Rabu, 28 September 2022

Apa itu DA PA? Pengertian, Faktor Penentu serta Cara Menaikkannya

 


Bagi seorang pengguna website atau blog, sangat penting untuk mengetahui apa itu DA PA? pasalnya, rutin melakukan pengecekan DA PA pada blog ataupun website sangatlah penting.

DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) adalah sebuah indikator yang memiliki fungsi untuk memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui performa website secara keseluruhan.

Dengan melakukan pengecekan DA PA secara rutin, maka pengguna akan mempunyai peluang besar untuk meningkatkan ranking website atau blog.

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum)

Lantas, bagaimana sistem kerja DA PA? dan seperti apa pengaruh dari keduanya pada sebuah website? Untuk mengetahui informasi lengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu DA PA?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai DA PA, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu, apa itu DA PA?

DA (Domain Authority) merupakan skor peringkat pada mesin pencarian yang bertujuan untuk mengetahui adanya kemungkinan pada sebuah website untuk memperoleh peringkat pada mesin pencarian.

Skor yang terdapat dalam DA berupa angka antara 1 hingga 100. Jika skor yang diperoleh cukup tinggi, maka kemungkinan besar website-mu juga mendapatkan peringkat tinggi, begitupun sebaliknya.

Peringkat pada website tentu saja sangat penting, sebab bisa menentukan seberapa bagus kualitas website tersebut dan seberapa besar dipercaya oleh pengunjung yang mengaksesnya.

(Baca Juga : Istilah-istilah dalam SEO)

Akan tetapi, peringkat DA bukanlah faktor satu-satunya yang menjadi penentu ranking website pada Google, sebab skor pada DA hanyalah sebuah prediksi saja dan bukan metric resmi yang digunakan oleh Google untuk menentukan peringkat pada sebuah website.

Sementara, PA (Page Authority) merupakan skor untuk menghitung peringkat pada suatu halaman di sebuah website, yang angkanya berkisar dari 1 hingga 100. Namun, jika angka semakin tinggi, maka semakin baik pula kualitas website-nya.

Perhitungan pada PA mengacu pada seberapa sering halaman sebuah website muncul dalam mesin pencarian Google.

Nilai PA akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu karena dipengaruhi oleh MOZ yang terus memperbarui algoritma perhitungan mereka.

Setelah kamu mengetahui skor PA pada website-mu, maka selanjutnya kamu bisa menentukan apa saja konten yang bisa kamu buat dan cara untuk meningkatkannya agar mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

Faktor penentu skor DA

Skor DA pada sebuah website ditentukan oleh lebih dari 40 faktor yang dimiliki oleh MOZ, sementara Google memiliki lebih dari 200 faktor untuk menentukan ranking sebuah website.

Tidak ada penjelasan cukup akurat mengenai skor yang mengatakan bahwa angka 30, 50. 70. 90, dan seterusnya, untuk menyatakan bahwa skor tersebut baik atau buruk, sebab definisi dari setiap skor sangat relatif.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa terdapat lebih dari 40 faktor untuk MOZ menentukan skor DA pada sebuah website, namun ada beberapa faktor yang cukup penting untuk diketahui, diantaranya:

·             1. Backlinks berkualitas

Perlu diketahui bahwa satu backlink dari sebuah website berkualitas tinggi jauh lebih unggul daripada dua backlink dari sebuah website yang memiliki kualitas rendah.

Oleh sebab itu, jangan hanya memperhatikan jumlah backlink, namun juga harus memperhatikan kualitasnya.

(Baca Juga : 5 Pengaruh Penting Backlink untuk Website/Blog)

·             2. Jumlah referring domain tinggi

Manakah yang lebih penting antara mendapatkan dua backlink dari dua website atau banyak backlink dari website yang sama? Jawabannya adalah mendapatkan dua backlink dari dua website berbeda.

Hal tersebut dikarenakan backlink yang diperoleh dari website yang berbeda akan lebih menunjang skor DA ketimbang yang diperoleh dari website yang sama walau jumlahnya banyak.

·             3. Kualitas konten

Hal yang paling penting dalam SERP adalah konten. Oleh sebab itu, buatlah konten semenarik mungkin dan juga berkualitas agar skor DA semakin tinggi.

·             4. Social signals

Social signals yang dimaksud disini adalah seperti jumlah share, like, dan comment. DA menilai popularitas sebuah website berdasarkan ketiga hal tersebut. Jika social signals-nya cukup bagus, maka peringkat website juga bagus.

·             5. Search engine friendliness

Search engine friendliness merupakan kualitas struktur keseluruhan website yang menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan skor DA. Dengan penilaian ini, maka akan diketahui apakah penggunaan website bersifat user friendly atau tidak.

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly? Ini Indikator dan Faktor yang Mempengaruhinya)

Cara menaikkan DA PA

Tidak semua pemilik website mendapatkan skor DA PA yang tinggi. Untuk itu, bagi kamu yang masih memperoleh skor DA PA rendah, maka jangan berkecil hati. Sebab, ada beberapa cara untuk menaikkan DA PA pada website, beberapa diantaranya:

·             1. Optimalisasi konten

Langkah pertama untuk menaikkan DA PA adalah mengoptimalkan konten yang akan dibuat sehingga bisa dioptimasi untuk mesin pencari seperti artikel, meta title, title, alt image, meta description, dan lain sebagainya.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Google)

·             2. Konten berkualitas

Jangan lupa untuk membuat konten berkualitas sehingga banyak website yang menjadikan kontenmu sebagai rujukan.

Artinya, semakin bagus dan berkualitas konten yang kamu buat, maka semakin banyak pula website lain merekomendasikan backlink ke website-mu.

·             3. Perbanyak internal link

Internal link mampu membantu para pengunjung website untuk menemukan konten yang sedang mereka cari dengan mudah dan cepat. Sehingga, sangat penting untuk memperbanyak internallink walau masih banyak pula pemilik website meremehkannya.

·             4. Hapus link yang tidak berkualitas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa backlink juga berpengaruh pada skor DA PA yang akan kamu peroleh.

Akan lebih baik jika backlink yang dicantumkan memilik kualitas yang bagus. Untuk itu, rutinlah melakukan pengecekan pada backlink dan hapus jika tidak berkualitas agar performa website menjadi lebih baik.

(Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam SEO)

·             5. Website mobile friendly

Tampilan website mobile friendly sangat penting agar pengunjung bisa masuk ke dalam website-mu dengan mudah. Tidak hanya itu, tampilan website tersebut juga memudahkan mereka untuk bisa mencari dan menemukan konten yang mereka butuhkan.

·             6. Tingkatkan loading halaman website

Selain tampilan website mobile friendly, meningkatkan kecepatan loading pada halaman website juga jangan sampai dilupakan.

Sebab, sebagus apapun konten yang kamu buat jika loading website-mu lambat, maka orang akan malas untuk masuk sehingga mereka lebih memilih website lain yang kecepatan loading-nya lebih bagus.

 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu DA PA, faktor penentu, serta cara menaikkannya agar website bisa mendapatkan peringkat atau ranking yang cukup bagus. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar