Rabu, 02 November 2022

Ciri Ciri WA Diblokir dan Cara Mengatasinya

Ciri-Ciri WA Diblokir dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara untuk mengetahui ciri ciri WA diblokir dan cara mengatasinya agar bisa saling terhubung kembali.

Di jaman serba teknologi seperti saat ini, menjalin komunikasi dengan orang terdekat yang posisinya tidak sedang berada di dekat kita, cukuplah mudah, yakni melalui aplikasi chatting yang bisa diakses dengan mudah melalui ponsel.

Salah satu media chatting yang banyak digunakan saat adalah WhatsApp (WA), dimana di dalamnya terdapat berbagai macam fitur unggulan, seperti mengirim dan menerima pesan berupa teks maupun suara, serta melakukan panggilan biasa atau video.

Untuk menggunakan fitur obrolan tersebut, tentunya kita harus terkoneksi dengan kontak atau nomer pengguna lain. 

Akan tetapi, terkadang seorang pengguna WA akan memblokir kontak pengguna lain jika dirasa cukup mengganggu. 

Untuk mengetahui apakah nomer telpon mu telah diblokir seseorang atau tidak, maka sebaiknya perhatikan beberapa ciri ciri dan cara mengatasinya berikut ini.

Ciri ciri WhatsApp Diblokir

Sebenarnya, setiap pengguna WhatsApp memiliki hak untuk melakukan pemblokiran kontak pengguna lain jika dirasa mengganggu.

Ada beberapa tanda kita diblokir di WhatsApp oleh pengguna lain yang harus diketahui. Selain itu, juga ada beberapa cara untuk bisa mengatasinya.

Dan apabila kamu yakin bahwa wa telah diblokir, kamu dapat membaca kiat-kiat untuk mengatasi membuka blokiran wa orang yang telah memblokir kita.

Untuk mengetahui apakah kamu telah mengalami pemblokiran kontak, maka simak ciri ciri tanda wa diblokir berikut ini.

Tidak ada foto profil

Ketika kamu ingin melakukan obrolan dengan orang lain, namun ternyata kamu tidak bisa melihat foto profil nya alias profil default, maka kemungkinan besar kontak mu telah diblokir.

Biasanya, di dalam foto profil hanya ada gambar orang berwarna abu-abu, sama seperti kita pertama kali mendaftar WA.

Akan tetapi, tidak adanya foto profil ini bisa jadi karena si pengguna sengaja tidak menggunakan foto profil. Atau, bisa juga nomor WA mu tidak disimpan dalam daftar kontak nya.

Tidak bisa mengetahui last seen

Tanda WA diblokir lainnya adalah kamu tidak bisa mengetahui last seen atau terakhir dilihat oleh pengguna tersebut. 

Adanya fitur last seen adalah untuk mengetahui kapan waktu terakhir pengguna tersebut menggunakan WA atau sedang online.

Namun, last seen yang tidak nampak ini bukan hanya karena nomor WA mu telah diblokir. Sebab, WhatsApp sendiri bisa menonaktifkan last seen dengan cara mengaturnya di menu privacy.

Biasanya, pengguna WA memilih untuk menonaktifkan last seen nya karena ingin lebih leluasa menggunakan WhatsApp.

(Baca Juga : Telepon WA Hanya Memanggil Padahal Online? Cek Arti dan Cara Mengatasinya)

Pesan tidak terkirim

Tujuan seseorang menggunakan WhatsApp adalah untuk menjalin komunikasi, baik via teks maupun suara.

Dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pengguna untuk saling bertukar kabar meski dengan jarak cukup jauh.

Namun, jika pesan singkat mu tidak terkirim, maka bisa jadi tanda bahwa kamu telah diblokir oleh pengguna tersebut.

Untuk mengetahui bahwa pesan tersebut tidak terkirim atau tidak adalah muncul tanda checklist atau centang satu pada pesan yang kamu kirim yang ada di ujung kanan bawah.

Jika centang satu tersebut tidak berubah dalam waktu yang cukup lama dan tidak ada balasan pesan dari pengguna tersebut, maka kemungkinan nomor kontak mu teah diblokir.

Akan tetapi, jika tanda centang tersebut berubah menjadi biru dan jumlahnya ada dua, maka berarti si penerima sudah menerima dan membaca pesan mu. 

Namun, perlu diketahui bahwa ada pengguna WA yang mengatur tanda centang tersebut tetap berwarna abu-abu meski sudah dibaca.

Dengan demikian, akan sulit untuk mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah diterima dan dibaca atau belum.

Sebagai informasi tambahan bahwa tanda centang satu juga dikarenakan tidak adanya koneksi internet pada ponsel penerima, sehingga pesan tidak dapat masuk.

(Baca Juga : Cara Kirim Chat WA Kosong (Gaada Isinya) )

Tidak bisa melihat status

WhatsApp memiliki fitur unggulan, yakni bisa berbagi cerita atau status seperti Snapchat. Namun, untuk mengetahui status orang lain, nomor kontak kita harus tersimpan di daftar kontak orang tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa ketika kamu dan pengguna lain tidak saling menyimpan kontak nomor, maka bisa dipastikan bahwa kamu dan pengguna tersebut tidak bisa saling melihat status WA.

Penyebab lainnya kamu tidak bisa melihat status WA orang lain adalah bisa jadi karena kamu telah di blokir oleh orang tersebut.

Namun, jika kamu dan orang lain saling menyimpan nomor kontak namun masih tidak bisa melihat status WhatsApp, kemungkinan lainnya adalah bahwa pengguna telah mengubah pengaturan privasi sehingga tidak semua kontak bisa melihat status yang telah dibuat.

(Baca Juga : Cara Bikin Info / Bio WA Kosong (Biar Keliatan Misterius)

Tidak bisa melakukan panggilan telepon

Tanda bahwa WA diblokir oleh pengguna lain adalah tidak bisa melakukan panggilan, baik dengan telepon ataupun panggilan video.

Biasanya, jika panggilan tersambung, maka di layar ponsel akan muncul tulisan berdering. Akan tetapi, jika panggilan telepon tidak tersambung, tulisan yang muncul adalah menghubungkan.

Namun, tidak bisa melakukan panggilan telepon atau video ini bukan hanya karena WA mu telah diblokir melainkan juga dikarenakan pengguna tidak memiliki koneksi internet.

(Baca Juga : Cara Menghilangkan "Sering Dihubungi" (Frequently Contacted) di WhatsApp)

Cara mengatasi WA diblokir

Setelah tahu apa saja ciri ciri WhatsApp telah diblokir oleh seseorang, maka sekarang waktunya untuk mengetahui bagaimana cara  mengatasinya.

Kirim pesan via grup WA

Jika nomor kontak mu telah di blokir oleh pengguna yang sama-sama berada dalam satu grup obrolan WA, maka solusi yang tepat untuk mengatasi pemblokiran tersebut adalah mengirim pesan via grup WA.

Meski nomor mu telah di blokir dan tidak bisa mengirim pesan secara pribadi, namun kamu masih bisa mengirim pesan melalui grup WA, sehingga kamu bisa menanyakan langsung mengapa pengguna tersebut telah melakukan pemblokiran terhadapmu.

Hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan baik untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan memintanya untuk membuka blokir WA mu.

(Baca Juga : Cara Baca Chat Grup WA diem-diem)

Gunakan nomor telepon baru

Untuk mengatasi WA yang di blokir oleh pengguna lain adalah dengan mengganti nomor telepon lama menjadi nomor telepon yang baru.

Saat seseorang memblokir WA mu, maka yang terblokir hanyalah nomor telepon nya saja, sehingga masih bisa menghubungi orang tersebut dengan nomor telepon yang lain.

Gunakan nomor telepon baru tersebut untuk mendaftar WA seperti semula. Namun, sebelum mengganti nomor telepon baru, maka sebaiknya salin dan pindahkan terlebih dahulu semua nomor telepon yang ada di daftar kontak mu.

(Baca Juga : Cara Mengatasi "WhatsApp Menghubungkan Terus" Saat Menelepon)

Menghapus akun WhatsApp

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil dilakukan, maka pilihan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi WA diblokir adalah dengan menghapus akun WhatsApp.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara ini cukup beresiko dibanding dengan kedua cara di atas, sebab dapat menghapus data kontak dan pesan di WhatsApp.

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan cara ini ketika memang sudah tidak ada cara lain yang bisa dilakukan. 

Setelah akun dihapus, selanjutnya kamu bisa membuat WhatsApp yang baru. Setelah WA sudah selesai dibuat, maka kamu sudah bisa mengirim pesan kepada nomor kontak yang sudah memblokir WA mu sebelumnya.

(Baca Juga : Cara Menghapus Kontak di WA yang Ga Bisa Dihapus)

FAQ


WA diblokir centang berapa?

Saat whatsapp kita diblokir seseorang, ketika kita mengirimkan pesan maka hanya akan ceklis satu.

WA Centang 1 Apakah Diblokir?

Belum tentu. Namun ini juga merupakan salah satu ciri ciri wa diblokir teman. 

Ada beberapa kemungkinan jika chat kamu hanya ceklis satu, diantaranya:

  1. Sinyal kamu jelek (masalah koneksi).
  2. Temanmu sedang menonaktifkan data internet (tidak tersambung internet).
  3. HP temanmu sedang mati.
  4. Kamu diblokir olehnya.

Apakah orang yang sudah diblokir di WA akan tahu?

Umumnya orang lain tidak akan langsung mengetahui jika kontaknya telah diblokir. Namun seiring berjalannya waktu besar kemungkinan orang tersebut akan menyadarinya karena salah satu tanda yang umum ketika wa diblokir yaitu ceklis satu.

Apakah no WA yg diblokir bisa ditelpon?

Berdasarkan pengalaman penulis, meski nomor whatsapp kita telah diblokir teman, kita tetap bisa melakukan panggilan telepon menggunakan pulsa (telepon biasa). Namun tetap tidak bisa melakukan telepon panggilan melalui whatsapp.

Pun begitu dengan teman yang telah kamu blokir whatsapp nya, mereka tetap bisa menelpon kamu melalui panggilan biasa (menggunakan pulsa)

(Baca Juga : Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia? Apa Artinya? )

Demikianlah cara untuk mengetahui ciri ciri WA diblokir dan cara mengatasinya. Pastikan untuk selalu menjaga setiap perkataan dan perbuatan agar tidak menyinggung perasaan orang lain, sehingga tidak terjadi pemblokiran WhatsApp.

0 comments

Posting Komentar