendapat yang ada dalam dirinya. Dengan melakukan aktivitas blogging yang sesuai dengan minat serta hobi kamu seperti ini, kamu bisa lebih memperluas wawasan dengan berinteraksi bersama para pembaca.

2. Membuat perbedaan


Tak banyak orang yang tahu bahwa salah satu alasan mengapa seseorang tertarik untuk membuat blog adalah agar mereka bisa membuat perbedaan dalam hidupnya. Tak jarang dari beberapa orang yang membuat blog dengan berbasis isu. Jadi, blog tersebut dibuat oleh seseorang untuk mempengaruhi pikiran orang-orang ke suatu arah atau opini tertentu.

3. Menambah penghasilan


Dengan sifatnya yang mobile dan bisa dilakukan dari mana saja, membuat aktivitas ini sering dilakukan oleh beberapa orang untuk menambah penghasilan dalam hidupnya. Ya, aktivitas blogging dapat mendatangkan uang yang cukup banyak, jika seorang blogger mampu membuat konten yang menarik dan unik. Semakin ada banyak pengunjung yang datang ke blog tersebut, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk penghasilan yang lebih banyak.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Mulai Ngeblog?


Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat blog. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi kebutuhan ketika seseorang memulai aktivitas blogging, yaitu:

1. Platform pembuat blog


Untuk memulai aktivitas blogging, tentu seseorang akan membutuhkan platform pembuat blog yang paling terbaik. Dalam hal ini, ada beberapa jenis platform blog yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, misalnya seperti WordPress, Blogspot, dan lain sebagainya. Setiap jenis platform pembuat blog ini akan memiliki keunggulannya masing-masing.

Sebut saja seperti WordPress yang dapat digunakan secara gratis dan memiliki tampilan yang sangat menarik. Tidak hanya itu, WordPress juga menyediakan beragam jenis plugin canggih yang dapat memudahkan para blogger untuk membuat blog yang sesuai dengan keinginannya.

Sementara untuk keunggulan Blogspot terletak pada tampilannya yang sederhana, sehingga hal ini dapat membuat para pengunjung lebih merasa nyaman untuk membaca maupun menonton konten yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan Blogspot, kamu bisa memanfaatkan beragam jenis layanan menguntungkan seperti AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lain sebagainya.


2. Layanan hosting


Setelah menentukan platform pembuat blog apa yang akan digunakan, sekarang blogger perlu membeli layanan hosting yang tepat. Pada dasarnya, ada beberapa jenis hosting yang bisa digunakan oleh setiap blogger, yaitu:

Cloud hosting: Suatu hosting yang didukung dengan sumber daya besar serta kemudahan penggunaan yang maksimal.

Shared hosting: Jenis hosting yang bisa digunakan dengan mudah serta memiliki jangkauan paling luas.

Hosting VPS: Suatu hosting yang dilengkapi dengan kapasitas besar dan dapat dikelola secara mandiri. Namun, jenis hosting ini akan mengharuskan seorang blogger untuk memiliki kemampuan teknis yang memadai.

WordPress hosting: Jenis hosting yang dibuat secara khusus untuk para pengguna platform WordPress.

3. Nama domain


Platform pembuat blog dan hosting telah berhasil disiapkan, maka sekarang seorang blogger harus memilih nama domain yang sesuai dengan keinginannya. Nantinya, nama domain ini akan berperan sebagai alamat untuk mengakses blog tersebut. Sebagai seorang blogger yang cerdas, kamu tidak boleh memilih nama domain secara asal-asalan.

Sebab, nama domain juga bisa dijadikan sebagai branding blog yang menjanjikan. Maka dari itu, seorang blogger harus membuat nama domain yang singkat, mudah dieja, dan mudah diingat.


4. Konten menarik


Semakin menarik konten yang kamu unggah di halaman blog tersebut, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk blog semakin sering dikunjungi oleh banyak orang. Salah satu langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat konten yang menarik adalah dengan melakukan riset keyword yang paling akurat. Cara ini bisa dilakukan ketika seseorang hendak mengunggah konten artikel ke dalam blognya.

Seorang blogger bisa melakukan aktivitas ini dengan menggunakan tools riset kata kunci yang tersedia di internet. Beberapa jenis tools riset kata kunci yang sering digunakan oleh para blogger profesional adalah Semrush, Ahrefs, Ubersuggest, dan Google Trends. Setelah kata kunci berhasil ditemukan, maka sekarang proses penulisan konten artikel bisa langsung dilakukan. Pastikan kamu memahami kaidah-kaidah SEO ketika membuatnya.


Bagaimana Blogger Mendapatkan Bayaran?


Meskipun sudah ada banyak orang yang mengetahui bahwa blog dapat dijadikan sebagai lahan penghasil uang, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang bagaimana seorang blogger akan mendapatkan bayaran tersebut. Sebagai informasi tambahan, berikut adalah cara mudah mendapatkan bayaran dari aktivitas blogging:

1. Google Adsense


Google Adsense adalah program pay-per-click dari Google yang mengharuskan seseorang untuk menampilkan iklan di halaman situs atau blognya. Jika dibandingkan dengan cara lainnya, Google Adsense termasuk metode paling fleksibel yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari aktivitas blogging.

2. Konten bersponsor


Selain dengan menggunakan fitur Google Adsense, blogger juga bisa mendapat bayaran dari konten yang disponsori oleh suatu brand tertentu. Yang dimaksud dengan konten bersponsor ini sendiri adalah suatu konten yang diterbitkan untuk membantu perusahaan, dalam mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

3. Affiliate marketing


Tidak kalah menguntungkan dari Google Adsense, sistem affiliate marketing juga dapat menghasilkan uang yang cukup banyak jika dilakukan dengan cara yang tepat. Metode ini cukup mirip dengan konten bersponsor. Kendati demikian, untuk bayaran affiliate marketing sendiri akan disesuaikan menurut jumlah klik pengunjung pada tautan yang ditempelkan ke suatu konten tertentu.

Bagaimana Cara Memulai Blog?


Tidak semua orang mampu memulai aktivitas ini dengan baik dan benar, sehingga di sini kami juga akan membagikan informasi tentang bagaimana cara memulai blog yang paling tepat, yaitu:

1. Pilih platform dan nama domain


Pilih platform pembuat blog yang paling terbaik dan nama domain yang akan menjadi identitas dari blog tersebut. Biasanya, seorang blogger akan membeli domain yang paling sesuai dengan niche-nya. Selain itu, nama domain ini juga bisa menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan untuk membuat blog lebih dikenal oleh publik.


2. Pilih niche yang relevan


Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sangat disarankan untuk memilih niche yang paling relevan dengan hobi serta minat kamu. Dengan memiliki niche yang sesuai dengan hobi serta minat kamu ini, blog tersebut bisa lebih fokus pada minat maupun topik tertentu. Jadi, pemilik blog tidak boleh mengunggah konten yang tidak sesuai dengan niche tersebut.

3. Buat konten dengan semenarik mungkin


Semua blog harus diisi dengan konten yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar para pembaca merasa nyaman ketika berkunjung ke blog tersebut. Sebagai seorang blogger, kamu wajib menjaga kualitas dan kuantitas dari konten yang ada di blog tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat konten yang menarik, yaitu:

• Mencari inspirasi dengan sebaik mungkin dan memperluas wawasan yang berkaitan dengan topik tersebut.
• Mencari tahu format konten seperti apa yang paling berhasil dalam hal ini.
• Susun struktur tulisan dengan sebaik mungkin, dan perhatikan susunan kata yang ada di konten tersebut.
• Gunakan alat bantu visual yang tersedia secara gratis di internet, sehingga tampilan konten tersebut bisa terlihat lebih menarik.
• Selalu koreksi tulisan yang ada di konten tersebut, agar pembaca bisa lebih merasa nyaman untuk membacanya.


4. Dapatkan trafik dengan menggunakan SEO


Google memiliki algoritma tersendiri yang dapat mengatur situs mana yang bisa berada di urutan teratas halamannya. Maka dari itu, blogger harus menggunakan teknik SEO yang tepat, agar blog yang dibuatnya tersebut bisa duduk di peringkat teratas. Ketika suatu blog berhasil menduduki peringkat teratas di halaman Google, hal ini dapat membuatnya lebih sering dikunjungi oleh banyak orang. Dengan begitu, trafik blog tersebut pun akan selalu meningkat.


Apa yang Membuat Blog Bagus?


Pada dasarnya, tidak semua blog yang ada di internet memiliki kualitas yang bagus. Biasanya, kualitas suatu blog akan ditentukan menurut poin-poin penting yang ada di dalamnya, sebut saja seperti:

Desain
Kualitas konten
Niche
Tujuan dan struktur blog
Tools yang digunakan

Pro dan Kontra Blogging


Setiap aktivitas pasti akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pun juga dengan aktivitas blogging ini. Membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari aktivitas ini, berikut kami sampaikan kelebihannya terlebih dahulu:

• Cara mudah mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan.
• Dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, selagi seseorang memiliki jaringan internet yang stabil.
• Dapat mempertemukan banyak orang dengan kenalan yang memiliki perspektif sama.
• Dapat menantang seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
• Dapat membuat seseorang lebih mudah untuk mempelajari suatu informasi tertentu.

Selain memiliki beberapa kelebihan yang ada di atas, aktivitas ini juga memiliki beberapa kekurangan, dan antara lainnya adalah:

• Membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya dengan baik dan benar.
• Membutuhkan waktu yang lama untuk membangun kehadiran yang efektif.
• Munculnya masalah hak yang bisa menjadi cobaan berat bagi para blogger.
• Risiko terjadinya pencurian konten asli yang sangat merugikan pihak konten kreator.
• Tidak dapat mengontrol uptime blog secara akurat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu blog, dan semoga dengan adanya artikel ini akan semakin ada banyak orang yang tertarik untuk memulai aktivitas blogging. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar