Minggu, 09 Oktober 2022

5 Tools SEO Gratis untuk Research Keyword Wajib Digunakan


Setiap blogger sampai webmaster harus memiliki tools untuk riset kata kunci supaya optimasi lebih efektif. Sayangnya saat ini lebih banyak tools yang berbayar, sehingga cukup sulit mencari tools SEO gratis untuk research keyword.

Padahal bagi blogger pemula, tools gratisan tentu menjadi pilihan terbaik apalagi dengan modal yang terbatas. Tenang saja, di sini kamu akan tahu tools gratis apa saja yang bisa digunakan. Yuk langsung saja cek. 

5 Rekomendasi Tools SEO Gratis untuk Research Keyword 

Saat menggunakan tools riset keyword, bukan hanya daftar kata kunci saja yang muncul. Informasi yang berkaitan dengan performa kata kunci tersebut juga bisa dilihat. Mulai dari perkembangan dari waktu ke waktu, persentase penayangan dan masih banyak lagi. 

(Baca Juga : Cara Riset Keyword agar Artikel Melesat di Peringkat Atas Google)

Apa saja tools yang bisa kamu gunakan itu? Mari simak rekomendasinya. 

1. Keyword Shitter 

Tools paling sederhana berupa website yang akan menunjukkan ratusan hingga ribuan kata kunci. Bisa diakses kapan saja kamu hanya perlu memasukkan satu kata kunci atau topik yang ingin dicari dalam kolom yang sudah tersedia. 

Baru tekan menu Shit Keyword maka akan muncul ratusan keyword yang berkaitan. Kamu tinggal pilih saja kata kunci apa yang hendak digunakan. Kekurangan dari tools ini hanyalah tidak menunjukkan matrik dari setiap keyword. 

2. Google Trend 

Bersaing kata kunci di mesin pencari tentu saja kamu harus memanfaatkan tools yang satu ini. Gratis dan dibuat oleh Google, di sini kamu akan menemukan kata kunci yang populer lengkap dengan grafik perkembangannya dari tahun ke tahun. 

Kamu juga akan tahu topik hangat apa saja yang sedang dicari pada halaman Beranda. Bisa juga membandingkan antar beberapa kata kunci sehingga kamu bisa tahu mana yang paling efektif. 

Baca Juga : 

9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website

Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya

Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas

Kenali Cara Cek Uniq Artikel agar Terbebas dari Duplikat Konten

3. Google Search 

Paling sederhana sama seperti Google Trend. Kamu bisa memanfaatkan Google Search. Apa yang bisa kamu dapatkan dan bagaimana caranya? Kamu bisa mengetik kata kunci pada kolom search yang disediakan kemudian cek pada bagian related search. 

Bagian ini akan menunjukkan kata kunci berkaitan yang bisa kamu jadikan keyword utama atau turunan. Hasilnya sudah tentu sangat banyak dan pasti efektif. Hanya saja tidak ada matrik yang muncul. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

4. SEMrush 

Tools SEO yang satu ini juga menyediakan layanan pencarian kata kunci gratis. Hanya saja penggunaannya terbatas pada beberapa kali saja. Jika kamu baru dalam blogging maka SEMrush patut untuk dicoba. 

Di sini kamu akan menemukan informasi matrik mulai dari estimasi CPC, tren kata kunci, volume pencariannya hingga tingkat kesulitannya. Memperhatikan matrik ini kamu jadi lebih mudah memutuskan mana kata kunci yang harus dikejar terlebih dahulu. 

5. Ubbersuggest 

Dulunya tools besutan dari Neil Patel ini gratis namun saat ini kamu harus membayar untuk mendapatkan versi lengkapnya. Untungnya fitur pencarian kata kunci masih gratis. Hanya saja kamu bisa melihat 5 kata kunci teratas saja, namun cukup lumayan jika budget untuk nge-blog masih terbatas. 

Sama seperti SEMrush, kamu akan mendapat informasi matrik yang juga lengkap. Jadi lebih mudah untuk menentukan mana kata kunci yang sebaiknya digunakan. Tinggal ketik saja kata kunci utama dan pilih negara Indonesia jika sasarannya adalah negara sendiri. 

Di antara kelima tools SEO gratis untuk research keyword mana yang sudah pernah kamu coba? Menggunakan lebih dari satu tools mempermudah kamu untuk membandingkan. Jika sudah mahir jangan ragu untuk berlangganan tools berbayar seperti Moz atau Ahref. 

0 comments

Posting Komentar