15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Cara Merawat Ayam Bangkok - Bagi Anda yang hobi memelihara ayam terutama ayam adu, ras ayam Bangkok tentu sudah cukup familiar bagi anda. Dikenal sebagai ayam jagoan karena memiliki sejumlah keunggulan dibanding ayam jenis lain.

Sesuai dengan namanya, ayam Bangkok adalah jenis ayam asli dari Thailand. Ayam Bangkok memiliki postur tubuh yang besar, kokoh dan gagah. Banyak pecinta ayam menjadikannya sebagai koleksi hewan peliharaan.
15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Soal perawatan, ayam Bangkok ini tidak terlalu susah. Makanya, tidak sedikit orang yang memelihara ayam Bangkok, baik sebagai koleksi hewan unggas peliharaan atau untuk adu ayam. Nah jika anda penasaran bagaimana cara merawat ayam bangkok yang baik dan benar agar menjadi ayam bangkok berkualitas, berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan.

Cara Memilih Indukan Ayam Bangkok Berkualitas


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Memilih jenis indukan ayam bangkok ini tidak boleh dianggap sepele. Untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas maka perlu diperhatikan kualitas dari indukanya. Oleh karena itu, anda perlu selektif ketika memilih indukan.

Cara memilih indukan ini tidak terlalu sulit, anda bisa memilih jenis indukan yang aktif, lincah dan juga sehat. Dan yang perlu diperhatikan, ayam bangkok tidak boleh memiliki cacat atau sakit. 

Cara Menentukan Lokasi Kandang Ayam Bangkok yang Tepat


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Selain memilih indukan, lokasi kandang juga memiliki peranan penting. Untuk lokasi pembuatan kandang sebaiknya memenuhi beberapa kriteria ideal untuk dijadikan kandang ayam bangkok. Adapun kriteria-kriteria lokasi kandang yang cocok untuk ayam bangkok adalah seperti berikut:
  1. Lokasi kandang ayam bangkok setidaknya harus berjarak minimal 5 meter dari kandang ayam lainnya atau lokasi tempat tinggal.
  2. Kontur tanah diusahakan harus datar dan terdapat beberapa pohon pelindung yang bisa mengatur sirkulasi udara serta intensitas matahari ke dalam kandang ayam.
  3. Memiliki saluran air yang lancar tanpa sumbatan dan pastikan air tidak menggenang ketika musim hujan karena bisa menjadi sarang nyamuk.
  4. Usahakan lokasi kandang juga banyak ditumbuhi rumput sebab bisa dijadikan makanan pengganti ayam bangkok untuk tambahan serat mereka.
  5. Kandang harus menghadap arah matahari terbit dan sejajar dengan arah angin supaya terhindar dari penularan penyakit dari luar kandang.
  6. Kandang dipagari dengan semen atau batu bata namun jika anggaran terbatas bisa juga menggunakan kawat atau bambu.

Cara Membuat Jenis Kandang Ayam Bangkok yang Ideal


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Ketika lokasi kandang sudah ditentukan, cara selanjutnya adalah membuat kandang untuk ayam bangkok. Ada 3 tipe kandang yang biasanya digunakan untuk memelihara ayam bangkok, yaitu: kandang umbaran satuan, kandang postal dan juga kandang tidur.

  • Kandang postal

Kandang postal adalah kandang yang dibuat khusus untuk anakan ayam bangkok yang baru menetas, kandang ini sebaiknya dibuat dengan ukuran tinggi 1 meter, panjang 1meter dan lebar 0.8 meter yang bisa menampung 10 hingga 15 ekor anak ayam bangkok. 

Untuk bagian dindingnya dibuat dari kawat, sedangkan bagian dalamnya harus ditambah dengan alat pemanas seperti bohlam, alas ditambahkan sekam padi supaya menjaga kelembaban dan harus diganti setidaknya 3 hari sekali.

  • Kandang umbaran satuan

Kandang umbaran ini merupakan kandang serba guna, nantinya bisa digunakan untuk kandang kawin dan juga bisa digunakan sebagai kandang anakan berumur 1.5 sampai 3 bulan. 

Jenis kandang ini biasanya dibuat dari kayu dengan ukuran lebar 1 meter, tinggi 2.5 meter dan panjang 1.5 meter. Sedangkan bagian alas kandang sebaiknya menggunakan tanah campur pasir.

  • Kandang tidur

Kandang ini dibuat khusus untuk tidur ayam di malam hari, sebaiknya alas yang ditinggikan seperti panggung berjarak setidaknya 1.5 meter dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin pada malam hari.


Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Setelah telur ayam bangkok menetas, cara yang tepat untuk anda lakukan adalah memisahkan bibit ayam bangkok dari indukan. Taruh didalam kandang postal dan kemudian rawat bibit ayam bangkok tersebut dengan baik. Perhatikan suhu ruang kandang agar anakan tidak kedinginan saat malam hari.

Cara Memberi Pakan Bibit Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Ketika ayam bangkok baru menetas dan baru berumur 1 sampai 2 hari, anda tidak perlu memberikan pakan. Karena anakan ayam yang baru menetas masih memiliki cadangan nutrisi dari kuning telur yang menempel pada bulu bulunya. Setelah melewati usia 2 hari, maka anda perlu memberikan pakan berupa pur halus dalam jumlah yang cukup.

Cara Memberi Suplemen Tambahan Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Pemberian suplemen tambahan untuk anak ayam bangkok ini juga penting dilakukan, Berikan suplemen dengan komposisi campuran susu bubuk untuk bayi dan juga pur dengan perbandingan 1:5 untuk anak ayam bangkok berusia 1 hingga 4 bulan. Pemberian suplemen ini sangat penting untuk pembentukan tulang, bulu, otot serta beberapa bagian tubuh lainnya.


Cara Mencabut Bulu Bibit Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Pencabutan bulu pada bibit ayam bangkok ini juga perlu dilakukan, Sebaiknya pencabutan sebagian bulu ayam bangkok tersebut dilakukan setelah usia mencapai 3 minggu. Anda bisa melakukanya dengan cara memotong bulu di bagian ekor atau sayap.

Jika usia sudah memasuki usia 2 bulan, maka anda bisa mencabut bulu ayam bangkok yang rontok pada bagian punggung dan juga bulu leher. Sesudah ayam bangkok masuk ke usia 2 bulan, maka bulu yang ada di punggung dan leher bisa dicabut untuk mengoptimalkan penyerapan makanan untuk pertumbuhannya.

Cara Merawat Anakan Ayam Bangkok secara Intensif 


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Untuk memelihara ayam bangkok, pada masa perawatan anak ayam bangkok dari awal hingga usia 6 bulan atau hingga mempunyai bulu rawis serta leher yang juga sudah tumbuh bulu sebaiknya hanya dipelihara di dalam kandang saja sama seperti budidaya ayam pedaging.

Hal ini harus dilakukan untuk menghindari ayam kehilangan energi terlalu banyak karena bermain. Energi yang dimiliki ayam seharusnya digunakan untuk pertumbuhan tubuh sehingga tidak terbuang karena bermain. Jika masih ingin dibiarkan bermain, sebaiknya jangan lebih dari 30 menit saja per hari.


Cara Memberi Pakan Ayam Ayam Bangkok Dibawah 3 Bulan


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Untuk pemberian pakan anak ayam yang umurnya masih dibawah 3 bulan, maka akan mengalami pertumbuhan sistem gerak signifikan sehingga pemberian pakan sangat penting diperhatikan. Pilih pur atau pakan yang mengandung kalsium dan protein cukup tinggi.

Pemberian pur untuk anak ayam bangkok juga bisa dilakukan secara langsung atau dicampur dengan air hangat bersama pur.

Namun jika ingin memberikan pakan secara dicampur, maka pastikan kebersihan kandang dijaga dengan baik sebab kondisi lembab pada tempat pakan ayam bisa menyebabkan pertumbuhan jamur yang bisa meracuni ayam.

Cara Memberi Pakan Ayam Bangkok Umur 3 Hingga 6 Bulan


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Ayam bangkok yang sudah berumur antara 3 hingga 6 bulan sudah membutuhkan kalsium protein, lemak dan juga karbohidrat untuk pertumbuhan otot serta dagingnya sama seperti cara memelihara ayam petelur di rumah.

Untuk itu, jenis pakan ayam bangkok yang bisa diberikan adalah pur dengan tekstur agak kasar yang dicampur dengan nasi agak banyak.

Cara Memberi Pakan Ayam Bangkok Diatas 6 Bulan


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Untuk ayam bangkok yang sudah menjelang dewasa, maka sudah bisa diberikan pakan yang lebih keras dibandingkan pakan biasanya.

Namun, perhatikan juga jenis ayam bangkok yang anda miliki. Apabila ayam bangkok jenis pukul, maka jagung serta dedak menjadi makanan yang paling baik untuk diberikan. Namun jika ayam bangkok jenis jalu, maka makanan yang paling baik diberikan adalah gabah, beras merah atau konsentrat.

Cara Mandikan Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Untuk menjaga penampilan, maka ayam bangkok juga harus dimandikan dengan teratur. Namun dalam memandikan ayam bangkok juga tidak boleh dilakukan dengan asal karena bisa mempengaruhi performanya ketika bertarung.

Waktu terbaik untuk memandikan ayam bangkok adalah sekitar jam 8 pagi asalkan tidak sedang hujan berbeda dengan cara budidaya ayam negeri petelur.

Cara memandikan terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan air bersih dan jangan pakai sabun serta jangan juga menggunakan air hangat karena bisa merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam bangkok.

Cara Menjemur Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Setelah dimandikan, ayam harus dijemur untuk mengeringkan sisa-sisa air pada bulu dan badannya. Untuk menjemur, masukkan ayam ke dalam kurungan bulat yang bagian bawahnya sudah diberi alas kayu atau bebatuan agar ayam tidak kembali kotor.

Lakukan penjemuran sampai pukul sepuluh pagi saja. Selama jam-jam tersebut, yaitu antara pukul 08.00-10.00 pagi, sinar matahari mengandung vitamin D inaktif yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan bulu ayam.

Cara Melatih Ayam Bangkok


15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar

Latihan juga sangat penting dilakukan supaya ayam bangkok nantinya bisa memberikan hasil yang memuaskan ketika bertanding berbeda dengan cara ternak ayam jawa super. Umumnya, ayam bangkok akan mulai dilatih ketika berusia 6 hingga 7 bulan.

Kesimpulan


Bagi para pencinta ayam, pasti ingin punya koleksi peliharaan ayam Bangkok yang berkualitas. Jika ayam bangkok ini dirawat dengan cara yang benar, maka bisa untuk investasi. Bahkan budidaya ayam bangkok sangat menjanjikan. Namun anda perlu menerapkan cara-cara merawat ayam bangkok dari mulai anakan sampai dewasa seperti yang sudah disebutkan diatas.

Nah, semoga dengan adanya pembahasan mengenai ternak ayam bangkok ini mampu memberi pencerahan dan bermanfaat yang luas bagi pembaca. Salam sukses!

Belum ada Komentar untuk "15+ Cara Merawat Ayam Bangkok yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel