Selasa, 25 Oktober 2022

URL Shortener Buatan Lokal Indonesia, Bisa Coba Gratis

URL Shortener adalah istilah untuk laman yang bertujuan menyingkat alamat web yang panjang. Penyingkat URL ini banyak digunakan untuk memendekkan alamat situs jika ingin dipublikasikan ke media lain, seperti media sosial. 

URL (Uniform Resource Locator) sendiri adalah sebutan lain untuk alamat website. Fungsi URL ini membawa user ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. 

Biasanya, URL hampir selalu memiliki karakter yang panjang. Bahkan bisa mencapai lima baris kertas ukuran A4. Lantas kenapa harus memperpendek URL? 

Alasan Harus Memperpendek Link 

Nah, fungsi dari URL shortener adalah adalah meringkasnya menjadi singkat. Selain mempersingkat, fungsi lain URL shortener juga bertujuan mencegah website masuk kategori spamming. 

Anda pun bisa melakukannya untuk mempermudah orang lain menyalin halaman situs yang dibagikan secara manual. Sehingga selanjutnya dapat menginput URL ke peramban dengan benar. 

Selain itu, menyingkat link juga sangat berguna dalam pembuatan papan informasi, pamflet, poster, hingga selebaran produk. Tentu saja karena link yang tercantum hemat tempat dan lebih ringkas. 

Penyingkat URL juga bisa membuat tampilan profil media sosial Anda terlihat rapi. Meskipun di dalamnya terdapat tautan link dari konten-konten yang dibagikan. 

URL Shortener Buatan Lokal Indonesia 

Ada beberapa URL shortener yang sangat sering digunakan blogger maupun internet marketer di Indonesia. Menariknya, beberapa layanan sejenis ini merupakan hasil karya anak bangsa. 

Jadi, daripada menggunakan yang sudah ramai, lebih baik menggunakan buatan dalam negeri. Tentunya, kualitas yang diberikan tidak kalah dengan produk URL shortener luar negeri. 

Intip.in 

Layanan URL shortener ini asli buatan anak bangsa. Kreatornya adalah mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS Surabaya. 

Cara pemakaiannya tidak berbeda jauh dengan layanan lain yang serupa. Anda tinggal mengunjungi langsung laman resminya, kemudian masukkan URL yang ingin dibuat jadi pendek. 

Dengan cara ini, membuka tautan tertentu akan lebih mudah dengan mengetik tautan hasil pemendekan dari Intip.in di kolom tautan. Secara otomatis, domain Intip.in akan menghubungkannya ke alamat web yang sesuai tautan awal. 

Situs pemendek URL ini juga menyediakan register member gratis dengan login melalui akun Google. Jadi, dengan beberapa klik saja Anda sudah bisa punya akun di situs ini. 

S.ID 

Situs yang mengangkat tagline “The World Shortest and Open URL Analytics” ini menyajikan URL yang sangat singkat. Tampilan direktorinya hanya memunculkan kombinasi tiga huruf. 

Sepanjang apapun karakter alamat website asli, hasil terjemahannya akan selalu singkat dan sangat sederhana. 

Layanan penyingkat web ini juga tersedia gratis. Untuk menggunakannya, cukup kunjungi laman beralamat https://home.s.id/, kemudian masukkan alamat situs yang akan dipersingkat. 

Selanjutnya klik tombol “shorten”, maka akan muncul URL baru yang lebih pendek. Anda juga bisa langsung menyalin dan jika perlu membagikannya. 

Demikian rekomendasi URL shortener buatan lokal Indonesia yang berguna untuk memperpendek link. Kedua layanan di atas juga dapat Anda coba secara gratis. 

(Baca Juga : 5 Rekomendasi Situs Short URL Terbaik Perlu Kamu Coba)

0 comments

Posting Komentar