Rabu, 05 Oktober 2022

Cek Cara Mengetahui Pengunjung Blog Kita Cukup dengan Tools Ini!


Sudahkah kamu mengecek berapa jumlah trafik visitor blog setiap bulan atau bahkan mingguan? Cara mengetahui pengunjung blog kita sangatlah mudah karena bisa memanfaatkan beberapa tools, baik itu gratisan maupun berbayar.

Trafik visitor menjadi salah satu matrik yang penting diperhatikan untuk menciptakan strategi yang lebih baik lagi. Bukan hanya blog sendiri, kamu bahkan bisa juga cek jumlah pengunjung blog atau website orang lain. Apa saja tools dan caranya simak di sini.

Cara Mengetahui Pengunjung Blog Kita dengan Tools Terbaik

Semakin tinggi trafik artinya blog banyak diminati dan upaya optimasi yang dilakukan berjalan lancar. Sambil mengecek trafik pengunjung, ketahui juga informasi seperti durasi kunjungan hingga halaman yang dibuka setiap kunjungan.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog/Website Kamu)

Data-data ini nantinya bisa jadi bahan evaluasi dan penentuan strategi optimasi apa yang sebaiknya diambil. Sebenarnya ada banyak tools yang telah disediakan oleh mesin pencari atau dari pihak ketiga. Kamu tinggal pilih saja mana tools terbaiknya berikut ini.

1.    Google Analytics

Berbicara soal tools gratis, tentu Google Analytics yang disediakan oleh mesin pencari Google bisa jadi rujukan utama. Supaya bisa mengakses informasi dari blog, sebelumnya kamu perlu memasukkan Google Analytics dalam template website.

Selama menggunakan Google Analytics matrik yang bisa kamu baca adalah pengunjung real time. Begitu juga informasi siapa saja audient atau pengunjung berdasarkan demografi, interest, browser, perangkat dan masih banyak lagi.

2.    Histats

Saya rasa tool satu ini cukup favorit dan banyak digunakan oleh para blogger / pemilik website diluar sana. Selain menyediakan dashboard data mengenai pengunjung blog, histats juga menyediakan widget yang dapat kita pasang di blog kita dengan berbagai bentuk yang cukup variatif. 

Juga sama seperti tools lainnya, histats pun menyediakan data pendukung seperti asal pengunjung (referring sites dan search engine), geolocation, browser yang digunakan (pc/laptop/hp), dan top content dari blog kita.  

3.    Ahref

Rekomendasi alat cek pengunjung selanjutnya adalah Ahref. Bukan hanya digunakan oleh para blogger tetapi juga admin website perusahaan. Tools berbayar ini dapat menampilkan informasi yang sangat lengkap dari blog atau website pribadi hingga milik orang lain.

Ada juga informasi tambahan seperti sumber backlink sebuah blog, detail keyword yang paling tren dari blog tersebut hingga fitur audit. Jadi selain untuk cek pengunjung Ahref juga kerap digunakan untuk riset kata kunci.

(Baca Juga : 5 Pengaruh Penting Backlink terhadap Website/Blog)

4.    SemRush

Tools ini tidak hanya digunakan untuk pencarian keyword saja tetapi juga untuk cek trafik blog serta matrik yang lainnya. Tersedia gratis untuk penggunaan dalam jumlah tertentu, sebelumnya kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar menggunakan akun Google agar lebih cepat.

Baru setelah itu kamu bisa memasukkan nama domain dan cek statusnya. Maka informasi seperti organic traffic, organic keyword, kompetitor lainnya pun akan muncul. Kamu bisa mengetahui trafik apa saja yang dibutuhkan dari tools ini.

5.    SimilarWeb

Tidak kalah menarik dari tools sebelumnya, kamu bisa mengaksesnya secara gratis. Pada saat masuk ke halaman utamanya, kamu bisa langsung mengetik nama domain pada kotak yang sudah disediakan. Tinggal klik Analyze dan tunggu sebentar.

Informasi soal trafik akan langsung kamu dapatkan dan bisa dianalisis lebih lanjut. Tampilan websitenya cukup sederhana sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk membaca informasinya.

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum)

6.    Ubersuggest

Terakhir adalah tools yang diciptakan oleh orang India, Neil Patel. Dulunya tersedia gratis untuk pencarian berapa kali pun, sekarang sudah berbayar. Namun kamu masih mendapat kesempatan cek trafik untuk dua domain dengan sebelumnya membuat akun.

Sistemnya sama seperti Semrush, buat akun terlebih dahulu, masukkan domain kemudian analisis. Informasi trafik pengunjung dan matrik lainnya akan tersaji secara lengkap.

Begitu mudah cara mengetahui pengunjung blog kita memanfaatkan tools-tools ini. Sebagai pemula kamu bisa mencoba tools gratisan dan cukup mencari informasi pengunjung secara lengkap. Namun jika ingin hasil lebih mendetail, tools berbayar seperti Ahref akan jauh lebih baik.

0 comments

Posting Komentar