Jumat, 07 Oktober 2022

8 Cara Mengatasi WhatsApp Menghubungkan Terus

Cara Mengatasi WhatsApp Menghubungkan Terus

Ada banyak masalah yang kerap muncul pada aplikasi WhatsApp, salah satu yang paling sering adalah telpon terus menghubungkan namun tidak muncul nada dering. Bagaimana cara mengatasi WhatsApp menghubungkan terus di iphone atau android ini? Kenapa WhatsApp menghubungkan terus di iphone? Kenapa Whatsapp connecting terus? Tidak sedikit pengguna yang mempertanyakannya. 

Bukan hanya sendiri yang kerap menemui masalah ini namun juga pengguna WA lainnya. Namun tidak perlu panik saat mengatasinya, karena masalah ini biasanya disebabkan oleh jaringan yang tidak stabil atau memang terjadi masalah pada aplikasinya. Untuk itu simak cara mengatasinya ini. 

8 Macam Cara Mengatasi WhatsApp Menghubungkan Terus

Pada saat mengakses layanan telepon pada WhatsApp, maka informasi Menghubungkan akan muncul. Di saat yang bersamaan biasanya hp iphone atau android dari kontak yang dituju akan berdering. Kamu juga akan mendengar nada sambung ketika muncul tulisan Menghubungkan. 

Lalu bagaimana jika ternyata yang muncul hanya tulisan Menghubungkan tapi ternyata tidak ada nada dering? Telepon di kontak yang dituju pun tidak berdering. Artinya telpon yang kamu lakukan tidak tersambung sehingga orang yang ditelepon tidak mengetahuinya. 

Jika hal ini kerap terjadi tentunya akan sangat mengganggu aktivitas komunikasi. Apalagi jika kamu harus menelepon karena urusan penting seperti pekerjaan. Supaya kamu bisa tetap berkomunikasi dengan lancar, maka beberapa cara mengatasi berikut ini bisa diikuti. 

(Baca Juga : Cara Membuat Status (Story) di WA Kosong)

1. Memastikan Kontak yang Dituju Benar-Benar Aktif 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek apakah kontak WA yang kamu tuju memang dalam keadaan aktif. Karena meskipun kontak tujuan sedang off, maka tulisan Menghubungkan saat telepon akan tetap muncul. 

Kamu bisa mengecek dengan cara mengirimkan chat WA. Apabila chat yang dikirim centang dua artinya kontak tersebut aktif. Namun jika yang muncul hanyalah satu centang saja maka ponsel dari kontak tersebut kemungkinan sedang off. 

Meskipun kamu menelepon seratus kali jika nomor hp tujuan atau iphone/android nya tidak aktif maka tidak akan pernah tersambung. Informasi yang muncul pada layar saat telepon WA pun hanya Menghubungkan. 

2. Memastikan Sinyal dan Internet Lancar 

Cara kedua adalah dengan mengecek kembali apakah sinyal pada ponsel kamu dalam keadaan baik. Sinyal setidaknya harus penuh sehingga memudahkan kamu untuk menghubungi dengan lancar. 

Selain sinyal pastikan juga bahwa jaringan internet dalam kondisi yang bagus. Baik itu kamu yang menggunakan kuota internet maupun WiFi. Aplikasi WhatsApp hanya bisa digunakan ketika terhubung dengan internet, jadi sangat bergantung dengan kualitas jaringan internetnya. 

Kamu bisa tahu apakah sinyal dan jaringan internet ini baik hanya dengan melihat pada bagian ikon sinyal di pojok bagian atas iphone atau android kamu. Apakah sinyal penuh beserta WiFi. Jika menggunakan kuota pastikan kamu tersambung dengan jaringan 4G LTE. 

Berdasarkan pusat bantuan whatsapp di https://faq.whatsapp.com/, kemungkinan terbesar yang menyebabkan WA menghubungkan terus itu biasanya dari masalah koneksi.

Whatsapp sendiri menyarankan untuk melakukan ini.

  1. Buka pengaturan di iphone atau android kamu, atau langsung scroll down menu (android) atau klik assistive touch (iphone) lalu nyalakan mode pesawat kemudian matikan kembali mode pesawatnya
  2. Opsi kedua, nyalakan data seluler iphone / android kamu
  3. Opsi ketiga, jika kamu sedang tersambung ke wifi, matikan wifi lalu nyalakan kembali

(Baca Juga : Cara Menghapus Kontak di WA yang Tidak Bisa Dihapus)

3. Mengecek Versi Terbaru dari Aplikasi WhatsApp 

Kamu yang masih menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama mungkin saja belum memiliki fitur terbaru. Oleh karena itu kerap terjadi masalah pada aplikasinya seperti saat sedang menelepon hanya muncul tulisan Menghubungkan saja. 

Oleh karena itu solusinya adalah dengan mengecek apakah terdapat versi terbaru dari aplikasi WhatsApp yang belum kamu ketahui. Cara mengeceknya bisa langsung melalui Play Store dan ketika WhatsApp maka akan muncul informasi update terbaru. 

Cara lain adalah dengan menekan ikon aplikasi WA cukup lama pada ponsel sehingga muncul beberapa menu pilihan. Kamu bisa klik saja menu update maka ponsel akan otomatis update aplikasi WA. 

4. Menghapus Data pada Memori Internal

Masalah juga bisa terjadi karena memori internal ponsel kamu penuh. Sehingga data-data baru tidak bisa tersimpan dengan baik termasuk aplikasi WA yang sudah update. Cara satu-satunya adalah dengan menghapus data yang tersimpan di memori internal. 

Biasanya data yang sudah tidak terpakai seperti cache yang pertama kali harus dibersihkan. Kamu bisa menghapusnya melalui menu Pengaturan pada ponsel. Tinggal hapus saja cache kemudian kamu bisa mencoba menelepon menggunakan WhatsApp kembali. 

Selain menghapus cache kamu juga bisa uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Pilih mana aplikasi yang sudah tidak digunakan kembali. Selain membuat akses telepon melalui WA menjadi mudah kamu juga akan memperingan kinerja ponsel menjadi lebih cepat. 

5. Mencoba Berpindah Tempat 

Kamu yang sudah mengecek jaringan baik sinyal dan internet ternyata buruk, maka cobalah untuk berpindah area. Bisa jadi kamu sedang berada di area yang susah sinyal misalnya seperti di dalam lift atau area basement.

Sinyal akan kembali ketika kamu sudah berada di area yang tidak susah sinyal. Baru bisa mencoba menelepon kembali maka WhatsApp akan tersambung lebih cepat. Jika kamu tidak berpindah maka tulisan Menghubungkan akan terus muncul. 

6. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp 

Jika setelah dicek jaringan tidak bermasalah, memori internal masih cukup banyak maka mungkin permasalahannya ada pada aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan. Bisa jadi karena sedang terjadi masalah pada aplikasinya maka sulit untuk menelepon dan tulisan Menghubungkan terus muncul. 

Solusinya kamu bisa mencoba untuk instal ulang aplikasi. Jangan lupa sebelum menghapus aplikasi, kamu perlu backup data chat terlebih dahulu. Dengan begitu data akan aman dan saat aplikasi sudah menyala kembali data akan kembali normal. 

Biasanya setelah instal ulang WA di iphone atau android kamu, aplikasi WA akan berjalan seperti pertama kali dipasang. kamu bisa menggunakan menu telepon dengan lebih lancar begitu juga dengan video call. 

7. Menghapus Data Chat 

Sudahkah kamu rutin untuk menghapus data chat di aplikasi WhatsApp? Ada banyak data chat yang kerap tersimpan seperti dari grup. Kamu yang memiliki banyak grup harus rajin untuk menghapus data chat karena hanya akan membuat memori ponsel penuh. 

Hal ini juga yang kerap menjadi penyebab saat menelepon menggunakan WhatsApp hanya muncul tulisan Menghubungkan. Oleh karena itu setidaknya seminggu sekali kamu bisa menghapus data chat WA yang sudah tidak digunakan kembali.

Kamu juga bisa mengatur pesan agar tidak tersimpan atau terhapus otomatis selama seminggu atau sesuai waktu yang diinginkan. Dengan begitu kamu yang kerap lupa untuk menyeleksi ulang chat tidak perlu khawatir. 

8. Pastikan Sudah Mendaftar Kuota Reguler atau Nasional 

Saat ini berbagai provider menyediakan paket internet yang beragam. Supaya kamu bisa menggunakan layanan telepon dari WhatsApp maka harus menggunakan kuota reguler atau nasional. Kuota ini memudahkan kamu untuk bisa mengakses fitur telepon kapan saja. 

Berbeda jika kamu berlangganan paket chat atau sosial media tanpa kuota reguler. Maka sudah pasti tulisan Menghubungkan akan muncul saat menelepon. Jadi lebih baik cek ulang apakah jenis paket yang saat ini sedang kamu gunakan. 

Semua cara mengatasi WhatsApp menghubungkan terus yang jitu sudah kamu dapatkan. tinggal coba satu per satu agar bisa segera menelepon kerabat dengan normal kembali. Supaya kamu tidak ketinggalan dengan aplikasi WhatsApp versi terbaru sebaiknya atur agar pembaruan aplikasi dilakukan secara otomatis. 

Tujuannya agar kamu tidak perlu mengecek ulang terus menerus apakah aplikasi sudah update atau belum. Semua fitur WhatsApp termasuk telepon pun bisa digunakan dengan lebih lancar. 

0 comments

Posting Komentar