Minggu, 09 Oktober 2022

Pengertian Apa Itu Domain Rating dan Cara Meningkatkannya


Ada begitu banyak matrik yang digunakan untuk meninjau kinerja website, salah satunya adalah domain rating. Apa itu domain rating dan cara meningkatkannya kerap menjadi pertanyaan blogger pemula, apakah kamu salah satunya?

Jika iya, maka sekaranglah saat yang tepat bagi kamu untuk mempelajarinya. Penting untuk mengetahui pengertian domain rating (DR) untuk mempermudah pengambilan strategi yang tepat dalam meningkatkannya. Yuk langsung saja simak.

Apa Itu Domain Rating dan Cara Meningkatkannya dengan Benar

DR merupakan sebuah matrik yang fungsinya adalah untuk memperlihatkan kekuatan backlink yang dimiliki oleh blog atau website tersebut. Jadi ketika kamu ingin tahu berapa backlink yang dimiliki oleh website kompetitor atau milik sendiri maka cek angka DR nya.

Penulisan rating DR dimulai dari 0 sampai 100, angka yang sama dengan Domain Authority (DA). Nah, berbicara soal DA, kamu juga harus tahu apa perbedaannya dengan DR. DA merupakan matrik yang fungsinya untuk memperlihatkan sejauh mana website memiliki potensi untuk muncul di Google.

(Baca Juga : Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing)

Keduanya sama-sama menggunakan alat ukur backlink atau domain yang terhubung namun khusus DA juga diukur dari segi usia domainnya. Setelah mengetahui perbedaannya, maka penting untuk diperhatikan untuk sama-sama meningkatkan matrik keduanya.

Seperti yang diketahui bahwa dalam strategi SEO, backlink memberikan peranan yang cukup besar. Khususnya jika kamu berhasil mendapat backlink yang berkualitas. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkannya bisa kamu simak dari strategi ini.

Strategi Tepat untuk Meningkatkan Domain Rating

Untuk mendapatkan DR yang tinggi memang tidak mudah. Backlink sekarang bisa saja dibeli tapi apakah kualitasnya cukup baik di mata mesin pencari? kamu tidak bisa asal membeli backlink tetapi juga harus memperhatikan kualitas konten.

(Baca Juga : Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas)

Beberapa strategi berikut ini bisa kamu lakukan supaya DR bisa meningkat dengan cepat.

1.     Membuat Konten yang Berkualitas dan Variatif

Demi mendapatkan backlink yang bagus, tentu ujung tombaknya ada di konten. Sejauh mana kamu mampu membuat konten yang berkualitas, mulai dari pemilihan keyword, riset sampai dengan cara menulisnya. Semua harus diperhatikan dengan jeli.

Jangan hanya menulis asal panjang jika tidak berisi, oleh karena itu kekuatan riset harus ditonjolkan. Selain berkualitas, isi konten juga bisa divariasikan. Misalnya kamu bisa menambahkan gambar yang menarik bahkan infografik. Jika memiliki channel YouTube kamu bisa juga menambahkan link ke dalam artikel.

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

2.     Memperbaiki Penggunaan Internal Link

Meskipun DR mengacu pada backlink namun internal link juga harus bagus. Apabila internal link bagus maka akan dinilai oleh mesin pencari sebagai website yang kredibel. Cek kembali kata kunci yang digunakan pada internal link beserta link yang ditautkan.

Pastikan korelasi antara keduanya tepat sehingga tidak membingungkan pembaca apalagi membuat mereka terjebak. Selama relevansinya bagus maka kamu bisa terus mengoptimalkannya.

(Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!)

3.     Pilih Backlink dari Website DR Tinggi

Ingin membeli backlink? Atau sedang mengecek backlink yang sudah masuk ke website kamu? Pastikan bahwa website tersebut juga kredibel dan relevan begitu juga dengan tingkat DR nya. Website yang memberikan backlink harus memiliki DR yang tinggi pula.

Tujuannya untuk mempercepat naiknya website kamu. kamu bisa mengecek DR dari website tersebut langsung di Ahref. Cek terlebih dahulu kemudian putuskan di mana backlink akan dipasang.

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

Setelah mengetahui apa itu domain rating dan cara meningkatkannya sekarang mulailah bergegas untuk memperbaiki backlink di website kamu. Banyak hal yang harus dikerjakan, mulai dari memperbaiki atau produksi konten berkualitas agar backlink berkualitas bisa didapatkan.

0 comments

Posting Komentar