Kamis, 06 Oktober 2022

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram (IG)

Cara Menghapus Blog Pribadi di Instagram

Kamu yang saat ini menggunakan akun bisnis atau profesional di Instagram pasti familiar dengan fitur blog pribadi di bagian bio. Tidak sedikit yang mencari tahu cara menghilangkan tulisan blog pribadi di IG ini karena merasa tidak memerlukannya. 

Tenang caranya mudah, kamu bisa memilih salah satu dari dua cara ini. Mulai dari mengubah akun menjadi akun pribadi atau akun kreator. Apa perbedaan dari kedua akun ini dan bagaimana langkah mengubahnya masing-masing bisa kamu simak di sini sampai akhir.  

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi di IG dengan Mengalihkan Akun 


Cara Menghapus Blog Pribadi di IG

Sebelum mengalihkan akun untuk menghilangkan fitur blog pribadi, kamu harus tahu perbedaan keduanya. Kamu yang mengalihkan ke akun personal maka bisa mengatur fitur private siapa saja yang bisa mengikuti dan berinteraksi dengan akun kamu kapanpun. Akun ini layaknya kamu baru pertama kali membuat akun di Instagram. 

Berbeda dengan akun personal, pada akun kreator ada beberapa fitur tambahan seperti dilihat insight, memasang iklan, membuat konten online shop dan masih banyak lagi. Biasanya akun ini akan dipilih oleh konten kreator dan bisa dibilang mirip sekali dengan akun bisnis. 

Setelah mengenal perbedaan ini kamu bisa lebih mudah memutuskan untuk mengalihkan ke akun mana yang paling tepat. Sedangkan cara untuk mengubahnya yang bisa diikuti adalah sebagai berikut. 

Oiya cara ini bisa dilakukan di Android maupun Iphone ya. Di PC juga sebenarnya bisa, kita tinggal mengubah tampilan instagram di browser menjadi tampilan handphone, dengan begitu kita bisa menghilangkan tulisan blog pribadi melalui PC juga dengan tahapan yang serupa dengan yang akan dibahas dibawah ini.

(Baca Juga : Cara Upload Story dan Posting Feed Instagram di PC Praktis)

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi Dengan Mengalihkan ke Akun Personal 

Cara menghapus tulisan blog pribadi di instagram yang pertama yaitu dengan mengalihkan ke akun personal. Kamu yang mungkin sudah tidak ingin menggunakan akun bisnis bisa beralih ke akun personal. Selain menghilangkan blog pribadi, banyak pengaturan privasi yang bisa diaktifkan. Cara mengalihkannya pun sangat mudah, berikut ini langkah yang bisa diikuti. 

Cara Menghilangkan Blog Pribadi di Instagram

1. Jalankan aplikasi Instagram terlebih dahulu, kemudian kamu bisa login ke akun bisnis yang dimiliki. 

2. Setelah masuk ke halaman Beranda Instagram, kamu bisa pilih ke menu Profil dengan klik gambar profil yang ada di pojok kanan bawah. 

3. Setelah klik dan masuk ke menu profil, kamu bisa melanjutkan dengan klik garis tiga di bagian pojok kanan atas. 

4. Pada pilihan menu yang muncul, kamu tinggal pilih saja menu Settings atau Pengaturan akun di bagian paling atas. 

5. Pada halaman selanjutnya kamu tinggal gulir saja ke menu yang paling bawah. Di sana akan muncul pilihan Beralih ke Akun Pribadi. 

6. Tinggal sekali klik menu tersebut maka akun kamu akan berubah menjadi akun pribadi. 

Cukup enam langkah untuk menghilangkan tulisan blog pribadi yang biasanya muncul pada halaman profil. Sekarang akun kamu telah berubah menjadi akun biasa yang tampilan profil bisa diisi informasi seperti Bio dan juga link saja. Jika ingin mengembalikan lagi ke semula, kamu bisa membaca Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram.

Tapi dengan cara ini, kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur yang ada pada akun profesional.

Lalu bagaimana cara menghilangkan tulisan blog pribadi tapi tetap bisa menikmati fitur di akun profesional?

Silahkan simak langkah kedua dibawah ini. 

(Baca Juga : Cara Logout Akun Instagram dari Perangkat Lain)

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi dan Tetap Dapat Menikmati Fitur Akun Professional

Pada cara menghapus tulisan blog pribadi yang kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahapan di atas. Bedanya ada kategori yang bisa dipilih sesuai dengan keahlian untuk membedakan dengan akun kreator lainnya. 

Saya pribadi lebih menyukai cara menghilangkan tulisan blog pribadi yang ini karena selain tulisan blog pribadi nya hilang, kita tetap dapat menikmati fitur selayaknya akun bisnis seperti melihat dashboard insight. Menarik bukan?

Seperti apa caranya, kamu bisa simak berikut ini dan pastikan kamu sudah melakukan tahap pertama (beralih ke akun personal).

1. Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu, jangan lupa untuk login terlebih dahulu ke akun bisnis yang telah dimiliki. 

2. Setelah masuk Beranda Instagram di akun kamu, pilih menu profil yang bergambar foto profil di pojok kanan bawah. 

3. Lanjutkan dengan klik menu garis tiga di pojok kanan atas setelah masuk ke menu profil. 

4. Kamu bisa melanjutkan dengan memilih menu Pengaturan atau Settings di bagian paling atas. 

5. Gulir menu yang muncul dan cari paling bawah yaitu menu Beralih ke Akun Profesional. Klik menu ini, lalu akan muncul tampilan yang menjelaskan keuntungan beralih ke profesional, skip semua itu dengan klik selanjutnya. 

Cara Menghilangkan Blog Pribadi di IG

6. Pada halaman selanjutnya kamu tinggal pilih kategori yang sudah disediakan sesuai dengan keahlian. Biasanya akan muncul beberapa pilihan seperti desainer web, editor, calon politisi dan masih banyak lagi. Pilih salah satu diantaranya. 

7. Jangan lupa untuk mematikan menu Tampilkan Label Kategori hanya dengan sekali klik, kemudian tekan Selesai. 

Cara Menghilangkan Tulisan Blog Pribadi di Instagram

8. Akan muncul pilihan Kreator dan Bisnis, pilih sesuai keinginan kamu.

9. Selanjutnya akan ada tahap lanjutan dari Instagram, kamu bisa skip semua itu atau mengisi sesuai arahan yang ada.

Sekarang kamu sudah berhasil menghilangkan tulisan blog pribadi pada tampilan profil namun kamu tetap bisa mengecek informasi atau fitur seperti insight untuk memantau akun.  

Hasilnya:

Cara Menghapus Tulisan Blog Pribadi di Instagram

Tulisan blog pribadi sudah berhasil di hapus dan kita tetap dapat menikmati fitur-fitur yang ada pada akun professional.

Saya tidak mengisi arahan dari instagram (berupa informasi dll) karena males dan itulah mengapa ada tulisan 0 dari 5 Langkah Selesai diatasnya hehe.


Kesimpulan 

Saat pertama kali mengalihkan akun pribadi menjadi akun bisnis atau akun kreator dengan tambahan menu blog pribadi sangat mudah. Namun menu ini tidak berlaku permanen alias bisa diubah kapan saja. 

Kamu yang sudah tidak ingin menampilkan fitur ini tinggal mengalihkan saja akun menjadi akun pribadi atau akun kreator. Kuncinya jika ingin mengubah ke akun kreator pastikan untuk mematikan menu Tampilkan Label Kategori, karena jika menu ini masih aktif maka tulisan blog pribadi akan tetap muncul. 

Sedangkan jika kamu memilih akun pribadi tidak ada banyak perubahan atau pengaturan yang harus diubah. Sekali klik ke akun pribadi maka semua fitur pada akun bisnis termasuk tulisan blog pribadi akan hilang. 

Kini kamu sudah tahu cara menghapus tulisan blog pribadi di IG dan bisa mengubahnya kapan saja dibutuhkan. Tidak ada batasan berapa kali kamu bisa mengubah atau mengalihkan akun Instagram, jadi ketika sewaktu-waktu sudah tidak memerlukannya lagi tinggal dimatikan saja. 

0 comments

Posting Komentar