Senin, 31 Oktober 2022

Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia Artinya Apa?

Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia Artinya Apa?

Salah satu masalah pada aplikasi WhatsApp yang kerap terjadi adalah panggilan tidak tersedia. Saat mengalami ini, kamu pasti bertanya panggilan WhatsApp tidak tersedia artinya apa? Apalagi jika baru pertama kali terjadi.

Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang belum mengenal permasalahan pada WA ini. Sebenarnya, masalah ini sering terjadi pada koneksi internet yang kurang bagus. 

Jadi, jika koneksi di HP pemanggil dan penerima telepon lancar saja, maka masalah ini mungkin tidak terjadi. Namun agar lebih jelas dan bisa mengatasi sendiri jika suatu saat mengalaminya, penting untuk kamu mengetahui apa penyebabnya. 

Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia Artinya?

Tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp pasti menjengkelkan sekali. Lebih lagi jika sedang ada hal genting yang harus disampaikan lewat telepon. 

Namun jangan langsung emosi, ada baiknya jika kenali dulu jenis notifikasi error dari WA agar bisa memahami situasinya. Terkadang, kondisi error terjadi akibat kesalahan internal maupun eksternal. 

Bagi kamu yang belum tahu, berikut kami berikan beberapa penyebab telepon WhatsApp tidak tersedia. Dengan begitu, kamu bisa tahu bagaimana cara mengatasinya sendiri. 

Koneksi Internet Buruk 

Penyebab pertama kenapa panggilan tidak tersedia pada WA adalah karena sinyal ponsel kamu atau HP penerima panggilan sedang tidak bagus. Saat sinyal lemah, berapapun panggilan yang masuk pasti tidak muncul notifikasinya.

Untuk itu, sebelum melakukan telepon via WhatsApp ada baiknya periksa koneksi internet dahulu sebagai langkah menghindari panggilan WhatsApp tidak tersedia. 

Tidak Ada Internet 

Berbeda dengan sebelumnya, WA tetap terhubung ke internet namun jaringannya buruk. Pada poin ini, akses internet tiba-tiba terputus sehingga panggilan harus berhenti. 

Meski kondisi dialami oleh penerima telepon, kamu tetap tidak dapat melakukan panggilan WA. Jadi, tak perlu emosi saat panggilan terputus, karena masalah tak terduga bisa terjadi kapan saja. 

Nomor WA Tidak Terdaftar atau Diblokir 

Berikutnya, kemungkinan nomor kontak yang kamu panggil sudah tidak terdaftar lagi di WA atau ganti nomor baru. Bisa juga karena nomor kamu sudah diblokir orang tersebut, sehingga WhatsApp akan menolak panggilan secara otomatis. 

Panggilan WhatsApp Tidak Tersedia di Wilayah Tertentu 

Penyebab terakhir yang mungkin bisa saja terjadi adalah karena WhatsApp diblokir di beberapa wilayah. Karena suatu alasan, jaringan WhatsApp tidak tersedia di wilayah tersebut. 

Sehingga, apabila kamu memanggil orang lain atau sebaliknya, secara otomatis panggilan akan tertolak. Bahkan tidak dapat mengoperasikan WA untuk keperluan lainnya. 

(Baca Juga : Arti Whatsapp Menghubungkan Terus)

Solusi Mengatasi Panggilan WA Tidak Tersedia 

Setelah tahu apa saja penyebabnya, berikut adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Koneksi Internet Bagus

Solusi pertama, pastikan koneksi internet bagus, sinyal kuat, tidak bermasalah dan lancar akses. Sinyal kencang juga mendukung kecepatan pengoperasian layanan.

Cek Perizinan Aplikasi 

Faktor ini sangat sering dialami oleh sebagian orang, dimana koneksi internet sudah bagus tapi telepon pada WA tidak tersedia. Bisa jadi, ini disebabkan karena ada perizinan yang belum diaktifkan. 

Bagaimana mengaktifkannya? Buka Pengaturan di ponsel masing-masing, cari menu Aplikasi dan Izin Aplikasi WhatsApp. Periksa apakah izin panggilan atau telepon sudah diaktifkan atau belum. 

Pastikan Nomor Tidak Diblokir 

Mungkin terdengar sepele, namun kamu bisa mengecek nomor diblokir atau tidak dengan melihat foto profilnya dan tes kirim pesan. Jika tidak ada foto dan pesan tidak terkirim, bisa jadi kamu diblokir. 

Kalau sudah begini, panggilan pasti tidak akan masuk ke nomor WA penerima. Notifikasi panggilan tidak tersedia pun akan muncul di layar HP kamu. 

Hapus Cache Aplikasi 

Data cache pada WhatsApp bisa mengganggu kinerja smartphone jika terlalu lama menumpuk. Untuk itu, penting untuk menghapusnya secara berkala berkala. 

Tak perlu khawatir data kamu akan hilang, karena baik data maupun riwayat pesan dan panggilan tidak akan terhapus. Langkah ini hanya akan membuat aplikasi terlihat seperti baru diinstal dan mengembalikan performa layanannya.

Secara umum, panggilan WhatsApp tidak tersedia artinya memang disebabkan oleh persoalan koneksi internet. Jadi, selama sinyal ponsel tidak bermasalah maka panggilan WA tetap berjalan lancar.

(Baca Juga : Cara Menghilangkan Frequently Contacted di WA)

0 comments

Posting Komentar