Sabtu, 22 Oktober 2022

Cara agar Blog Muncul di Google Paling Atas dengan Cepat

Blog menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan sehingga tidak heran banyak yang bersaing untuk bisa berada di peringkat atas Google. Banyak cara agar blog muncul di Google paling atas untuk diikuti agar bisa bersaing. 

Kuncinya adalah rutin upload artikel berkualitas, tahu bagaimana riset kata kunci yang tepat serta terus mengembangkan wawasan. Seperti apa detail dari cara-cara tersebut bisa kamu terapkan, simak informasinya hingga akhir. 

7 Cara agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Memang tidak mudah untuk mengelola blog jika kamu sejak awal tidak memiliki passion pada bidang ini. Blog bisa lebih cepat naik ke peringkat atas Google selama strategi yang diterapkan benar. 

Tidak sedikit blogger yang mencari strategi-strategi ini agar blog mereka mampu bersaing dan bertahan di peringkat atas Google. Pasalnya berada di halaman pertama akan meningkatkan trafik yang ujung-ujungnya adalah cuan. 

(Baca Juga : Cara Optimasi SEO On Page Bisa untuk Blogger Pemula)

Penasaran seperti apa cara yang bisa kamu ikuti, simak ketujuh cara berikut ini. 

1. Menentukan Kata Kunci yang tepat dengan Persaingan Rendah 

Kata kunci menjadi tumpuan utama artikel dalam blog bisa berada di peringkat atas. Ada jutaan kata kunci yang digunakan oleh pengguna Google, kamu harus bisa mencari mana yang paling tepat. 

Triknya adalah dengan memanfaatkan tools untuk riset kata kunci seperti SEMrush, Ubersuggest atau tools lain yang bisa menampilkan metrik. Kamu bisa mengecek kata kunci dengan persaingan rendah karena potensi untuk naik lebih cepat. 

Rata-rata jenis kata kunci dengan persaingan rendah adalah long tail keyword. Semakin banyak kamu memproduksi kata kunci dengan persaingan rendah, maka potensi artikel naik juga semakin cepat. 

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

2. Penempatan Kata Kunci yang Tepat di Artikel 

Bagaimana cara kamu menempatkan kata kunci dalam artikel juga mempengaruhi kemudahan Google untuk melakukan indexing. Beberapa penempatan yang tepat antara lain pada judul artikel, subjudul dan disebar pada badang artikel 

Kata kunci tidak boleh diletakkan terkumpul pada satu paragraf melainkan disebar secara natural. Penggunaannya dalam kalimat juga tidak boleh memaksakan, harus tetap enak dibaca pengunjung blog. 

Kamu bisa mengecek artikel SEO friendly untuk tahu bagaimana penggunaan kata kunci di setiap artikel yang benar. Tujuannya agar artikel cepat terindex dan berada di halaman pertama Google. 

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)

3. Menganalisa Konten Milik Kompetitor 

Jangan lupakan soal kompetitor. Kamu bisa mengeceknya dari kata kunci dan website atau blog apa yang muncul di halaman pertama. Ada banyak hal yang bisa dianalisa, apalagi saat ini banyak tools tersedia untuk membantu analisis seperti Ubersuggest. 

Apa saja yang harus dicek? Pertama adalah jenis kata kunci populer kemudian cek link building yang dimiliki. Jangan lupa cek juga matrik perkembangannya dari tahun ke tahun. Berdasarkan informasi inilah kamu bisa melakukan perbandingan dengan strategi yang harus disusun untuk blog milik sendiri. 

(Baca Juga : Manfaat Internal Link Building yang Tidak Boleh Disepelekan)

4. Membuat Struktur URL yang Efektif 

URL atau permalink adalah hal penting yang kerap dilupakan. Padahal unsur inilah yang akan memudahkan Google melakukan indexing. Ciri struktur URL yang bagus adalah tidak terlalu panjang dan tidak mengandung angka di akhir. 

Selain itu URL juga harus mengandung kata kunci namun tidak seluruh judul. Biasanya ketika hendak upload URL yang muncul berdasarkan judul, oleh karena itu kamu harus mengubahnya agar lebih efektif lagi. 

(Baca Juga : 5 Hal yang perlu Disiapkan dalam Membuat Blog, Catat dan Terapkan)

5. Jangan Lupa Promosikan Konten 

Termasuk dalam SEO offpage, hal ini juga sangat penting karena bisa menjadi sumber untuk meningkatkan trafik. Semakin tinggi trafik kamu maka peluang berada di halaman utama Google juga meningkat. 

Kamu bisa membagikan link dari konten yang sudah dibuat melalui media sosial atau aplikasi chat seperti status WA. Semakin bermanfaat isi kontennya tentu lebih banyak yang akan membukanya. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

6. Mendaftarkan ke Google Analytics dan Search Console 

Kedua tools ini sangat bermanfaat bagi seorang blogger untuk melacak perkembangan konten begitu juga dengan indexing. Kamu yang merasa artikel tidak muncul di Google bisa melakukan index manual melalui Google Search Console. 

Usai membuat blog ada baiknya jika kamu mendaftarkan langsung ke Google Search Console dan Analytic. Seiring informasi perkembangan blog diketahui, kamu jadi bisa membentuk strategi apa yang tepat untuk ke depannya. 

(Baca Juga : Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

7. Buat Gambar Sendiri atau Sertakan Sumber 

Gambar juga menjadi bagian penting selain teks dalam sebuah artikel. Supaya menghindari copyright kamu sebaiknya membuat gambar atau foto sendiri. Jika terpaksanya tidak memiliki gambar sendiri pastikan untuk menyertakan informasi sumbernya. 

Jangan lupa untuk mengambil gambar dari situs gratisan seperti Pexel, Freepik, Unsplash dan masih banyak lagi. Pilih gambar yang relevan dengan konten yang sedang kamu buat. 

Bagaimana, dari ketujuh cara agar blog muncul di Google paling atas ini mana saja yang sudah kamu lakukan? Jika belum maka cobalah untuk melakukannya satu per satu, pasti peringkat blog akan cepat naik. 

0 comments

Posting Komentar