Rabu, 02 November 2022

Cara Membuat Disclaimer untuk Blog

Cara Membuat Disclaimer untuk Blog


Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog - Disclaimer sebenarnya merupakan sebuah halaman statis yang berisi mengenai aturan dalam blog kita. 

Biasanya tulisan yang ada di laman tersebut dibuat agar pengunjung bisa berinteraksi dengan baik dan tidak melanggar TOS website yang kita buat. 

Sebenarnya ada banyak sekali cara membuat page disclaimer, baik itu secara manual maupun otomatis dengan tools tentunya. 

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan manual adalah kita (sebagai pemilik blog) dapat membuat aturan sendiri, sedangkan kelemahannya memakan banyak waktu. 

Sedangkan untuk yang otomatis (dengan tools), kita bisa membuatnya dengan cepat. 

Tetapi kelemahannya adalah teks laman tersebut kurang sesuai dengan kehendak kita. Meski demikian, saya lebih suka membuat page disclaimer dengan tools otomatis. Alasannya tau sendirilah, yakni cepat dan mudah :D

Untuk website/blog yang sudah besar atau sudah memiliki brand, baiknya sih membuat laman ini dengan manual, disclaimer atau ketentuannya disesuaikan dengan brand.

Cara Membuat Disclaimer Untuk Blog Dengan Cepat

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba share mengenai cara membuat halaman Disclaimer dengan menggunakan tools otomatis. Langsung saja simak berikut ini. 

1. Langkah pertama, silahkan kunjungi situs penyedia Disclaimer www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/

2. Apabila sudah masuk ke halaman tersebut, kamu akan dihadapkan pada sebuah formulir berkolom. Isi setiap kolom dengan identitas blog dengan benar.

  • Your Site Title: isi kolom ini dengan judul blogmu
  • Your Site URL: isi dengan alamat domain atau URL blogmu
  • Contact Link: bisa diisi dengan nama, ini berguna untuk memberikan ancor text menuju ke alamat email kamu nanti
  • Email Address: isi dengan alamat email yang kamu pakai untuk blog tersebut, atau bisa juga email lain.

Nah apabila semua kolom sudah kamu isi dengan baik dan benar, maka silahkan lanjutkan dengan klik 'Generate Disclaimer'

3. Secara otomatis website tersebut akan memproses data identitas blog kamu dan membuatkan text Disclaimer dengan cepat. Biasanya tidak lebih dari satu menit text Disclaimer telah berhasil dibuat.

4. Jika artikel atau text Disclaimer sudah muncul, copy semuanya beserta tanggal pembuatan dan lisensinya.

5. Sekarang silahkan menuju ke halaman utama dasbor Blogger. Kemudian klik 'Laman' pada menu di deretan kiri

6. Lanjutkan dengan memilih 'Laman Baru' kemudian pilih 'Laman Kosong'

7. Sebelum mempastekan text Disclaimer yang telah kamu copy tadi, beri terlebih dahulu judul Laman dengan 'Disclaimer'

8. Berikutnya pastekan text tersebut ke laman baru tersebut. Jangan lupa tata kembali textnya sampai terlihat rapih. Jika sudah, klik Simpan atau Save. Selesai.

Usahakan kamu meletakkan laman satu ini dibagian yang udah terlihat oleh pengunjung, sehingga blog kamu akan terlihat semakin profesional. Bahkan dengan membuat laman ini, blog akan semakin dicintai Google.

Mudah sekali bukan? Selain dapat meningkatkan kredibilitas blog, dengan laman Disclaimer blog kamu juga akan lebih mudah diterima Google Adsense (media periklanan Google).

Sekian cara membuat disclaimer untuk blog. Semoga bermanfaat!