Sabtu, 15 Oktober 2022

Cara Membuat Link Google Meet Langsung melalui PC

Cara Membuat Link Google Meet Langsung melalui PC

Google Meet menjadi salah satu layanan yang paling banyak digunakan khususnya saat banyak aktivitas work from home. Penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu tahu cara membuat link Google Meet dan langsung membagikannya. 

Baik itu rapat instan, nanti atau terjadwal bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Jadi jika kamu ingin menjadwalkan agenda rutin rapat mingguan atau bulanan bisa langsung mengaturnya. Tidak butuh perangkat yang mahal, kamu hanya perlu hp atau PC. 

Cara Membuat Link Google Meet secara Instan dan Terjadwal 

Bersaing dengan aplikasi meeting lainnya, Google Meet menyuguhkan beberapa kelebihan salah satunya gratis. Kamu juga bisa mengakses teks atau subtitle otomatis, lebih banyak peserta, bisa diakses berbagai perangkat hingga ada layanan pratinjau. 

Jadi jika kamu ingin mengadakan rapat resmi dengan banyak pejabat, bisa mengaktifkan pratinjau untuk mengetahui bahwa video dan audio telah normal. Tampilannya juga sangat mudah untuk diatur apalagi kamu bisa membuat rapat instan dan terjadwal. 

Bagi kamu yang ingin membuat rapat, kenali cara menggunakan dan membuat link Google Meet yang benar ini. 

Membuat Link Google Meet untuk Rapat Instan

Syarat utama untuk membuat rapat melalui Google Meet adalah kamu sudah memiliki akun Google. Tentunya akun Google kini sudah menjadi hal wajib yang dimiliki setiap orang jadi kamu bisa lebih leluasa untuk mengakses berbagai layanan dari Google. 

Ketika kamu perlu mengadakan rapat mendadak maka rapat instan maka gunakan Google Meet. Beberapa langkah berikut akan membantu kamu untuk mengadakan rapat sekaligus mengakses link nya. 

1. Buka web browser di PC kemudian akses halaman meet.google.com.

2. Pastikan kamu sudah mengakses melalui web browser Google Chrome dan juga sudah mengaktifkan akun Google. 

3. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman Beranda. 

4. Pada halaman tersebut klik menu New Meeting. 

5. Maka akan muncul beberapa pilihan, untuk rapat sekarang juga kamu bisa pilih instant meeting. 

6. Jika muncul pop up untuk aktivitas kamera dan mic maka kamu bisa tekan ok. 

7. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman kamera dan bisa melihat tangkapan kamera komputer. 

8. Akan muncul juga notifikasi berupa link Google Meet yang bisa di copy. 

9. Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan peserta langsung, kamu tinggal klik Add Others dan masukkan alamat emailnya. 

Link Google Meet sudah di copy, kamu bisa langsung membagikannya melalui forum, aplikasi chat atau PM media sosial yang digunakan. Pastikan untuk menambahkan informasi bahwa rapat sudah dimulai. 

Link google meet yang dihasilkan mungkin cukup panjang tapi kamu bisa menyingkat link tersebut guna memudahkan dalam mengingat link yang telah kamu buat.

Sisanya kamu tinggal menunggu saja peserta yang sudah mendapatkan link untuk masuk ke dalam rapat. Jangan lupa untuk accept semua permintaan peserta yang ingin bergabung rapat. Sisanya kamu hanya perlu mengatur soal audio, kamera dan lainnya. 

Membuat Link Google Meet untuk Rapat Terjadwal 

Sedang menjadwalkan rapat untuk beberapa minggu ke depan? Tentunya akan ribet jika kamu harus membuat rapat instan. Belum lagi jika ternyata banyak agenda yang akhirnya membuat jadwal rapat terlupakan. 

Untungnya dengan fitur rapat terjadwal kamu bisa menjadwalkan meeting langsung melalui Google Meet. Nantinya akan terhubung langsung ke Google Calendar sehingga bisa menjadi pengingat yang cukup ampuh. 

Cara membuat link yang bisa kamu ikuti khusus rapat terjadwal adalah sebagai berikut ini. 

1. Buka PC dan akses web browser, pastikan menggunakan Google Chrome dan login ke akun Google milikmu. 

2. Setelah itu lanjutkan dengan membuka situs meet.google.com.

3. Maka kamu akan dialihkan ke halaman Beranda dan sekali lagi klik New Meeting. 

4. Pada pilihan yang muncul klik bagian Schedule in Google Calendar.

5. Halaman akan langsung berubah untuk mengisi informasi berupa rapat. Informasinya adalah nama rapat, lokasi, waktu pengingat, sampai dengan deskripsinya. Isi semua informasi ini dengan lengkap. 

6. Kamu juga bisa mengatur untuk menambahkan peserta di bagian layar sebelah kiri. Tinggal masukkan saja alamat emailnya dan atur fitur mengenai peserta apa yang bisa kamu lakukan.

7. Klik Save kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Google Calendar. 

8. Klik agenda rapat yang tadi telah dibuat kemudian kamu bisa melihat link Google Meet yang bisa langsung di copy. 

Link tersebut kini sudah bisa langsung kamu bagikan ke seluruh peserta rapat. Cara membagikannya sama seperti sebelumnya bisa langsung melalui aplikasi media sosial, chat, dan layanan komunikasi lainnya. 

Cara membuat link Google Meet baik itu instan atau yang terjadwal tidaklah sulit. Kamu yang mendadak harus mengadakan rapat bisa langsung melakukannya dengan sangat mudah. Hadirnya fitur rapat terjadwal juga menghindari kamu dari kata lupa. 

Jika kamu adalah karyawan tentunya tidak perlu takut untuk dimarahi atasan karena lupa untuk menjadwalkan rapat bukan. Segera praktek kedua cara ini karena sangat mudah untuk dilakukan kapan saja. Selain dari komputer kamu bisa juga melakukannya dari ponsel yakni dengan aplikasi Google Meet. 

Baca Juga :

Cara Membuat Adf.Ly untuk Menghasilkan Uang, Buruan Daftar!

Cara Membuat Link Google Drive Termudah

Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP dan PC

Cara membuat Linktree Terlengkap!

0 comments

Posting Komentar