Rabu, 05 Oktober 2022

Apa Itu Histats? Cek Pengertian hingga Cara Memasangnya

 

Sudah pernah dengar istilah Histats? Para blogger kawakan tentu tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun kamu yang merupakan blogger baru pasti penasaran soal apa itu histats. Histats yang merupakan aplikasi widget untuk blog atau website ini kerap dipasang untuk memantau kinerja blog dari jumlah pengunjungnya.

Bukankah untuk cek trafik bisa menggunakan Google Analytic? Meskipun mirip namun ada beberapa manfaat lain yang ditawarkan Histats. Kenali manfaat sampai cara mendaftarnya berikut ini.

Apa Itu Histats dan Manfaatnya

Pengertian Histats sendiri adalah layanan berupa aplikasi widget dengan fungsi mengukur jumlah pengunjung blog atau disebut dengan trafik. Apakah layanannya gratis? Tentu saja, inilah yang membuat Histats kerap dibandingkan dengan Google Analytics.

Lalu mana yang lebih bagus memasang Histats atau Google Analytic bagi blogger? Penggunaan keduanya sekaligus tidak masalah karena informasi yang didapatkan akan semakin lengkap. Pasalnya masing-masing tools memiliki kelebihan dan kekurangannya.

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Blog Sudah Terindex Google atau Belum)

Misalnya pada Google Analytics perhitungan pengunjung real time yang akurat. Sedangkan Histats perlu waktu kurang lebih 1 menit untuk mengubah data pengunjung yang sudah keluar.  Oleh karena itu kamu bisa menggunakan keduanya secara bersamaan.

Selain itu masih ada beberapa manfaat yang dihadirkan oleh Histats lainnya sebagai berikut:

1.    Pemasangan untuk Selamanya

Sudah gratis, Histats bisa dipasang selamanya pada blog yang kamu miliki selama tidak mengubah domain. Kamu pun bisa langsung mengetahui informasi trafik langsung pada bagian dashboard.

2.    Informasi Pengunjung yang Lengkap

Bukan hanya jumlah angka jumlah pengunjung saja yang akan kamu ketahui tetapi juga beberapa statistik berdasarkan hari, jam hingga tahunan. Anda juga bisa melihat perbandingan trafik sesuai dengan waktu yang diinginkan.

3.    Tampilan Laporan Spesifik yang Sederhana

Tidak mudah membaca data dari Google Analytics karena istilah yang digunakan beragam. Histats menyediakan bahasa sederhana meskipun laporannya spesifik, tampilannya pun sangat mudah dimengerti oleh pemula sekalipun.

Cara Mendaftar Histats sebelum Menggunakannya

Tertarik untuk mencoba menggunakan Histats? Sama seperti tools yang lainnya, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftarannya cukup mudah dengan tiga langkah berikut ini.

1.    Mendaftar melalui Website Resminya

Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar melalui website resminya. Jadi kamu harus mengakses melalui web browser yaitu Histats.com. Jangan lupa untuk mengaksesnya melalui web browser di laptop atau PC agar mudah.

2.    Masukkan URL Blog atau Website

Kamu yang sudah berada di halaman utama website resminya bisa scroll ke bagian paling bawah. Temukan menu Register, di sana sudah tersedia box untuk mengisikan URL blog atau website yang kamu miliki. Klik Register untuk menyelesaikan pendaftarannya.

3.    Mengisi Formulir Pembuatan Akun Baru

Terakhir adalah dengan mengisi data pada formulir yang disediakan. Kamu bisa mengetik email, password, nama akun dan jangan lupa untuk setujui peraturan privacy yang sudah disediakan.

Untuk menyelesaikan pendaftaran kamu bisa memasukkan captcha yang sudah diselesaikan. Sisanya tinggal klik Daftar dan kamu sudah menyelesaikan prosesnya. Apabila berhasil kamu akan melihat notifikasi pada layar bahwa Pendaftaran Berhasil.

Sekarang kamu bisa mengecek melalui email yang tadi telah diisikan dalam formulir. Email konfirmasi pendaftaran harus kamu terima karena ini nantinya yang digunakan untuk memasang Histats pada blog atau website.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Trafik/Pengunjung Blog)

Sampai di sini kamu sudah tidak bingung lagi bukan tentang apa itu histats. Pastikan kamu mendaftar dan memasangnya dengan benar supaya matrik trafik bisa segera terbaca. Begitu terpasang kamu bisa melakukan optimasi dengan benar berdasarkan data valid yang ditampilkan.

0 comments

Posting Komentar