Sabtu, 08 Oktober 2022

Yuk Cek Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

 


Domain telah menjadi bagian penting dari sebuah website, namun perlu diketahui bahwa domain tidak selalu baru, ada aged domain ada juga expired domain. Apa perbedaan aged domain dan expired domain ini penting untuk diketahui sebelum kamu membeli.

Pasalnya membeli domain yang salah akan mempengaruhi naik tidaknya trafik pada website yang akan kamu buat. Seperti apa pengertian hingga perbedaan keduanya bisa kamu cari tahu informasi lengkapnya di sini.

Mengenal Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Secara pengertian aged domain atau domain berumur adalah domain yang pernah diaktifkan dan digunakan. Hanya saja domain ini sudah tidak lagi digunakan namun pemiliknya masih terus memperpanjangnya.

Beberapa orang yang terus memperpanjang domain ini bisa saja memiliki harapan untuk menjualnya dengan harga lebih mahal. Berbeda dengan aged domain, pada expired domain artinya domain tidak diperpanjang kembali sehingga kadaluarsa.

Domain ini biasanya akan dijual kembali namun sebelumnya sudah di-reset terlebih dahulu. Sama seperti ponsel yang ingin dijual kembali maka akan diatur agar kembali ke mode pabrik dan tampil seperti baru.

(Baca Juga : Istilah dalam SEO yang Memiliki Perannya Masing-Masing)

Di antara keduanya kamu harus bisa mempertimbangkan mana yang lebih baik untuk dibeli. Caranya adalah dengan memperhatikan beberapa perbedaan berdasarkan faktor berikut:

1.    Perbedaan Harga

Harga jelas akan lebih mahal aged domain karena pemilik terus memperpanjangnya dan pernah menggunakan domain tersebut. Terlebih lagi jika aged domain telah memiliki domain authority yang telah terbentuk sehingga mudah untuk meningkatkan performanya.

Berbeda dengan expired domain yang sama seperti baru, maka harga tentu jauh lebih murah. Beberapa layanan penyedia domain bahkan menawarkan harga yang sama seperti domain baru.

(Baca Juga : Kenali Berbagai Jenis Backlink dalam Dunia SEO, Wajib Tahu!)

2.    Perbedaan Index Mesin Pencari

Indexing adalah syarat penting agar website atau blog kamu terbaca oleh mesin pencari. Pada aged domain sudah pasti terindex oleh Google karena sebelumnya pernah diaktifkan. kamu pun akan lebih mudah mengembangkan website atau blog khususnya dalam segi SEO.

Pada expired domain, indexing harus dimulai lagi dari awal karena tidak ada histori yang tercatat. Artinya kamu harus membangun pondasi sejak awal lagi sama seperti domain baru.

3.    Perbedaan dari Segi Backlink

Salah satu teknik SEO adalah mengandalkan backlink. Profil backlink pada aged domain sudah pasti terbentuk sehingga memudahkan kamu untuk meningkatkan peringkat website. kamu yang ingin mendapatkan ranking tinggi bisa mengandalkan backlink dari aged domain ini.

Berbeda jika sistem telah menghapus rekam jejak pada expired domain maka backlink yang tertanam sudah pasti hilang. Meskipun backlink tersebut bagus namun kamu sudah tidak bisa lagi mendapatkannya setelah mengaktifkan domain.

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Backlink untuk Web yang Penting Ini!)

4.    Perbedaan Domain Authority

Selain indexing, domain authority juga jadi bagian penting untuk bisa bersaing di mesin pencari. Domain authority pada aged domain kebanyakan memiliki peringkat cukup tinggi sehingga cukup banyak dicari.

Sedangkan pada expired domain tidak lagi memiliki domain authority meskipun telah lama aktif. Selama domain tidak diperpanjang sebelum masa kadaluarsa maka semua riwayat sudah dihapus.

Satu-satunya kekurangan dari aged domain dan expired domain hanyalah kamu tidak bisa memilih nama domain sesuai keinginan. Memperhatikan perbedaan aged domain dan expired domain kamu bisa semakin mudah untuk menentukan mana yang harus dibeli.

(Baca Juga : Apa itu DA PA? Pengertian, Faktor Penentu serta Cara Menaikkannya)

Apabila ingin segera meningkatkan peringkat website di mata mesin pencari maka aged domain bisa jadi pilihan. Asalkan kamu memilih dengan tepat. Namun jika kamu ingin mulai dari awal lagi maka expired domain atau membeli domain baru bisa jadi pilihan terbaik.

0 comments

Posting Komentar