Kamis, 29 September 2022

Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!

 


Ketika terjun ke bidang artikel SEO, maka sebaiknya pahami apa saja jenis backlink yang sangat berguna untuk meningkatkan pengunjung hingga membangun hubungan dengan situs lain. Selain itu, ada pula berbagai manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan backlink berkualitas dan sesuai konteks.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung )

Adapun di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis backlink yang wajib kamu ketahui agar website bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Selengkapnya simak dari awal hingga akhir ya!

Ketahui Jenis Backlink dalam SEO 

Backlink adalah salah satu bagian penting dalam pengaplikasian teknik SEO. Arti dari backlink sendiri adalah tautan atau link pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

(Baca Juga : Pengaruh Backlink Untuk Blog/Website Kita )

Jika ditinjau dari kacamata search engine seperti Google, backlink dianggap sebagai cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari suatu situs web. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa backlink menjadi suatu tanda kepercayaan dari situs lain atas situs milik kamu karena biasanya hanya akan diberikan pada situs yang mempunyai otoritas dan konten berkualitas.

Backlink bisa membantu pengunjung untuk menemukan informasi tambahan yang tidak disediakan oleh situs web asli. Menambahkan backlink ke situs web lain, menjadikan kamu bisa membuat konten berkualitas tinggi dengan informasi lengkap.

Baca Juga :

Apa itu Backlink? Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

5 Cara agar Backlink Terindex Mesin Pencari Paling Jitu

Cara Cek Backlink Website dengan Tools Gratis yang Akurat

Jumlah backlink berkualitas yang diperoleh dari situs web lain bisa menentukan posisi web di search engine result pages (SERPs). Semakin tinggi peringkat web, maka akan semakin banyak pengunjung sehingga mampu meningkatkan jumlah penjualan produk atau layanan pula. Ternyata ada beberapa jenis backlink dalam SEO yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Blog Comment Backlink

Jenis backlink ini diperoleh dari blog-blog yang menyediakan kolom komentar. Penggunaannya hanya perlu memberikan komentar dengan menyertakan link yang mengarah pada website kamu. Namun sayangnya, tidak semua website dan blog mempunyai kolom komentar, sehingga kamu harus mencari blog dan website yang sesuai dengan niche agar dapat menempatkan backlink di kolom komentarnya.

Blog Roll Backlink

Backlink ini bisa ditemukan pada side bar blog. kamu hanya perlu menempatkan link pada bagian tersebut Namun, sudah jarang ditemukan website yang menyediakan fitur itu, karena sebagian besar website lebih memilih untuk memberikan tampilan yang bersih dari widget.

Contextual Backlink

Pada website yang menyediakan CMS atau Content Management System, kamu bisa menulis sebuah artikel dan menyisipkan berbagai link pada tulisan tersebut. Jenis backlink ini baik untuk membangun backlink pada sebuah website.

Document Sharing Backlink

Ketika ingin mengunggah dokumen pada website penampung, maka kamu bisa menempatkan link berbentuk words, excel, pdf, atau PowerPoint. Setelah itu, kamu hanya perlu mengunggah dokumen pada situs tersebut untuk mendapatkan sharing backlink.

Footer Backlink

Jika kamu seorang website developer, maka bisa menempatkan backlink pada bagian footer website. Namun, ini jarang dilakukan karena footer backlink kurang efektif untuk digunakan terutama jika ingin mengoptimasi banyak link sekaligus. Namun, jika kamu mempunyai wewenang untuk mengedit artikel di Wikipedia, maka kamu mempunyai kesempatan bagus untuk menempatkan backlink pada bagian bibliography atau referensi.

Guestbook Backlink

Jenis guestbook backlink menempatkan link pada bagian halaman guestbook atau contact us. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menempatkan backlink karena jika guestbook telah penuh oleh spam, maka backlink yang akan didapatkan pasti berkualitas rendah dan rawan ditandai spam oleh Google Crawler.

Image Sharing Backlink

Jenis image sharing backlink sama dengan document sharing backlink yang mana ketika kamu mengunggah gambar pada situs image sharing, maka akan bisa menempatkan link yang mengarah ke website di bagian deskripsi gambar.

Link Profile Backlink

Backlink jenis ini bisa kamu temui di media sosial, website komunitas, dan forum-forum yang mengharuskan membuat profil. Jadi, backlink bisa ditempatkan pada profil akun dan untuk menempatkannya, maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Social Bookmark Backlink

Jenis backlink ini menjadi salah satu backlink paling populer yang digunakan para blogger dan website developer guna membangun backlink ke website mereka. Social Bookmarking site adalah tempat untuk menyimpan, menandai, serta menyimpan banyak list website, misal Reddit, Pinterest, dan Dig.

Social Media Backlink

Sama seperti namanya, jenis backlink ini adalah backlink yang diperoleh dengan menempatkan link pada beranda media sosial. Backlink ini sangat mudah untuk didapatkan karena kamu hanya perlu membagikan link pada akun media sosial. Namun, ada sejumlah website yang menggunakan no-follow sehingga backlink jenis ini tidak efektif untuk dipakai optimasi. -SegudangCara

0 comments

Posting Komentar