Jumat, 28 Oktober 2022

Telepon WA Hanya Memanggil Padahal Online? Cek Arti dan Cara Mengatasinya

WA online tapi memanggil

Fitur telepon WA memang bisa diandalkan sayangnya beberapa hari terakhir kerap muncul masalah. Kamu mungkin pernah telepon WA hanya memanggil padahal online yang membuat penasaran apakah telepon tersambung atau tidak. 

Tulisan memanggil pada saat menggunakan telepon WA artinya belum menyambung. Pada telepon penerima tidak ada panggilan masuk dari nomor kamu. Artinya penerima tidak tahu mereka sedang dihubungi, padahal mungkin saja keduanya sama-sama online. Apa penyebab dan cara mengatasinya? 

Arti Telepon WA Hanya Memanggil Padahal Online serta Solusi agar Tersambung

Saat hanya muncul keterangan memanggil ketika telepon menggunakan WhatsApp menjadi hal yang sangat mengganggu. Apalagi ketika kamu menghubungi untuk urusan mendesak dan sangat penting. 

Sebenarnya ada alasan dibalik munculnya teks memanggil padahal jaringan internet bagus dan nomor penerima juga sedang online. Simak alasan dan cara mengatasinya ini. 

Alasan Telepon WA Online tapi Hanya Memanggil 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan telepon hanya memanggil dalam WA. 

1. Masalah Jaringan Internet

Pertama adalah karena masalah pada jaringan internet yang kamu miliki atau si penerima. Jika hanya pada ponsel kamu muncul tulisan online, namun jaringan penerima buruk maka telepon hanya akan memanggil saja. 

Perlu menunggu jaringan stabil hingga koneksi bisa langsung tersambung. Ada baiknya jika kamu mengecek melalui chat sebelum menelepon. 

2. HP tidak aktif

Alasan kedua adalah Aplikasi WhatsApp di hp tersebut tidak aktif. Aplikasi yang tidak aktif bisa disebabkan ponsel sedang mati. 

Misalnya saja penerima sedang tidak ingin ditelepon maka mereka akan mematikan hpnya. Bisa juga karena lupa untuk charge sehingga ponsel mereka mati. Tulisan memanggil akan muncul dan akan berhenti jika kamu menghentikan panggilan. 

3. Penerima sedang menerima panggilan lain

Penyebab WA online tapi memanggil adalah penerima mungkin saja sedang menerima panggilan WhatsApp lain atau justru telepon langsung. Oleh karena itulah mereka tidak bisa menerima panggilan yang kamu lakukan dan informasi berdering tidak akan muncul pada ponselmu. 

Dulu saya pernah mengalami seperti hal ini, tapi sekarang, beberapa handphone kadang jika penerima nya sedang menerima panggilan lain, maka ada tulisan sedang berada dalam panggilan lain, bukan memanggil.

Mungkin ini tergantung versi whatsapp yang digunakan ya.

4. Alasan dari Case yang penulis dialami

Pengalaman pribadi : saya pernah mencoba menelpon seseorang namun hanya memanggil padahal status dia saat itu terlihat sedang online. Kejadian ini terjadi 2x pada dua orang yang berbeda.

Beberapa saat kemudian saya langsung menanyakan kepada yang bersangkutan “kok status online tapi gabisa di telpon?

Respon orang pertama : dirinya sempat online namun sepertinya tepat sebelum saya melakukan panggilan, dia menyalakan airplane mode.

Respon orang kedua : dia mengatakan bahwa dirinya memang tidak online sejak beberapa saat sebelumnya.

Jadi yang dapat saya simpulkan adalah : itu karena memang whatsapp atau jaringan kita ngelag sehingga tulisan online nya masih nyantol padahal orang tersebut sudah keluar dari aplikasi (offline)

Solusi Mengatasi Telepon WA yang Hanya Memanggil

Berbeda dengan telepon menggunakan pulsa, jika ponsel penerima sedang mati atau berada di luar jangkauan maka akan muncul suara operator. Informasi dari operator pun cukup lengkap baik itu panggilan sedang sibuk, di luar jangkauan atau dialihkan. Adanya informasi ini memudahkan kamu untuk segera mengambil tindakan. 

(Baca Juga : 8 Cara Mengatasi WhatsApp Menghubungkan Terus)

Berbeda dengan Whatsapp, yang hanya akan muncul informasi memanggil saja meskipun ponsel mati, sedang menerima panggilan lainnya atau bahkan tidak memiliki jaringan. Jadi banyak penelepon yang bertanya-tanya mengapa panggilannya tidak tersambungkan. 

Jika kamu mengalami masalah ini maka beberapa solusi berikut ini bisa diikuti. 

1. Restart Ponsel 

Apabila penyebab WA aktif tapi memanggil adalah jaringan maka akan lebih baik untuk restart ponsel. Langkah ini memang akan menghabiskan banyak waktu jika kamu memiliki banyak chat, namun sangat membantu memulihkan kondisi jaringan serta aplikasi. Ponsel akan mencari jaringan ulang setelah menyala kembali. 

Ketika jaringan menjadi normal kamu bisa melakukan panggilan sekali lagi. Seharusnya panggilan sudah kembali menjadi normal. 

2. Instal Ulang Aplikasi WA

Bisa juga kerusakan terjadi pada aplikasi WhatsApp yang kamu miliki. Entah itu masih menggunakan aplikasi versi lama atau terlalu berat aplikasinya. Lebih baik untuk melakukan instal ulang aplikasi. Kamu bisa mencadangkan chat terlebih dahulu sebelum instal ulang. 

Nantinya setelah aplikasi dipasang kembali seharusnya akan bekerja seperti baru. Kamu bisa langsung mencoba untuk menelepon dan seharusnya sudah bisa tersambung. 

3. Mengecek Keaktifan Ponsel Penerima 

Ada baiknya juga jika kamu mengecek apakah ponsel penerima sedang aktif. Caranya dengan chat melalui WA atau justru miss call menggunakan pulsa. Dengan begitu kamu akan tahu apakah ponsel dalam keadaan hidup dan tersambung dengan internet atau tidak. 

Apabila penerima membalas maka kamu bisa melakukan panggilan. Selama penerima siap dalam segi jaringan dan perangkat maka kamu bisa menelepon kapan saja. 

4. Cek Koneksi Internet

Kalau berdasarkan pengalaman penulis sih biasanya memang karena adanya masalah dengan jaringan internet. 

Di situs FAQ Whatsapp, mereka sendiri lebih menyarankan untuk mengecek koneksi internet yang kita gunakan.

Berdasarkan dari situs resmi Whatsapp perihal koneksi, berikut mungkin bisa kamu lakukan: 

- menyalakan airplane mode kemudian mematikannya

- beralih ke mode data seluler (jika kamu menggunakan wifi) kemudian aktifkan lagi wifi nya. 

Inilah alasan dan solusi mengatasi telepon WA hanya memanggil padahal online. Selalu lakukan pengecekan dan tidak perlu panik untuk mengatasinya. Karena setiap caranya perlu dicoba satu per satu sehingga kamu juga tahu apa penyebabnya. Tidak ada salahnya untuk melakukan semua cara ini karena tidak berisiko merusak ponsel.  


Baca Juga:
Cara Membuat Info WA Kosong Sangat Mudah!

0 comments

Posting Komentar