Kamis, 06 Oktober 2022

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan Agar Menjadi Transparan

Berencana membuat surat lamaran atau surat formal atau untuk keperluan lainnya? Tentu membutuhkan tanda tangan yang rapi. Ada kok cara menghilangkan background tanda tangan (TTD) yang baru saja di-scan dari kertas berwarna atau kertas lainnya. 

Bahkan biasanya setelah membuat tanda tangan di atas kertas HVS pun hasilnya masih belum terlalu bersih. 

Seringkali ada beberapa bagian yang masih tampak kotor, sehingga kita perlu untuk menghapus background tanda tangan supaya hasilnya menjadi bersih. 

Apa saja cara menghilangkan background tanda tangan yang bisa kamu pilih? Temukan di sini. 

2 Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan secara Online dan Offline 

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk menghapus background tanda tangan, yaitu secara online dan offline. 

Cara offline adalah melalui Microsoft Word sedangkan cara online menggunakan bantuan website khusus. 

Sebelum hapus background tanda tangan, kamu harus mempersiapkan hasil scan atau foto dari tanda tangan di atas kertas. Dan kalau bisa diatas kertas kosong ya, pakai kertas HVS saja. Kalau pakai kertas bergaris dikhawatirkan nyaru antara garis tanda tangan kamu dengan garis dari si kertas dan sulit untuk di hapus backgroundnya.

Saya lebih menyarankan untuk menyiapkan hasil scan saja supaya hasil akhir nya bisa lebih maksimal dan juga karena kontras hasil scan cukup terang.

Untuk aplikasi scan sendiri cukup banyak, dapat kamu temukan dengan mudah di App Store (Iphone) atau Play Store (Android), cukup ketikkan “scan” saja lalu pilih salah satu aplikasi yang ada di hasil pencarian. 

Saya pribadi menggunakan aplikasi CamScanner untuk melakukan scan nya (tersedia di Android dan Apple) karena aplikasi satu ini cukup simple.

Format file yang disimpan bisa berupa JPG agar lebih mudah dan jangan lupa gunakan pulpen berwarna hitam atau alat tulis apapun yang bisa menghasilkan tanda tangan yang tebal. 

Cara Scan Tanda Tangan di Cam Scanner 

Cara scan tanda tangan ini dilakukan secara online, karena kamu harus install terlebih dahulu aplikasi Cam Scanner menggunakan hp android atau iPhone. 

Aplikasinya bisa digunakan gratis sehingga kamu tidak perlu khawatir harus membayar meskipun mereka menyediakan layanan upgrade member.

Saya sangat merekomendasikan menggunakan aplikasi ini untuk scan tanda tangan karena sangat simple. Tinggal sat-set langsung jadi.

Selain itu tahapannya cukup mudah tidak harus menggunakan komputer seperti laptop. 

Silahkan persiapkan kertas HVS kalian, karena aplikasi ini belum bisa digunakan untuk scan sesuatu yang memiliki background yang tidak bersih. Jika sudah siap, ikuti langkahnya berikut:

Cara Scan Tanda Tangan

1. Buatlah terlebih dahulu tanda tangan yang jelas di atas kertas HVS. 

2. Kemudian buka aplikasi Cam Scanner yang sudah diinstal tadi. Klik icon kamera.

3. Arahkan kamera keatas tanda tangan dan ambil posisi yang bagus dengan tanda tangan tampak jelas. 

4. Tekan ikon kamera untuk memotret dan jika sudah silahkan klik tanda panah hijau di sisi bawah kanan. 

5. Secara otomatis hasil foto tanda tangan mu sudah ter scan

6. Klik menu Menyimpan di pojok kanan bawah. 

7. Pilih simpan dalam format JPG agar lebih mudah untuk digunakan. 

8. Atau langsung bagikan hasil scan tadi ke media yang mudah di akses di komputer, seperti Whatsapp. Jadi kamu tinggal save as dengan membuka browser whatsapp di laptop/pc.

Ini hasil scan saya:

Hapus Background Tanda Tangan

Sampai pada langkah ini tanda tangan sudah siap digunakan untuk kebutuhan dokumen lain. Tinggal pindahkan saja ke komputer jika diperlukan. 

Bila kamera kalian bagus, kondisi pencahayaannya terang, dan kertas HVS nya bersih (tidak seperti kertas HVS pada foto tanda tangan saya diatas) tidak menutup kemungkinan hasil scan yang diberikan sangat baik dan tidak perlu di hilangkan lagi backgroundnya.

Namun jika masih “kotor” (seperti hasil scan tanda tangan saya diatas) banyak bintik-bintik alias tidak bersih, kamu dapat menghapus background “kotor” tadi di Word atau di Website (secara online).

Seperti apa langkah menggunakan Microsoft Word dan apa website yang bisa digunakan untuk menghilangkan background pada tanda tangan, cek berikut ini. 

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di  Word 

Aplikasi dokumen yang paling sederhana dan banyak digunakan. Kamu juga pasti kerap menggunakannya untuk membuat dokumen surat menyurat. Microsoft Word juga bisa digunakan untuk menghilangkan background pada tanda tangan. 

Kamu hanya perlu menemukan fiturnya saja. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti. 

1. Buka aplikasi Microsoft Word pada laptop kamu. 

2. Kemudian kamu bisa memasukkan gambar atau hasil scan tanda tangan. Caranya klik Insert kemudian pilih menu Pictures dan klik This Device. 

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan Agar Menjadi Transparan

3. Sekarang kamu bisa memilih file tanda tangan dari komputer. 

4. Hasil gambar akan muncul pada halaman kosong Microsoft Word. Jika sudah kamu bisa klik foto tersebut. 

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan

5. Pilih menu Format kemudian cari menu Wrap Text, pada menu ini kamu bisa memilih In Front of Text. Tujuannya agar gambar berada di atas teks sehingga mempermudah untuk menggesernya. 

6. Masih pada menu Format, kamu bisa lanjut dengan pilih menu Remove Background.

7. Apabila menu tersebut di klik maka latar dari tanda tangan akan berubah berwarna ungu dan bagian inilah yang nantinya akan hilang berubah menjadi warna putih. 

Cara Menghapus Background Tanda Tangan

8. Untuk bisa menghilangkannya kamu bisa klik Keep Change. Cek kembali apakah masih ada background yang masih belum hilang. 

9. Jika iya, maka kamu bisa klik menu Mark Areas to Remove. 

10. Baru setelah itu arahkan kursor ke background yang ingin dihilangkan. Buat garis atau tekan kursor dan tarik sedikit sehingga berubah menjadi warna ungu pada bagian tersebut. 

11. Terakhir klik Keep Changes maka area yang telah ditandai tadi akan menghilang. Terapkan cara yang sama pada area lain yang masih berwarna. 

Mudah bukan untuk cara menghilangkan background tanda tangan melalui Microsoft Word. Cara ini juga berlaku jika kamu menggunakan Microsoft Excel. Jangan lupa setelah selesai simpan dokumen dan siap untuk digunakan. 

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di Browser Secara Online

Pada cara yang kedua ini termasuk online, karena kamu akan mengakses situs untuk menghapus background gambar termasuk tanda tangan secara cepat. 

Untuk cara menghilangkan background tanda tangan secara online dapat dilakukan melalui situs remove.bg.

Situs ini menyediakan layanan gratis yang bisa diakses kapan saja. Lebih mudah lagi jika langkah ini dilakukan menggunakan komputer. Tampilan nya pun mudah dipahami untuk orang awam yang tidak pandai mengedit seperti saya.

Selain itu situs ini juga menempati posisi pertama untuk pencarian menghilangkan background, sehingga hasilnya mungkin tidak diragukan lagi.

Berikut ini tahapan yang bisa kamu ikuti. 

1. Buka web browser di komputer kemudian akses situs remove.bg. 

2. Setelah terbuka kamu akan diarahkan untuk upload image. Tinggal klik saja menu tersebut. 

Cara Menghapus Background TTD

3. Carilah file gambar tanda tangan yang akan kamu hapus backgroundnya di komputer dan upload. 

4. Maka akan muncul gambar ttd kamu dengan background yang sudah terhapus. 

Cara Menghilangkan Background TTD

5. Kamu bisa langsung klik Unduh atau Download untuk menyimpan filenya. 

Ini hasilnya:

Menghilangkan Background Tanda Tangan

Background bintik-bintik tadi sudah hilang dan tanda tangan menjadi bersih.

Selama jaringan internet lancar, cara ini hanya perlu satu menit untuk diselesaikan. Kamu tidak perlu repot juga menghapus background secara manual seperti menggunakan Microsoft tadi. 

Selain tanda tangan, website ini juga akan membantu kamu untuk menghilangkan background pada foto jenis apapun. Tinggal upload dan unduh saja file sudah selesai diedit. 

Ketiga cara menghilangkan background tanda tangan ini bisa menjadi alternatif paling mudah ketika kamu tidak memiliki aplikasi seperti Corel Draw atau Photoshop. Bahkan kamu yang tidak memiliki keahlian khusus untuk mengedit bisa menghilangkan background dengan sangat mudah. 

Sekarang kamu bisa menggunakan file tanda tangan tanpa background untuk kebutuhan pembuatan dokumen formal apapun. Hasilnya pasti rapi dan bisa digunakan kapan saja.

(Baca Juga : Cara Memperpendek Semua Link URL Yang Panjang)

0 comments

Posting Komentar