Senin, 10 Oktober 2022

Bagaimana Cara Mengaktifkan HTTPS (SSL) Blogger? Cek di Sini

Mulai dari tahun 2017 Google menyukai blog atau website dengan HTTPS karena sistem keamanannya yang baik. Oleh karena itu kamu perlu tahu bagaimana cara mengaktifkan HTTPS (SSL) blogger

Penerapan HTTPS juga akan jauh lebih aman ketika menggunakan Secure Sockets Layer (SSL). Perlu diketahui juga bahwa hal ini tidak hanya digunakan pada custom domain tetapi juga subdomain blogspot.com. Kamu yang menggunakan blogspot.com bisa cek caranya di sini sampai akhir. 

(Baca Juga : Yuk Cek Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain)

Cara Mengaktifkan HTTPS (SSL) Blogger dengan Mudah

Manfaat pengalihan HTTPS pada blog memberikan setidaknya tiga jenis keamanan. Pertama adalah memeriksa pengunjung masuk ke halaman yang benar. Kedua blogger juga bisa memperoleh keamanan ketika terdapat penyerang yang ingin mengubah data. 

Ketiga adalah untuk mempersulit orang lain melacak aktivitas pada blog baik itu admin maupun pengunjung. Mengenali semua manfaat ini, kamu yang baru saja membuat blog perlu mengalihkan ke HTTPS (SSL) mulai sekarang. 

Cara mengaktifkan berikut ini dapat diikuti. 

1. Masuk ke Akun Blogger Milikmu 

Pertama-tama kamu bisa masuk ke akun Blogger di blogspot.com. Jangan lupa siapkan alamat email dan juga password dan pastikan kamu sudah masuk ke akun sendiri. Pastikan juga bahwa jaringan internet stabil dan gunakan laptop atau PC untuk mengaksesnya. 

2. Mencari Menu HTTPS di Pengaturan

Sekarang kamu berada di Beranda, lanjutkan dengan memilih menu Pengaturan atau Settings yang ada di kolom menu sebelah kiri. Pada bagian hampir paling bawah yaitu tiga menu terakhir kamu akan menemukan menu Settings. Cukup klik sekali menu tersebut. 

3.  Mengaktifkan HTTPS 

Sekarang saatnya untuk kamu mengaktifkan HTTPS di halaman selanjutnya. Kamu akan melihat beberapa menu yaitu ketersediaan HTTPS dan Pengalihan HTTPS. Pada kedua menu ini kamu bisa mengaktifkan tombol di sebelah kanan. Biarkan tombol berubah warna menjadi biru atau hijau. 

4. Selesai dan Pengecekan 

Sebenarnya sampai pada tahapan ketiga kamu sudah berhasil melakukan pengalihan. Perubahan ke HTTPS ini akan berlangsung dengan cepat. Kamu bisa melakukan pengecekan pada alamat blog atau di kolom URL akan berubah menjadi ikon gembok. 

Jika kamu masih menggunakan HTTP biasanya ikon gembok ini akan tampil dengan tambahan tulisan not secure. Kamu bisa mengecek apakah HTTPS sudah aktif dengan klik ikon gembok tersebut. Maka akan langsung muncul informasi bahwa koneksi aman. 

Pengecekan bisa dilakukan langsung setelah kamu mengalihkan, namun halaman blog kerap kali tidak akan langsung muncul. Butuh waktu untuk Google melakukan verifikasi dan indexing ulang. 

(Baca Juga : Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google atau Belum Terlengkap!)

Kemungkinan Efek Sementara Mengaktifkan HTTPS Blogger

Ada beberapa akibat yang mungkin saja akan dialami oleh blog sebagai berikut:

1. Trafik dapat Menurun 

Penurunan trafik merupakan hal yang wajar dalam beberapa hari, khususnya jika jumlah artikel yang kamu miliki sudah cukup banyak. Kamu harus menunggu Google melakukan indexing ulang terhadap semua URL. 

(Baca Juga : Mudah! Ini Cara Submit Artikel Blog ke Google Search Console)

2. Terjadinya Mixed Content

Kemungkinan terjadinya mixed content juga cukup tinggi sehingga memberikan pekerjaan tambahan bagimu. Mixed content maksudnya adalah campuran konten dengan HTTP dan HTTPS sehingga ikon gembok masih not secure. 

Apabila ini terjadi maka kamu harus mengecek konten secara manual dari HTTP menjadi HTTPS. Caranya dengan Edit HTML di menu Tema dari konten yang masih menggunakan URL HTTP diubah menjadi HTTPS. 

(Baca Juga : Pentingnya Konten bagi Blog, serta Syarat Konten yang Berkualitas)

Caranya perlu dilakukan satu per satu sehingga kamu harus meneliti kembali mana konten yang masih menggunakan HTTP. Perlu kesabaran jika blog kamu terkena mixed content ini. 

Inilah cara mengaktifkan HTTPS (SSL) blogger yang bisa kamu ikuti. Tidak sulit jika kamu membuat blog dari subdomain blogspot. com. 

(Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking, Wajib Diperhatikan)

0 comments

Posting Komentar