Rabu, 19 Oktober 2022

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk dan Keluar

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk dan Keluar

Banyak kerabat yang mengeluhkan nomor Anda tidak aktif padahal ponsel normal? Anda yang mengalami hal ini harus tahu cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk. Pasalnya aktivitas kerja atau sekolah bisa terganggu jika layanan ini tidak bisa digunakan. 

Meskipun saat ini telepon bisa dilakukan melalui aplikasi seperti WhatsApp, tapi telepon langsung ke nomor dengan pulsa masih tetap banyak digunakan. Khususnya ketika kamu tidak memiliki kuota atau berada di luar jaringan 4G. Bagaimana cara untuk mengatasinya bisa kamu simak dulu di sini. 

6 Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk Maupun Keluar 

Tidak banyak yang sadar bahwa ternyata nomor yang mereka miliki ternyata bermasalah sehingga tidak dapat menerima panggilan masuk. Ketika salah satu kerabat mengatakan langsung Anda mungkin baru saja melakukan pengecekan. 

Sayangnya hanya cek bahwa panggilan memang tidak masuk saja belum cukup. Kamu harus mencari cara yang tepat untuk bisa memperbaikinya. Keenam cara ini bisa Anda coba. 

(Baca Juga : Panggilan Sedang Dialihkan Artinya Apa?)

1. Mengecek Masa Aktif Nomor 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek masa aktif nomor. Terlalu sering membeli kuota tetapi tidak cek masa aktif bisa membuat nomor kamu diblokir tanpa sadar. Oleh karena itulah rutin mengecek masa aktif sangatlah penting. 

Hasil dari pengecekan bisa menjadi patokan Anda melakukan langkah selanjutnya. Seandainya nomor masuk masa tenggang maka segera beli pulsa untuk memperpanjang masa aktif. Namun jika nomor diblokir karena lewat masa tenggang maka Anda harus pergi ke customer service provider. 

2. Restart Ponsel atau Nyala dan Matikan Mode Pesawat 

Apabila nomor ternyata masih memiliki masa aktif yang lama maka Anda perlu mengecek dengan restart ponsel. Bisa saja ada masalah pada salah satu perangkat yang sedang Anda gunakan. Selain restart Anda juga bisa menyalakan kemudian mematikan mode pesawat. 

Kedua cara ini akan membuat komponen penangkap sinyal bekerja ulang. Artinya ketika ponsel menyala perangkat akan bekerja menangkap sinyal dengan lebih kuat. Terutama dengan restart karena ponsel akan bekerja seperti baru. 

(Baca Juga : Nomor yang Anda Tuju sedang Tidak dapat Menerima Panggilan Artinya)

3. Membersihkan Cache pada Ponsel 

Sering bermain game atau instal aplikasi? Bahkan sering browsing menggunakan ponsel? Maka akan banyak cache yang menumpuk dan harus dibersihkan. Cache ini juga bisa menjadi penyebab ponsel Anda bekerja lambat dan sulit menerima panggilan telepon. 

Cara membersihkan sangat mudah tinggal masuk saja ke menu pengaturan pada ponsel. Hapus cache satu per satu di setiap aplikasi yang sering Anda gunakan. Selama cache bersih maka kinerja ponsel akan membaik dan telepon masuk akan terdeteksi. 

4. Mengecek Kondisi Kartu SIM 

Kerusakan juga kerap terjadi pada kartu SIM Anda. Lapisan kuningan yang terdapat pada kartu SIM mungkin saja sudah hilang sehingga Anda tidak bisa menerima panggilan. Cara mengeceknya adalah dengan memindahkan kartu SIM pada ponsel lainnya. 

Cobalah cek apakah muncul sinyal ketika SIM sudah dipindahkan. Jika masih tidak ada sinyal otomatis panggilan tidak akan masuk. Apabila ini penyebabnya maka Anda harus mengganti kartu SIM dengan yang baru. 

5. Cek ke Pemblokiran Nomor 

Apakah Anda sering memblokir nomor tertentu? Jika iya mungkin saja nomor yang telepon telah Anda blokir sebelumnya dan lupa. Hal ini sering terjadi sehingga nomor tersebut tidak akan bisa menelepon meskipun Anda sudah mengganti kartu SIM. 

Anda yang kerap memblokir sebaiknya segera buka blokiran dengan masuk ke menu telepon pada ponsel. Buka blokiran nomor tersebut maka mereka bisa langsung melakukan panggilan. 

(Baca Juga : Jurusan yang Anda Tuju sedang Sibuk? Cek Artinya)

6. Reset ke Pengaturan Pabrik 

Anda sudah mengecek dan gejala yang muncul menunjukkan terdapat masalah pada perangkat lunak ponsel. Entah itu karena virus atau penyebab lainnya. Maka ada baiknya jika Anda reset ponsel kembali pada pengaturan pabrik. 

Cara ini akan membantu Anda untuk menghilangkan virus yang mungkin saja sudah menginfeksi. Selain itu kinerja ponsel juga akan menjadi lebih cepat. 

Semua cara mengatasi hp tidak bisa menerima panggilan masuk ini sebaiknya dicoba satu per satu sambil Anda mencari tahu penyebabnya. Jika penyebabnya sudah diketahui maka akan lebih cepat dan mudah untuk Anda memperbaikinya. Baik itu dari segi kartu SIM atau ponselnya. 

Baca Juga :

0 comments

Posting Komentar