Selasa, 04 Oktober 2022

Mengenal Apa Itu Niche Blog dan Cara Menentukan Niche

Salah satu hal utama yang perlu diperhatikan agar blog menjadi populer dan sukses adalah mengetahui apa itu niche blog dan cara menentukan niche. Dalam artian bahwa niche yang tepat ni akan membawa dampak yang sangat signifikan dalam membuat blog dikunjungi oleh banyak orang. Mari kita simak mengenai niche blog yang sering kali diabaikan oleh para penggiat blog ini.

(Baca Juga : Cara Meningkatkan Pengunjung Blog/Website Kamu)

Apa Itu Niche Blog dan Cara Menentukan Niche

Jika kamu serius menekuni dunia blogging, maka mempelajari tentang niche blog akan membantu memperoleh penghasilan yang cukup lumayan. Niche blog sendiri memiliki arti bahwa konten yang ditulis di dalam blog memiliki tema atau topik khusus yang mampu menggaet target pembaca yang lebih luas. Lantas, bagaimanakah cara menentukan niche ini?

1. Tentukan Tipe Blog kamu

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menentukan niche adalah menentukan tipe blog yang ingin kamu kelola. Setiap blogger yang masih memulai blog di awal karir terkadang akan melakukannya berpikir terlebih dahulu tipe blog yang dimiliki, padahal ini adalah step paling penting agar blog tersebut mendapatkan pembaca setia dan populer.

Untuk itu, kamu harus memikirkan apa tipe blog yang ingin dibuat, apakah tipe blog untuk hiburan, pendidikan, bisnis, personal, kesehatan, atau tipe blog yang lainnya. Sebisa mungkin kamu harus menghindari blog yang terlalu campur aduk dengan berbagai tema agar pembaca tidak mengalami kebingungan dan ketika mengunjungi blog tersebut.

(Baca Juga : Rekomendasi Platform Blog Gratis Terbaik!)

2. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu

Setelah itu, kamu pun harus melakukan riset pasar dan mencari tahu apa saja yang saat ini sedang populer di masyarakat sehingga blog tidak ketinggalan zaman. Hindari menjiplak atau mengikuti niche milik kompetitor karena setiap blog pasti memiliki cara sendiri untuk mencapai kesuksesan. Carilah informasi mengenai jenis niche yang sesuai dengan tren dan diperbincangkan oleh banyak orang.

Meskipun begitu, sebenarnya niche yang mengikuti hype tidak akan bertahan lama dan hanya akan ramai dalam waktu sementara saja. Akan tetapi, kamu tetap dapat memanfaatkan momentum sementara tersebut untuk menciptakan konten yang menjadi sumber traffic melimpah. Salah satu caranya adalah dengan menulis konten yang berisi kumpulan konten viral pada saat ini.

3. Pilih Kata Kunci Menarik dan Mampu kamu Kuasai

Banyak blogger yang memutuskan untuk berhenti di tengah jalan karena mereka kehilangan motivasi dan minat untuk menulis konten blog. Hal ini disebabkan karena mereka tidak menyukai topik atau kata kunci yang harus ditulis. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mencoba untuk menulis konten yang sudah dikuasai disertai kata kunci yang menarik.

Apabila kamu menulis sesuai dengan minat dan ilmu pengetahuan yang dimiliki, tentu saja kegiatan blogging akan menjadi jauh lebih menyenangkan dan tidak monoton. Tidak harus menguasai topik itu sepenuhnya, namun kamu dapat mencari topik yang mampu menimbulkan rasa semangat di dalam diri ketika mendengar atau membahasnya.

(Baca Juga : Kenali 5 Pengaruh Penting Backlink untuk Website/Blog)

4. Analisis Keuntungan Konten Blog

Sebelum memulai untuk menulis konten, kamu dapat mencoba untuk menganalisis sendiri kemungkinan keuntungan yang akan diperoleh oleh konten blog. Telusuri topik yang ingin kamu tulis pada mesin pencarian Google dan cari tahu seberapa banyak volume pencarian yang berkaitan dengan topik tersebut.

5. Manfaatkan Niche Abadi

Banyak blogger yang memanfaatkan ‘niche abadi’ untuk memburu penghasilan pada blognya, karena jenis niche ini memang tidak akan lekang oleh waktu. Artinya, meskipun bertahun-tahun sudah berlalu, konten yang ditulis tetap akan dicari oleh banyak orang di internet. kamu dapat memanfaatkan jenis niche ini dengan rajin update konten dan cerdik dalam mengolah kata kunci.

(Baca Juga : Istilah-istilah dalam SEO)


Mempelajari apa itu niche blog dan cara menentukan niche adalah hal yang tidak boleh dilupakan atau diabaikan bagi kamu yang berencana untuk menjadi seorang blogger. Kunci utama agar blog menjadi sangat sukses adalah ketekunan dan kecerdikan kamu dalam merawat blog yang dimiliki, sehingga jangan menyerah di tengah jalan sebelum mencoba untuk membuat konten yang mampu menarik minat banyak pembaca di internet. 

0 comments

Posting Komentar