Minggu, 16 Oktober 2022

Cara Cek Nomor Telfon yang Terdaftar di NIK, Pastikan Sudah Registrasi!

Cara Cek Nomor Telfon yang Terdaftar di NIK

Khawatir nomor NIK kamu digunakan oleh nomor hp lain? Kenali cara cek nomor telfon yang terdaftar di NIK dengan benar. Pasalnya tidak sedikit oknum yang tidak bertanggung jawab mencuri NIK untuk mendaftarkan nomor supaya bisa aktif. Apalagi pendaftaran ini wajib hukumnya sesuai dengan peraturan pemerintah. 

Kebanyakan orang hanya tahu bagaimana cara untuk mendaftarkan NIK pada nomor yang baru saja dibeli. Tidak banyak yang mengenali cara untuk mengecek apakah NIK sudah terdaftar sesuai nomor yang dimiliki. Supaya tidak bingung lagi kamu bisa ikuti cara ini. 

Cara Cek Nomor Telfon yang Terdaftar di NIK agar Tidak Khawatir Lagi

Kerugian akibat penyalahgunaan NIK sangat merugikan. Apalagi jika nomor tersebut digunakan untuk tindak kejahatan, maka nama kamu yang akan tercoreng. Menghindari hal tersebut tidak ada salahnya bagi kamu untuk cek daftar penggunaan NIK pada nomor aktif. 

Apabila ada salah satunya nomor tidak dikenal maka kamu bisa datang ke kantor customer service provider untuk menonaktifkan atau merubah data. Cara ini cukup membantu untuk menghindari kejahatan dari penggunaan NIK. Bagaimana cara mengeceknya bisa kamu cari tahu berikut ini. 

(Baca Juga : Jurusan yang Anda Tuju sedang Sibuk? Cek Artinya)

Cek dengan SMS ke Nomor 4444

Kamu bisa mengirimkan pesan ke nomor 4444 yang dulunya juga digunakan untuk mendaftarkan NIK. Hanya saja format SMS yang dikirimkan berbeda dan harus dilakukan dengan tepat. 

Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

1. Masuk ke layanan SMS di ponsel kamu. 

2. Kemudian masukkan terlebih dahulu nomor 4444.

3. Baru buat teks dengan format INFO#NIK. 

4. Maka tidak lama akan muncul balasan SMS informasi penggunaan NIK terhadap nomor tersebut. 

Kamu tidak akan dikenakan biaya berupa pulsa untuk mengirimkan SMS ini. Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis provider. 

(Baca Juga : Nomor yang Anda Tuju sedang Tidak dapat Menerima Panggilan Artinya)

Cek dengan Kode Dial 

Masih menggunakan nomor yang sama, hanya saja sekarang melalui kode dial. Sama seperti sebelumnya kamu tidak membutuhkan pulsa untuk bisa mengakses informasinya. Berikut langkah yang bisa dilakukan.

1. Buka menu telepon dan kamu bisa menekan kode *4444#. 

2. Tekan call atau telepon sesuai dengan kartu nomor yang ingin dicek. 

3. Tunggu sampai muncul pilihan menu, kamu bisa pilih menu Cek Status Registrasi. 

4. Tinggal masukkan saja NIK yang kamu sudah daftarkan ke nomor tersebut. 

5. Jawaban apakah nomor sudah terdaftar di NIK akan dikirimkan melalui SMS. 

Praktis bukan untuk mengecek nomor apakah sudah terdaftar di NIK tersebut. Jika tidak terdaftar maka notifikasi SMS berbunyi bahwa NIK yang dimasukkan salah atau tidak sesuai. 

(Baca Juga : Panggilan Sedang Dialihkan Artinya Apa?)

Cek dengan Website 

Cara yang terakhir ini bisa kamu lakukan di website resmi masing-masing operator. Langkah mengeceknya secara umum sama yaitu sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman website resmi dari operator yang sedang digunakan. 

2. Kemudian kamu bisa memasukkan saja data yang diminta seperti nomor hp dan NIK. 

3. Sisanya kamu tinggal pilih Cek Status. 

4. Informasi apakah nomor terdaftar NIK tersebut akan muncul di layar. 

Kamu bisa mengakses website resminya langsung melalui web browser baik di ponsel atau komputer. Kamu hanya perlu tahu website resmi apa yang sudah disediakan dan juga menu yang tersedia untuk mengecek informasi pendaftaran nomor di NIK. 

Masing-masing cara Cek Nomor telfon yang Terdaftar di NIK ini tidak ada yang sulit untuk dilakukan. Kamu bisa memilih cara yang menggunakan jaringan internet atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Jadi apa cara yang ingin kamu pilih? Segera cek pendaftaran nomor dengan NIK sekarang juga.

Baca Juga : 

Cara cek nomor telkomsel

Cara cek nomor Indosat

Cara cek nomor Smartfren

Cara cek nomor XL

Cara cek nomor Axis

Cara cek nomor Tri

0 comments

Posting Komentar