Sabtu, 29 Oktober 2022

Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di WhatsApp

Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di WhatsApp

Informasi sering dihubungi atau frequently contact otomatis terlihat dalam aplikasi WhatsApp. Bagaimana cara menghilangkan sering dihubungi di WhatsApp ini? Beberapa orang mungkin terganggu dengan informasi yang muncul ini ketika membuka WA. 

Pasalnya informasi ini kerap mengganggu “privasi” mu karena nantinya akan ketahuan sering chatan dengan siapa. Meskipun kamu baru saja menghubungi kontak tersebut terakhir kali maka akan masuk ke dalam daftar kontak yang sering dihubungi. Cek bagaimana cara untuk menghilangkannya. 

Cara Menghilangkan Sering Dihubungi di WhatsApp Android atau Iphone

Apa yang dimaksud dengan kontak sering dihubungi adalah kontak yang terlihat ketika kamu hendak meneruskan pesan. Misalnya kamu sebelumnya sudah meneruskan pesan ke kontak A, B dan C maka akan muncul kembali saat kamu sedang memilih kontak baru untuk mengirim pesan. 

Hal ini kerap membuat kamu harus scroll kontak hingga bagian bawah untuk menemukan mana kontak yang belum dihubungi atau dikirimi pesan. Jika kontak yang sering dihubungi tersebut informasinya dihapus tentu bisa lebih menghemat waktu. Untungnya ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti. 

Frequently Contact ini merupakan fitur bawaan whatsapp, jadi fitur ini tidak bisa dihapus atau dihilangkan.

Yang dapat kita lakukan yaitu mensiasati nya supaya nama kontak -- yang tidak ingin dilihat oleh orang lain – tidak muncul dalam frequently contact tersebut.

Faktor yang menentukan Nama Kontak atau Grup yang muncul di Frequently Contact

Saya sendiri tidak bisa mengatakan secara pasti faktor-faktor apa saja yang membuat nama kontak A, B, atau C muncul di Sering Dihubungi.

Suatu saat, saya sering menghubungi kontak/grup A dalam kurun waktu berminggu-minggu, sehingga kontak A akan muncul di frequently contact.

Namun saat saya chatan dengan kontak/grup B dalam 2 hari saja, kontak/grup ini malah langsung muncul dan kontak A tertendang (hilang).

Berdasarkan pengamatan saya yang awam ini, sepertinya penentuan kontak yang akan muncul itu dilihat berdasarkan frequensi dalam sehari nya.

Saya rutin menghubungi kontak A (hampir setiap hari), namun chat yang kami lakukan hanyalah sedikit. (durasi lama, jumlah sedikit)

Sedangkan pada kontak B, saya hanya melakukan chat selama 2 hari saja, namun jumlah chat saya sangatlah banyak (bertumpuk-tumpuk hehe)

Sehingga kesimpulan saya – kesimpulan pribadi, hanya berdasarkan pengalaman – nama kontak yang akan muncul dilihat dari seberapa banyak jumlah chat yang kita kirim, bukan seberapa sering (namun tidak menutup kemungkinan juga jika sering maka akan muncul)

Karena pada case saya, ada beberapa kontak/grup yang hampir setiap hari saya melakukan chat didalamnya (namun chat saya hanya sedikit) tetapi tidak muncul dalam Sering Dihubungi ini.

Jadi langsung saja, berikut beberapa langkah untuk menghapus Sering Dihubungi di WA.

Menghilangkan dengan Meniban Menggunakan Kontak Lain 

Berdasarkan pengalaman yang sudah saya paparkan diatas, nama kontak akan muncul berdasarkan jumlah chat yang saya kirim.

Jadi pada cara yang pertama ini, yaitu dengan “menenggelamkan” nama kontak di Frequently Contact yang ingin kita hilangkan.

Caranya yaitu kamu dapat membuat grup yang isinya diri kamu sendiri atau carilah kontak teman mu yang sudah tidak aktif untuk dijadikan tumbal.

Selanjutnya, spam atau kirim lah chat sebanyak-banyak nya dalam kurung waktu tertentu. Bisa divariasikan dengan gambar atau link (tidak hanya teks saja)

Kalau bisa berikan jeda, jadi jangan dalam 10 menit kamu langsung mengirim banyak chat sekaligus.

Cukup misalkan kirim chat ngasal 15 chat per jam nya, lakukan dalam sehari.

Kemungkinan besok kontak tersebut akan muncul di frequently contact dan menendang nama kontak sebelumnya.

(Baca Juga : Telepon WA Hanya Memanggil Padahal Online? Cek Arti dan Cara Mengatasinya)

Menghilangkan dengan Menghapus Chat 

Cara paling ampuh (dan sepertinya ini hanya satu-satunya) yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus semua chat atau memilih mana kontak yang masuk kategori sering dihubungi saja. Berikut ini langkah yang bisa diikuti. 

1. Pertama buka salah satu gambar yang ada di galeri kamu. 

2. Kemudian klik salah satu gambar dan pilih menu share. 

3. Klik menu WhatsApp maka akan muncul daftar kontak yang sering dihubungi. 

4. Catat kontaknya. 

5. Lanjutkan dengan membuka aplikasi WhatsApp. 

6. Kamu bisa cek daftar chat apa saja yang ada dari kontak yang sudah kamu catat tadi. 

7. Sekarang hapus satu per satu chat yang kamu miliki dengan kontak tersebut. 

Otomatis kontak yang sering dihubungi tadi akan hilang. Selain cara ini sepertinya tidak ada cara lain lagi.

Persiapan Sebelum Menghapus Chat

Sebelum merelakan chat tersebut dihapus untuk selama-lamanya, ada baiknya untuk membackup chat nya terlebih dahulu yaitu dengan cara Ekspor Chat.

1. Pertama buka aplikasi WhatsApp secara langsung. 

2. Kemudian pada halaman utamanya kamu bisa klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas. 

3. Pilih menu Setelan dan kamu bisa klik ke menu Chat. 

4. Scroll pada halaman selanjutnya hingga kamu menemukan menu Riwayat Chat yang ada di bagian paling bawah. 

5. Klik dan pilih menu Ekspor Chat. 

6. Secara otomatis kontak yang termasuk dalam sering dihubungi akan hilang. 

Kamu akan diuntungkan karena chat tidak hilang melainkan telah diekspor terlebih dahulu ke memori ponsel. Jadi jika sewaktu-waktu diperlukan kamu tinggal buka saja file sesuai dengan ekspor chat tadi. 

Apabila selesai diekspor kamu bisa lebih leluasa untuk menghapus chat secara keseluruhan. Baik itu riwayat chat lama maupun baru tidak masalah untuk dihapus karena kamu sudah memiliki file cadangan. 

Proses ekspor ini juga bisa memakan waktu yang cukup lama jika kamu menyimpan cukup banyak chat di aplikasi WhatsApp. Jadi akan lebih aman jika kamu rutin menghapus chat yang tidak perlu terutama dari grup WhatsApp. 

Setelah mengetahui cara menghilangkan sering dihubungi di WhatsApp ini kamu bisa praktek langsung. Tidak sulit lagi jika kamu harus mengirim pesan ke banyak orang sekaligus. 

Baca Juga:

0 comments

Posting Komentar