Jumat, 21 Oktober 2022

Cara Cek Backlink Website dengan Tools Gratis yang Akurat

Sudah tahu berapa jumlah backlink yang dimiliki website atau blog milikmu? Kenali cara cek backlink website yang benar untuk memastikan website yang kamu miliki memiliki konten bermanfaat. Backlink menjadi salah satu pemicu agar website bisa nangkring di halaman satu Google. 

Mengingat pentingnya backlink ini maka perlu untuk melakukan pengecekan berkala. Apalagi jika kamu yang hobi membeli backlink dari jasa SEO. Tidak hanya website pribadi, kamu juga bisa cek jumlah dan kualitas backlink website kompetitor dengan tools ini. 

(Baca Juga : Apa itu Backlink? Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya)

5 Cara Cek Backlink Website hanya dengan Tools Gratisan 

Optimasi website saat ini memanfaatkan beragam jenis tools. Salah satunya adalah tools untuk mengecek backlink. Di antara banyak tools ini ada yang berbayar dan juga gratis. Kamu yang masih pemula dengan budget pas-pasan tentu akan lebih tertarik untuk memilih tools gratisan. 

Tenang saja saat ini masih banyak tools gratis yang bisa dimanfaatkan. Kamu tinggal akses website dari tools tersebut dan masukkan URL website. Maka akan terlihat backlink apa saja yang tertaut. Yuk langsung saja cek daftarnya. 

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

1. Google Search Console 

Tools ini hanya bisa digunakan untuk cek backlink sendiri karena yang bisa mengakses hanyalah admin website saja. Dalam tools ini kamu bisa mengecek informasi soal kata kunci hingga performa dari web sama seperti Google Analytics. Kamu juga bisa mengecek berapa dan dari mana saja backlink yang masuk. 

Caranya adalah dengan klik menu Link dan di sana akan muncul informasi mengenai backlink. Apa saja backlink yang mengarah pada halaman website. Kamu akan tahu website apa saja yang paling sering memberikan backlink.  Informasi ini tentunya sangat penting bagi perkembangan website kamu bukan. 

(Baca Juga : Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

2. SEMrush 

Salah satu tools SEO yang paling banyak digunakan ini juga bisa kamu gunakan dan menariknya adalah mengecek backlink milik kompetitor. Tools ini gratis untuk pencarian beberapa kali dalam sehari dan informasi yang disajikan mengenai backlink pun sangat lengkap. 

Pertama adalah informasi kualitas domain pemberi backlink, kemudian ada juga info soal backlink baru dan yang hilang. Kamu bisa cek juga halaman di website sendiri manakah yang paling banyak mendapatkan backlink. 

3. Ubersuggest 

Sama seperti SEMrush kamu bisa cek backlink serta matrik lengkapnya. Hanya saja untuk layanan gratis terbatas beberapa kali saja dalam satu hari. Kamu akan tahu backlink apa saja yang masuk dan bagaimana kualitas domainnya. 

Begitu juga informasi mengenai anchor text, nofollow link, page score, referring domain dan masih banyak lagi. Informasi-informasi ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas halaman supaya mendapatkan lebih banyak backlink lagi. 

(Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!)

4. Small SEO Tools 

Terkenal sebagai tools untuk mengecek plagiarism artikel, namun ada banyak fitur lain yang juga perlu dimanfaatkan seperti pengecekan backlink. Tinggal masuk saja ke halaman website Small SEO Tools kemudian kamu bisa pilih menu Backlink Checker. 

Terakhir tinggal masukkan saja URL website dan tunggu sampai hasilnya keluar. Informasi yang didapatkan bukan hanya jumlah backlink tetapi juga referring Domain, IP’s, URL’s dan masih banyak lagi. Termasuk juga backlink dofollow dan nofollow. 

5. Majestic SEO 

Tools ini diciptakan khusus untuk mengecek backlink apa saja yang dimiliki sebuah website. Kamu bisa masuk ke halaman utamanya kemudian dapatkan informasi seperti jumlah backlink baik itu yang dofollow and nofollow. Termasuk juga informasi seperti backlink history, referring domain, dan masih banyak lagi. 

Selama menggunakan Majestic SEO kamu akan mendapatkan data yang cukup lengkap. Cek informasi dalam bentuk grafik yang mudah untuk dipahami. Jika kesulitan kamu bisa menghubungi customer service yang tersedia. 

Setiap tools memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang memiliki limit akses gratis namun ada juga yang gratis sepenuhnya. Biasanya untuk gratis sepenuhnya memiliki batasan dalam informasi data namun tidak terlalu berbeda jauh. 

(Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas)

Setelah tahu cara cek backlink website melalui tools gratis ini kamu tinggal pilih mana tools yang akan digunakan. Mencoba semua tools akan lebih baik untuk tahu mana yang hasilnya paling akurat. Mengingat tools ini gratis tentu kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menggunakannya. 

0 comments

Posting Komentar