Minggu, 09 Oktober 2022

Cara agar Artikel Blog Tidak Bisa di Copas Ternyata Mudah!


Pernah membaca artikel kemudian ingin copy paste namun tidak bisa? Bagaimana sih cara membuatnya? Sebagai pemilik kamu harus tahu bagaimana cara agar artikel blog tidak bisa di copas. Tujuannya untuk mengamankan artikel agar tidak digunakan blog atau situs lain. 

Terutama di-copy oleh Private Blog Network (PBN) yang kerap menuai masalah di dunia blogging. Artikel kamu telah digunakan dan tidak memberikan sumber dengan benar. Menghindari hal yang merugikan ini, kamu tentunya harus bisa mengamankan artikel yang telah di posting. Ikuti cara mudahnya ini. 

(Baca Juga : Berapa Minimal Jumlah Kata Artikel di Blog? Ini Angka Idealnya)

Cara agar Artikel Blog Tidak Bisa di Copas dengan Mudah 

Selain menghindari konten dicuri dan trafik blog menurun, kamu juga harus menjaga agar jerih payah dalam menulis konten. Menulis tentunya bukan suatu yang mudah, apalagi jika kamu sudah riset dalam waktu lama dan membuat artikel yang jumlah katanya mencapai ribuan. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat blog aman dan terjaga dari copy paste. 

Mengaktifkan Plugin Khusus Copy Protection pada WordPress

Kamu yang membuat blog melalui WordPress bisa memanfaatkan plugin gratis copy protection. Plugin ini akan menjaga agar konten kamu tidak bisa di copy paste sembarangan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan plugin tersebut. 

1. Buka WordPress dan masuk ke bagian dashboard, pastikan bahwa kamu masuk sebagai admin web. 

2. Kemudian di bagian dashboard kamu bisa pilih menu Plugins yang ada di kolom sebelah kiri dan lanjutkan dengan klik Add New. 

3. Pada kolom pencarian, kamu bisa mencari plugin dengan mengetik kata kunci ‘copy protection’. 

4. Tunggu sampai muncul hasil pencariannya dan kamu bisa memilih mana plugin yang paling bagus. 

5. Jika sudah menemukannya tinggal klik Instal Now dan tunggu sampai muncul tombol Activate dan klik. 

Usai mengaktifkan plugin seharusnya artikel di blog sudah tidak bisa di copy paste lagi. Kamu tidak akan terganggu lagi dengan oknum yang kerap membuat artikel copy paste. 

(Baca Juga : 9 Manfaat Update Artikel Blog Rutin untuk Ranking Website)

Menambahkan Kode Script 

Bagaimana jika kamu membuat blog gratisan menggunakan blogger.com? Tenang saja kamu masih bisa memproteksi agar blog tidak mudah untuk di copy paste. Caranya adanya dengan menambahkan kode script. 

Kode ini bisa kamu cara terlebih dahulu kemudian menambahkannya secara manual. Jika sudah menemukan kodenya, tinggal ikuti saja langkah ini. 

1. Masuk terlebih dahulu ke dalam akun blog kamu di blogger.com. 

2. Kemudian masuk ke menu Tema dan pilih lagi menu ‘buka Edit HTML’. 

3. Sampai di sini kamu akan melihat coding pada blog yang mungkin akan tampak membingungkan. Namun kamu hanya perlu mencari ]]></b:skin> dengan menggunakan CTRL+F pada keyboard. 

4. Setelah menemukannya kamu bisa meletakkan kode anti copy paste di atasnya. Jika tidak menemukan  ]]></b:skin> bisa juga di atas  </style> atau di bawah <head>.

body{display:block;

-khtml-user-select:none;

-webkit-user-select:none;

-moz-user-select:none;

-ms-user-select:none;

-o-user-select:none;

user-select:none;

unselectable:on;}

5. Jangan lupa setelah menempatkan kode kamu klik Save Theme. 

Sekarang kamu bisa uji coba ke dalam blog, sudah pasti artikel tidak bisa di copy paste. Kunci dari cara ini adalah dengan mendapatkan coding yang benar. Jika salah kamu bisa mencobanya beberapa kali dengan coding yang berbeda. 

Tidak sulit bukan mengikuti semua cara agar artikel blog tidak bisa di copas baik di WordPress maupun blogger.com. Tidak perlu khawatir lagi akan masalah plagiasi yang bisa mempengaruhi trafik blog. Kamu bisa lebih fokus lagi untuk membuat konten yang berkualitas. 

(Baca Juga : Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas)

0 comments

Posting Komentar