Minggu, 23 Oktober 2022

Kenapa Blog Ga Muncul di Google? Cek Alasan dan Solusinya

Aktivitas blogging kian diminati karena bisa menghasilkan cuan. Apakah kamu salah satunya? Tapi setelah membuat kenapa blog ga muncul di Google? Banyak blogger pemula yang mempermasalahkan akan hal ini. 

Jangan panik ketika kamu search kata kunci di artikel bahkan nama domain blog di Google tapi tidak muncul juga. Ada beberapa alasan kenapa blog tidak muncul yang bisa kamu kenali dan atasi. Bagaimana cara lengkapnya bisa kamu cek di sini. 

5 Alasan Kenapa Blog Ga Muncul di Google dan Solusinya 

Tidak sedikit blogger pemula yang akhirnya menyerah hanya karena blog tidak muncul pada mesin pencari Google. Padahal mungkin saja penyebabnya adalah hal yang sepele. 

(Baca Juga : Cara agar Blog Muncul di Google Paling Atas dengan Cepat)

Perlu pencarian penyebab yang lebih mendalam supaya bisa mendapatkan solusinya. Beberapa alasan berikut kerap kali menjadi penyebab blog kamu tidak muncul. Cek juga solusi dari penyebab-penyebab tersebut. 

1. Server yang Sedang Bermasalah 

Penyebab yang pertama ini ditandai dengan ciri muncul halaman 403 atau 504. Jadi ketika kamu klik pada blog yang sudah dibuat, isi kontennya menjadi Error 403. Hal ini cukup lumrah terjadi karena masalah terjadi pada server hostingnya. 

Biasanya server down ini hanya akan terjadi beberapa jam saja. Misalnya saja ketika server sedang perbaikan jaringan dan kerap terjadi di tengah malam. Beberapa server mungkin harus mengalami perbaikan sampai satu hari. 

Jika blog kamu terdampak hal ini maka hanya perlu bersabar dan menunggu. Biasanya perbaikan server ini dilakukan tidak lama. Namun jika server down lebih dari satu hari sebaiknya kamu menghubungi operator hosting langsung. 

2. Blog Terkena Update Algoritma Google

Alasan yang kedua juga bisa disebabkan adanya update dari algoritma Google. Misalnya saja update pada bagian ketentuan meta deskripsi atau sampai pada penulisan kata kunci. 

Biasanya blog yang bagus akan terdampak sampai beberapa hari saja. Artikel atau blog mungkin saja belum ter-index dan muncul masalah ketika kamu cek di Google Search Console. 

Selama artikel yang dibuat ini sudah benar maka update algoritma ini hanya akan memberikan efek beberapa hari saja. Visitor mungkin akan turun dalam sehari namun akan kembali normal setelah beberapa hari. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

3. Blog Belum Didaftarkan ke Google Search Console

Aktivitas blogging bukan hanya sekedar menulis kemudian posting, kamu juga harus membuat artikel mudah di index oleh Google. Penyebab blog atau artikel belum muncul bisa karena belum didaftarkan ke Google Search Console. 

Fungsi dari pendaftaran ini adalah supaya blog atau konten yang sudah dibuat lebih mudah dirayapi oleh crawler. Cara mendaftarkannya cukup dengan membuat akun Google kemudian daftarkan URL blog ke Google Search Console. 

Biasanya untuk blog yang baru dibuat dan artikel baru di-posting membutuhkan waktu.  Proses indexing mungkin saja perlu beberapa hari. 

(Baca Juga : Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

4. Terindikasi Duplikasi Konten 

Bagi blogger pemula yang kerap copy paste konten, sudah pasti akan terkena duplikasi konten ini. Dampaknya adalah blog atau artikel tidak akan muncul di mesin pencari Google. Oleh karena itu lebih baik untuk berhati-hati saat membuat konten dan posting. 

Duplikasi akan terindikasi ketika kamu sudah upload artikel yang sama dalam satu website atau sama dengan website lainnya. Sebaiknya hapus konten yang terindikasi duplikat ini dan pastikan kamu hanya upload konten baru yang unik. 

(Baca Juga : Kenali Cara Cek Uniq Artikel agar Terbebas dari Duplikat Konten)

5. Tidak Melakukan Perpanjangan Domain dan Hosting 

Akibat jarang mengisi konten kamu mungkin saja lupa waktunya untuk perpanjangan domain dan juga hosting. Kamu yang membuat blog menggunakan WordPress berbayar perlu memperhatikan hal ini jika tidak ingin blog hilang dari mesin pencari. 

Untuk poin nomor 5 ini saya sudah merasakan sendiri, kebetulan blog ini pernah menggunakan sebuah custom domain pada sekitar tahun 2017 lalu domain tersebut lupa saya perpanjang. Akibatnya visitor dari yang sebelumnya berada di sekitaran 250 UV per hari kemudian turun menjadi 0 bulat. Semua artikel hilang dari peredaran (alias deindex).

Lalu cara yang saya lakukan yaitu mendaftarkan ulang nama domain ke Google Search Console, submit sitemap, rutin mengupdate artikel, dan selalu melakukan submit terhadap setiap artikel yang telah terupload. 

Biasanya blog yang baru dimulai kembali masih berada dalam fase Sandbox nya, untuk itu saya kemudian memperbanyak Social Signals menuju blog ini.

Hasilnya, ketika umur domain masih berumur 2 minggu, artikel sudah mulai bermunculan di Google. Bahkan ketika baru upload artikel pun bisa langsung terindex di google.

Untuk Social Signals nya sendiri, kamu bisa menggunakan jasa yang tersedia diluaran sana.

Ketika domain dan hosting sudah kadaluarsa sudah pasti tidak akan muncul meskipun kamu sudah mengetik URL di mesin pencari. Cara satu-satunya adalah dengan terus melakukan perpanjangan supaya blog tetap aktif. 

(Baca Juga : Pengertian Apa Itu Domain Rating dan Cara Meningkatkannya)

Perhatikan kelima alasan kenapa blog ga muncul di Google sehingga kamu bisa menghindarinya. Rutin mengisi konten membuat kamu terus aware dengan kondisi blog. Apakah benar sudah ter-index Google atau belum. 

Supaya tidak lupa akan perpanjangan domain serta hosting sebaiknya buatlah jadwal untuk melakukan pembayaran. Apalagi jika pembayarannya setahun sekali, kamu bisa cek di email akan notifikasi dari penyedia domain untuk memperpanjang langganan. 

0 comments

Posting Komentar