Jumat, 14 Oktober 2022

Cara membuat Linktree Terlengkap!

Cara membuat Linktree Terlengkap!

Linktree menjadi andalan bagi pemilik bisnis yang melakukan pemasaran melalui sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi. Cara membuat Linktree sangat mudah dan gratis namun memiliki pengaruh besar terhadap CTR (Click Through Rate).

CTR yang merupakan rasio klik tayang harus memiliki angka yang tinggi karena menjadi tanda bahwa potensi penjualan juga meningkat. Salah satu cara meningkatkan CTR adalah menggunakan Linktree. Seperti apa cara untuk membuat dan memasangnya di media sosial? Simak hingga akhir. 

Cara membuat Linktree agar Branding Sukses 

Selain untuk meningkatkan CTR, pemasangan Linktree juga menjadi salah satu strategi branding. Jika kamu ingin branding produk semakin sukses maka wajib untuk memasang Linktree di akun bisnis yang sudah dibuat. 

Hadirnya Linktree ini menjadi tanda bahwa produk atau brand aktif di media sosial. Selain itu pada halaman Linktree yang mengarahkan ke tautan bisa diberikan gambar merek produk. Hal ini bisa meningkatkan brand awareness kepada pengunjung. 

Pengunjung pun bisa dengan leluasa untuk memilih tautan apa yang bisa digunakan untuk menghubungi pemilik bisnis atau melakukan pembelian. Pembuatan Linktree sangat mudah dengan beberapa langkah dan juga gratis. Berikut ini langkah membuatnya. 

Membuat Akun Baru di Linktree 

Syarat utama untuk membuat link di Linktree adalah memiliki akun. Jika kamu sebelumnya tidak pernah menggunakan Linktree maka lakukan pendaftaran akun baru terlebih dahulu. Caranya adalah dengan masuk langsung ke website resmi Linktree. 

Kamu bisa mengakses melalui web browser di ponsel maupun komputer. Selanjutnya pada halaman utama kamu tinggal pilih menu Daftar Gratis yang tersedia. Sekali klik kamu akan langsung diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran. 

Data yang dibutuhkan adalah nama depan dan belakang, alamat email, password dan juga username untuk akun Linktree. Tidak dipungut biaya untuk pendaftaran pembuatan akun ini. Isi semua data dengan benar dan jangan lupa pada bagian bawah sendiri checklist menu Terms and Condition agar diarahkan ke menu selanjutnya. 

Memilih Plan  

Pada menu selanjutnya kamu bisa mengisi data personal seperti nama dan juga kategori untuk mendeskripsikan akun. Kamu bisa memilih kategori ini berdasarkan jenis bisnis yang saat ini sedang ditekuni. Pilihan kategorinya sangat beragam.

Mulai dari bisnis, kreatif, pendidikan, pemerintahan, hiburan, fashion, travel dan masih banyak lagi. Jika kamu merupakan konten kreator maka kategori seperti kreatif atau bisnis bisa jadi pilihannya. Baru setelah itu kamu bisa klik Sign Up for Free untuk mendaftar. 

Selanjutnya adalah memilih plan atau rancangan yang sudah disediakan oleh Linktree yaitu plan gratis dan berbayar. Khusus untuk versi gratis kamu bisa memilih layanan Free, Forever. Meskipun gratis namun banyak akses yang bisa didapatkan seperti link unlimited hingga ikon menarik yang bisa digunakan. 

Pilih layanan gratis dan tekan Sign Up untuk menyelesaikan pendaftaran. Maka kamu akan diarahkan ke proses verifikasi. 

Melakukan Verifikasi via Email 

Sebelum akun aktif dan bisa digunakan kamu harus melakukan proses verifikasi. Proses ini akan menggunakan alamat email yang tadi telah didaftarkan. Buka email dan carilah pesan dari Linktree yang masuk dengan isi link verifikasi. 

Jika tidak ada di bagian inbox baru kamu bisa mengeceknya melalui kotak Spam. Buka email yang masuk kemudian klik menu Verify Email. Tunggu sampai muncul informasi bahwa email sudah berhasil diverifikasi. 

Apabila email belum muncul kamu bisa menunggunya hingga masuk. Tunggu sampai ada email masuk dari Linktree. 

Masuk ke Akun Linktree yang Telah Dibuat 

Akun sudah aktif, sekarang kamu bisa membuka akun Linktree. Biasanya setelah klik menu Verifikasi tadi kamu akan langsung diarahkan ke web browser baru ke dashboard akun. Namun jika halaman tidak muncul kamu bisa membuka kembali website resmi Linktree. 

Caranya adalah dengan klik menu Sign in dan isi username atau email serta password yang digunakan pada saat tadi mendaftar. Maka kamu akan langsung masuk ke dashboard tersebut. Baru setelah berhasil masuk ke dashboard kamu bisa membuat link baru.

Membuat Link Linktree Baru 

Pada bagian dashboard Linktree sesuai akun yang sudah dibuat kamu tinggal klik saja Add New Link untuk membuat link baru. Berikut ini langkah lengkap untuk bisa diikuti. 

1. Klik menu Link yang ada di pojok kiri atas. 

2. Kemudian pilih menu Add New Link. 

3. Maka kamu akan diarahkan untuk mengisi informasi link dari Judul dan URL. Pada bagian URL kamu bisa menambahkan tautan ke media sosial atau marketplace. 

4. Jika ingin menambahkan lebih dari satu tautan maka kamu tinggal klik saja Add New Link kemudian masukkan informasi judul dan URL yang berbeda atau kedua. 

5. Lakukan berulang hingga semua tautan yang ingin dimasukkan sudah semua. 

Sampai pada langkah ini kamu telah berhasil untuk membuat tautan baru. Jika ternyata ada link yang salah atau terbalik kamu bisa memanfaatkan drag and drop menggunakan mouse. 

Selanjutnya jika kamu ingin mengganti tampilan maka bisa klik menu Appearance di sebelah menu Link pada langkah awal. Pada menu ini kamu bisa memilih template dan gambar sesuai yang sudah disediakan. 

Membagikan Link yang Sudah Dibuat 

Link sudah lengkap dan tampilannya menarik, sekarang saatnya untuk kamu membagikannya sesuai kebutuhan. Baik itu dibagikan ke akun media sosial atau langsung ke kontak calon konsumen. Kamu juga bisa menyingkat link tersebut supaya lebih ringkas.

Cek di bagian pojok kanan atas terdapat menu Share, kamu bisa klik kemudian akan mendapatkan beberapa menu. Mulai dari Add Linktree to your socials, Share my Linktree to all connections hingga My Linktree QR Code. Ketiga cara ini bisa digunakan jika kamu ingin membagikan langsung ke kontak tertentu. 

Berbeda jika ingin memasukkannya ke dalam akun sosial media yang dimiliki. Perlu langkah manual yaitu sebagai berikut:

1. Buka akun sosial media yang kamu miliki misalnya Instagram. 

2. Lanjutkan dengan masuk ke menu Profile kemudian klik Edit Profil. 

3. Kembali ke halaman Linktree tadi, kamu bisa pilih menu Copy Linktree maka URL Linktree yang dibuat sudah otomatis di copy ke clipboard. 

4. Pada bagian menu Edit Profil tadi kamu bisa paste informasi URL Linktree kemudian klik save. 

Sekarang cobalah untuk kembali ke bagian profile seharusnya link Linktree yang tadi telah dimasukkan akan muncul. Baik itu membagikan secara otomatis atau manual bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Begitu mudah cara membuat Linktree  apalagi ditambah dengan layanan gratisnya dapat menghemat biaya marketing pada bisnis. Kamu akan langsung merasakan betapa menguntungkannya memasang Linktree di profil sosial media. 

Selain menguntungkan bagi bisnis, Linktree juga memudahkan siapa saja untuk mengakses layanan dari bisnis tersebut. Apalagi saat ini sebuah bisnis tidak hanya menyediakan satu jenis media sosial, marketplace dan customer service. Langsung saja mencoba untuk membuatnya. 

Baca Juga

Cara Membuat Adf.Ly untuk Menghasilkan Uang, Buruan Daftar!

Cara Membuat Link Google Drive Termudah

Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP dan PC

Cara Membuat Link Google Meet

0 comments

Posting Komentar